Wabup Irradatillah buka FLS2N Jenjang SD se Kabupaten Sijunjung di Gedung Pancasila. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Wabup Irradatillah buka FLS2N Jenjang SD se Kabupaten Sijunjung di Gedung Pancasila.

Kamis, April 25, 2024

 


Sijunjung (SUMBAR).GP- Wakil Bupati Sijunjung Irradatillah membuka Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) jenjang SD tingkat Kabupaten Sijunjung di Gedung Pancasila Muaro, Kamis (25/4).


Lomba FLS2N jenjang SD tingkat Kabupaten Sijunjung saat ini  mengangkat tema "Merdeka Berprestasi, Talenta Seni Menginspirasi" dengan lima cabang seperti Tari kreasi, Solo song, Gambar bercerita, Pantomim dan Kriya Anyaman.


Wabup Irradatillah mengingatkan para juri,  agar dalam memberikan penilaian dan penjuriannya  betul betul secara jujur dan adil, jangan sampai timbul fitnah diantara peserta, guru pembimbing dan penonton akibat ketetapan dewan juri yang tidak sesuai dengan sesungguhnya.


"Tidak boleh ada pesan- pesanan juara  dalam lomba FLS2N ini, yang juara itu ya benar punya prestasi diantara mereka yang berlomba, apalagi yang ikut lomba ini anak anak tingkat SD, sulit membujuknya bila telah putus pucuknya," ujar Wabup dengan menyampaikan pengalamannya saat ada juri yang tidak adil dan jujur dalam penilaian pada masa lalunya.


"Mulai dari pengumuman juri, dia menangis bahkan sampai ke rumahnya dia tetap menangis, sementara sebelumnya para penonton dan teman temannya mengucapkan selamat atas penampilan yang sangat baik, jangankan juara pertama, juara harapan saja tidak tercatat dia," jelas Irradatillah bercerita soal kekecewaannya pada juri lomba itu


"Kalaulah seperti ini kejadiannya, kita tidak lagi dapat mengembangkan potensi diri anak anak, bahkan rasa ketidak percayaannya  dan rasa putus asa nya yang muncul," tambah Wabup menambahkan.


Dikatakan, kita lomba hari ini tidak sekadar mencari dan menetapkan juara, tetapi lebih dari itu wadah dalam menumbuh kembangkan karakter dan potensi talentanya, sehingga kedepan mereka bisa membentuk jati dirinya.


"Yang hadir saat ini adalah orang orang yang telah berpartisipasi baik dari masing masing Kecamatan, diharapkan nanti terpilih yang terbaik dari yang baik baik, diharapkan juga bisa menjadi utusan Provinsi Sumbar ke tingkat nasional, bahkan menjadi juara nasional hendaknya," harap Wabup.


Dalam laporannya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung Puji Basuki, SP.MMA mengatakan, tema Merdeka Berprestasi, Talenta Seni Menginspirasi yang diangkat saat ini, sangat erat kaitannya dengan pelaksanaan kurikulum merdeka belajar.


"Memang dalam kurikulum merdeka belajar, terbuka lebar proses pengembangan potensi hobi dan bakat para siswanya," jelas Puji Basuki.


Peserta lomba FLS2N SD  tingkat Kabupaten Sijunjung ini, adalah juara pertama dan kedua tingkat kecamatan berarti peserta lomba sebanyak 16 orang percabang yang dilombakan.


Kabid Bidang SD Ade Frimawati, ST., didampingi Kasi Kurikulum Purwani, S.Pd mengatakan,  lokasi lomba Pantomim dan Gambar Bercerita di SKB Muaro, Kriya Anyaman di Aula Dinas Pendidikan, Lomba Tari di Balairung Lansek Manih dan Solo song di Gedung Pancasila Muaro.


Dikatakan Purwani, juri dan tim penilai FLS2N saat ini 4 orang percabang dua orang dari 4 orang juri itu adalah Dosen ISI Padang Panjang dan dua orang lainnya dari kelompok profesional seperti dari  guru SMP, Seniman dan fungsional umum Dikbud Sijunjung. 


#GP | Herman.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS