Muchlis Anwar: Kunci Sukses Koperasi Konsumen Suka Maju Koman Kociek, Menajemen Pengurusnya, Keterbukaan, Kejujuran dan Kebersamaan. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Muchlis Anwar: Kunci Sukses Koperasi Konsumen Suka Maju Koman Kociek, Menajemen Pengurusnya, Keterbukaan, Kejujuran dan Kebersamaan.

Kamis, Januari 12, 2023



Sijunjung (SUMBAR).GP- Ketua Dekopinda Kabupaten Sijunjung Muhclis Anwar, mengatakan Koperasi Konsumen Suka Maju Koman Kociek, Nagari Pematang Panjang, Kecamatan Sijunjung "Pocah Taluo" karena yang pertama dari sekian banyak Koperasi telah  melakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tutup buku tahun 2022.

RAT tersebut dilaksanakan pada Selasa, tanggal 3 Januari 2023 di Mushalla Nurul Iman  Jorong Koman Kociek, Nagari Pematang Panjang dan dibuka langsung Ketua Dekopinda Muchlis Anwar dihadiri anggota, Pengurus dan Pengawas, Pejabat  Dagperinkop Kabupaten Sijunjung, Wali Nagari Pematang Panjang dan undangan lainnya.


"Saya salut dan mengapresiasi semua pengurus dan anggota Koperasi Konsumen Sukamaju Koman Kociek Nagari Pematang ini, karena yang pertama atau PACAH Talua pelaksanaan RAT dari sekian banyak Koperasi di Kabupaten Sijunjung," ujar Muchlis Anwar mantan Bupati Sijunjung itu  dalam RAT itu.


Saking bahagia dan senangnya hati Ketua Dokopinda Kabupaten Sijunjung Muchlis Anwar bikin status di FBnya " Koperasi Suka Maju Koman Kociek Sijunjung PACAH TALUO. Menghadiri RAT tutup buku 2022 Koperasi Suka Maju Koman Kociek Pematang Panjang, Selasa,03/01/2023. Managemen yang bagus dan benar, RAT yang pertama tahun 2023 PACAH TALUO patas dihargai." 


Membaca status Facebook Ketua Dekopinda Muchlis Anwar itu, penulis penasaran mengapa koperasi masyarakat yang Sumber Daya Manusia (SDM)nya pengurus dan anggota  bervariasi itu bisa mengadakan RAT lebih cepat dari Koperasi pegawai negeri (KPRI) yang SDM nya jauh diatas.


Apa kunci suksesnya, kepingin tahu, saya langsung minta nomor WA Ketua Koperasi Konsumen Suka Maju Koman Kociek kepada Pak Muchlis Anwar. "Lebih baik langsung cross cek kesana ini nomor WA Ketuanya M.Nur, S,"  ujar Muchlis Anwar kepada penulis via WhatsAppnya.


"Tanpa menunggu waktu lama penulis hubungi Ketua koperasi konsumen Suka Maju lalu buat kesepakatan, bagusnya hari Kamis kita berjumpa Pak,  karena hari  Kamis itu hadir semua pengurus untuk melayani anggota," ungkap M.Nur kepada penulis via teleponnya.


Ternyata ya memang hari pelayanan di Koperasi Konsumen Suka Maju Koman Kociek Pematang Panjang tersebut,  telah ditetapkan setiap hari Kamis dari pagi hingga sore, pengurus dan anggota melakukan transaksi peminjaman dan pembayaran cicilan dan kewajiban lainnya yang ketika itu juga dihadiri Badan Pengawasnya.


Selama penulis berada di Kantor Koperasi Konsumen Suka Maju Koman Kociek Nagari Pematang Panjang itu, Kamis (12/1)  terlihat puluhan anggota datang bergantian untuk memasukkan permohonan pinjaman dan mengantarkan cicilan dan simpanannya.


"Kalau anggota yang meminjam itu berasal dari dalam wilayah kerja meliputi Jorong Koman Kociek, Sitampuang dan Limau Sundai, permohonan pinjamannya harus diketahui oleh suami atau istri atau salah seorang keluarganya dari yang meminjam, dan bila anggota yang berasal dari luar wilayah kerja dari tiga jorong itu, ingin menjadi anggota dan meminjam harus ada yang menjamin dari salah seorang anggota dalam wilayah ini," ujar M.Nur.


Dari wawancara dengan Ketua Koperasi Konsumen Suka Maju, M.Nur.S dan Ketua Badang Pengawas Damrisal letak kunci kesuksesan kami "berkoperasi" disini adalah kejujuran dan  disiplin semua pihak yaitu Pengurus, Pengawas dan anggota sendiri.


Konsep disiplin ini sangatlah penting kata M.Nur, semua transaksi dalam hari ini, harus tercatat dan terbukukan hari ini. Begitupun apapun transaksi pada bulan tertentu, harus tuntas dibukukan  dalam bulan tersebut. 


Jadi kami siap diaudit setiap bulan dan siap rapat mempertanggung jawabkan kegiatan koperasi ini setiap bulannya, sembari memperlihatkan buku laporan beberapa bulan terakhir yang  tersusun dengan rapi.


"Dengan melihat satu buku ini, semua informasi apapun tersedia di dalamnya," jelas M.Nur yang diaminkan Sekretaris Evi Susrianti dan Bendahara Novriadi.



Untuk menunjang bisa membuat laporan setiap buku tersebut, administrasi kami simpel saja, kami tidak membuat kwitansi berangkap rangkap itu, untuk pegangan kami, setiap transaksi dalam sehari langsung masuk dalam kartu kendali dan dientrikan pada aplikasi pembukuan dalam laptop setiap harinya sederhana saja.


Dalam pencatatannya  kami punya 3 kartu kendali  peranggota 1. Kartu modal anggota berisi Simpanan Pokok, Simpanan Wajib dan Simpanan Usaha dan simpanan lain lainnya, 2 Kartu pinjaman memuat bila realisasi pinjaman, berapa total pinjamannya dan tabel angsuran pinjamannya, 3, Kartu bagi penabung khusus.


"Setiap lima tahun sekali pengurus dan pengawas berganti, ada yang terpakai kembali ada yang tidak, namun yang bernama M.Nur ini tetap terpilih menjadi Ketua sejak awal koperasi ini berdiri hingga sekarang, karena memang kejujuran dan kedisiplinannya sangat kami harapkan," ujar Ketua Badan Pengawas Damrisal.



Menurut M.Nur.S awalnya Koperasi ini dimasa Pemerintah terendah Desa, ada program Usaha Ekonomi Desa/ Simpan Pinjam (UED-SP)  diberikan modal oleh pemerintah Rp1.000.000,- lalu dibentuk kelompok  simpan pinjam pada bulan Juli 1997 dengan anggota awalnya 12 orang. 


Dengan mengelola adanya dana  simpanan pokok, simpanan wajib dan simpanan usaha  dalam sistem perkoperasian yang dikumpulkan dari anggota tersebut, sehingga ke 12 orang anggota itu dapat diberikan pinjaman masing masing nya Rp100.000,-.  Setiap bulannya anggota dan dana yang dikelola untuk dipinjamkan terus  bertambah dan organisasi ini bergerak maju sampai pada tahun 2022.



Seiring dengan perkembangan zaman, Pemerintah Desa berganti dengan Pemerintah Nagari pada tahun 2002. Pada saat itu berganti pula nama koperasi kita ini  dengan nama  Usaha Ekonomi Masyarakat- Simpan Pinjam (USM-SP) dengan kondisi anggotanya ketika itu sebanyak  68 orang dan ada juga yang menabung secara khusus sebanyak 13 orang. 


Pada saat itu USM- SP Suka Maju Koman Kociek ketentuannya Simpanan  Pokok Rp25.000,- Simpanan wajib  Rp10.000,- dan 

Simpanan Usaha sebesar  3 % dari realisasi pinjaman anggota.



Tiga tahun kemudian, tepatnya pada tahun 2005  koperasi USM- SP Suka Maju   berubah nama menjadi Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Suka Maju  dengan jumlah anggota 94 orang dan  penabung khusus 22 orang, dengan ketentuan Simpanan 

Pokok Rp60.000,-Simpanan Wajib Rp10.000,- dan Simpanan Usaha tetap 3 % dari Realisasi pinjaman.



Masih menurut M.Nur dalam  rapat anggota tahunan (RAT) tutup buku 2018 ditetapkan pengurus KSP Suka Maju  periode 2019-2024 ini  sebagai Pengurus 3 orang  yakni Ketua M.Nur.S., Sekretaris Evi Susrianti dan Bendahara Novriadi sedangkan Badan Pengawas juga 3 orang Ketua Damrisal dengan Anggota Syahriwal dan Kasriman, yang masih aktif sekarang.



Berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan KSP Suka Maju oleh Dinas Kopperindag tahun buku 2021 prediket Sehat, dengan skor nilai 89,94. 



Selanjutnya, Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Suka Maju dengan Badan Hukum (BH) Nomor: 507/01/Kopperindag & UKM/BH/I-2005 tertanggal 31 Januari 2005 berganti nama dengan  "Koperasi Konsumen Suka Maju Koman Kocik"  Pematang Panjang, Kecamatan Sijunjung 

tercatat di Kementrian Hukum Dan Hak Asasi Manusia dengan nomor: AHU-0000213.AH.01.39.Tahun 2022 tertanggal 17 April 2022.


.

Jadi pada tahun 2022 , pada saat perubahan nama menjadi Koperasi Konsumen Sukamaju, jumlah anggota 134 orang, penabung khusus 49 orang pada tutup buku tahun 2022 ini total Aset menjadi  Rp1.108.616.982 dengan Sisa Hasil Usaha Rp71.636.600,-


Dalam RAT tutup buku tahun 2022 anggota memperoleh selain mendapat uang 

kejuruan 0,5 % dari pinjaman awal. Selama ini anak anggota berprestasi SD,SMP dan SMA mendapat bantuan dari koperasi sebesar Rp150.000 . Untuk  tahun berikutnya berubah sesuai keputusan RAT kemarin,  tingkat SD diberikan  Rp100.000,- SMP Rp150.000.-SMA 200.000,- dan kuliah di PT Rp250.000,- dengan IP 3,8.


Selain itu juga ditetapkan adanya dana sosial sakit kesakitan, bencana alam dan lain lainnya, disamping kita juga membantu orang kurang mampu lainnya bukan anggota yang dalam nagari Pematang Panjang. 



Koperasi Konsumen Suka Maju yang kini telah punya kantor sendiri, setiap tahun juga  mencetak kelender yang dibagikan kepada anggota dan pihak pihak lain sebagai wadah mempromosikan keberadaan koperasi konsumen Suka Maju.



"Koperasi kita  selama ini hanya bergerak dibidang simpan pinjam, tetapi dengan ada perubahan nama di tahun 2022 kita berpeluang menambah usaha lainnya, dalam kelender tahun 2023 kita promosikan "koperasi konsumen Suka Maju menerima tabungan organisasi, tabungan korban dan tabungan hari raya dan melayani modal Industri kerja, modal dagang dan modal peternakan," ungkap M.Nur.



Mukhlis Anwar, atas pertanyaan penulis selaku Ketua Dekopinda Sijunjung, melihat dan  menilai keunggulan koperasi konsumen Suka Maju Koman Kociek Sijunjung antara lain pada 1. Kemampuan manajemen  Pengurus dengan keterbukaan, kejujuran, dan kebersamaannya. 2  Komitmen anggota yang sangat kuat,  ini dibuktikan   selama ini  jumlah anggota aktif melebihi angka  80 % dari yang tercatat.  3.Pembinaan kontiniu dari instansi Pemda Sijunjung dalam hal ini Dinas Dagperinkop



#GP | Herman.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS