Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir: Jihad Santri Tidak Selalu Identik Dengan Mengangkat Senjata. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir: Jihad Santri Tidak Selalu Identik Dengan Mengangkat Senjata.

Minggu, Oktober 22, 2023



Sijunjung (SUMBAR).GP- " Jihad Santri, Jayalah Negeri" Jihadnya  santri yang diusung dalam tema hari santri tahun 2023 ini, tidaklah  identik dengan mengangkat senjata, melainkan dengan intelektual. Santri harus terus berkontribusi aktif dalam memajukan negeri melawan kebodohan dan ketertinggalan.


Demikian antara lain penegasan Pidato Menteri Agama RI yang dibacakan Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir ketika manjadi pembina apel hari "Santri Indonesia" tahun 2023  dihalaman kantor Bupati, Muaro Sijunjung, Minggu (22/10).


Dihadapan sekitar 1000 orang santri se Kabupaten Sijunjung, berkostum warna putih memadati halaman depan kantor Bupati itu, lebih lanjut Benny mengatakan, "para santri adalah para pejuang dalam melawan kebodohan dan ketertinggalan."


"Santri juga turut berjuang dan mengambil peran diera transformasi digital, mengisi ruang ruang digital untuk memperkuat literasi keagamaan yang moderat berdasarkan prinsip Islam rahmatan lil alamin atau Islam rahmat bagi alam semesta," ujar Benny.


Santri merupakan pejuang ilmu pengetahuan yang tidak mengenal lelah mengejar pengetahuan dan kebijaksanaan sebagai senjata utama mereka. Dalam  tradisi islam, jihad intelektual adalah cara untuk membela nilai nilai keadilan, perdamaian dan pengetahuan. "Maka santri merupakan tauladan dalam menjalani jihad ini," papar Bupati milenial.


Kita patut bersyukur karena perhatian pemerintah terhadap lembaga pendidikan keagamaan yaitu Pondok Pesantren dengan lahirnya dan disahkannya undang-undang nomor 18 tahun 2019 tentang Pesantren.


Selain melagukan Indonesia raya dan mars Sijunjug, dalam apel santri itu juga diucapkan ikrar santri oleh perwakilan santri, setelah kegiatan menghening cipta yang dipandu Pembina Upacara dan usai sambutan Pembina Upacara dilanjutkan dengan lagu "Mars Hari Santri"


"Alhamdulillah upacara hari santri di Kabupaten Sijunjung ini berjalan dengan khidmat, aman dan sukses ," ungkap Kepala Kemenag Kabupaten Sijunjung Drs.Syamsul Arifin sembari menyalami para undangan.


Ketua Pelaksana Upacara Hari Santri Kabupaten Sijunjung yang juga Kasi Ponpes Kemenag Drs.H.Iskandar mengatakan, kegiatan upacara hari santri hari ini diikuti lebih 1.000 orang terdiri dari 9 lembaga Pondok Pesantren, Badan Kesejahteraan LPQ, FKDT, Guru Pendamping Ponpes, ASN Kemenag dan undangan lainnya.


Tampak hadir dalam Hari Santri 2023 tersebut, Wakil Bupati Sijunjung Irradatillah, Wakil Ketua DPRD Syofian Hendri, S.Pd.MM, Kepala Kemenag, Asisten 1 dan OPD Kabupaten Sijunjung, Wakil Ketua MUI, Wakil Ketua Baznas, Camat Sijunjung, Ketua DWP Kemenag, Para Pimpinan Ormas Islam dan Para Pimpinan Ponpes di Kabupaten Sijunjung.


#GP | Herman.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS