Musrenbang Desa Kampung Baru Berjalan Sukses dan Terarah Diikuti Penuh Antusias oleh Masyarakat. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Musrenbang Desa Kampung Baru Berjalan Sukses dan Terarah Diikuti Penuh Antusias oleh Masyarakat.

Selasa, Oktober 03, 2023



Sijunjung (SUMBAR).GP-  Desa Kampung Baru Kecamatan Kupitan, menggelar kegiatan Musrenbang RKP tahun 2024 dan DU RKP tahun 2025 di Aula Los Pasar Kampung Baru, Selasa(3/10)


Hadir dalam Musrenbang tersebut, Kepala Bapppeda, diwakili oleh Silvia bersama timnya, Kepala Dinsos PPA diwakili Sekretaris Dimas  Mukhlis bersama tim, Kepala Dinas PUPR diwakili M Husein dan tim, Kepala  Dinas Kesehatan diwakili Kabid Penyakit Menular, Dian, Kepala DPMN  diwakili Tim Pemberdayaan Nagari, Camat Kupitan, diwakili  Sekcam Jaznul SH dan Kasi Ekbang Syaherman, Babinsa Serka Rahmad, Babin Kantibmas Brigadir Andi Parta Wijaya SH dan  Koordinator Tenaga Pendamping Desa Kabupaten Sijunjung, Edi Ramora SH serta Pendamping Desa, Vivi ST.


Dari tingkat Desa Kampung Baru yang mengikuti kegiatan Musrenbang itu, Para  Lembaga Desa, para kader, Kelompok Tani, tokoh masyarakat, Kepala Paud, TK dan SD dan Perangkat Desa.


Menurut Kepala Desa Kampung Baru  Jalnibus, S.Pd.MM, disamping  mengadakan Musrembang 2024, kita juga menampung aspirasi  seluruh lembaga nagari, sekolah Paud, TK dan SD, kelompok masyarakat serta para  kader, untuk diusulkan pada kegiatan 2025 nanti.


Yang menjadi sasaran pembangunan pisik  dan non pisik pada tahun 2024 adalah kegiatan penurunan  stunting, peningkatan ekonomi masyarakat, BLT bagi masyarakat terdampak , kegiatan PKTD bagi Masyarakat, peningkatan jalan Usaha Tani, pembangunan sarana kesehatan Desa atau Poskesri, pembangunan sarana Rumah Budaya, pembangunan akses pariwisata, peningkatan kapasitas masyarakat, kegiatan TPQ TPSQ, kegiatan olahraga dan kesenian bagi generasi muda, dan lainnya.


Acara pembukaan Musrenbang yang dipandu pembawa acara Rini Oktavia, Amd meliputi menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Sijunjung dipimpin oleh Fitrah, pembacaan Kalam ilahi Reni Rahim, S.Pd., doa oleh Ihsan Hendra, S.Pd.I.


Berikutnya disampaikan laporan RKP oleh Sekretaris Desa, Nurlelawati S.Ap, kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan Kepala Desa Jalinibus dan Kata sambutan Koordinator Pendamping Desa terkait Regulasi dan program prioritas oleh Edi Ramora SH . Musrenbang ini dibuka dan ditutup secara resmi  oleh Camat Kupitan diwakili Sekretaris Kecamatan, Jaznul, SH.


Pada sesi kedua kata Jalinibus, dilanjutkan dengan pencerahan dan penyampaian informasi dari OPD Kabupaten Sijunjung pertama oleh Dinsos PPA Mukhlis, SH., dari DPMN terkait regulasi dan program RKP 2024 oleh Tim Pemberdayaan Nagari, penyampaian regulasi dan Informasi dari Dinas PUPR, penyampaian Regulasi dan Informasi dari Dinas Kesehatan, penyampaian Regulasi , program dan informasi dari Bapppeda.


Usai penyampaian informasi dan regulasi dan lainnya dari perwakilan OPD itu dilanjutkan dengan acara tanya jawab dan penyampaian usulan usulan dari stakeholder, Kepala sekolah, Tokoh Masyarakat, Kelompok Tani, Ninik Mamak, Bundo Kanduang, Karang Taruna, BPD, LPM dan peserta lainnya.


Berikutnya dilanjutkan dengan penyampaian hasil dan usulan oleh Kaur Perencanaan.


Lebih lanjut Jalnibus mengungkapkan, bahwa kegiatan Musrembang yang dilaksanakan saat ini  sangat luar biasa, karena di hadiri oleh banyak OPD terkait, serta  mendapat Bimbingan arahan yang memuaskan  dari Koordinator Tenaga Pendamping Desa, sehingga kegiatan Musrenbang RKP 2024 menjadi terarah, terorganisir dan diikuti penuh antusias oleh peserta mengikuti kegiatannya. 


Pada saat merangkum Daftar Usulan (DU) RKP 2025 muncul dan lahir ide serta usulan yang menjadi aspirasi dari masyarakat yang disampaikan langsung dan menjadi catatan bagi yang memegang kewenangan sesuai tupoksi OPD bersangkutan.


Kegiatan hari ini termasuk yang luar  biasa di banding dengan kegiatan sebelum nya, baik kehadiran dari OPD maupun dari masyarakat dan lembaga di Desa Kampung Baru.


Disebutkan oleh Jalnibus, dari BPD hadir 4 orang,  LPM dan Anggota 3 orang, Ninik Mamak dan Anggota sebanyak 4 orang, Ketua dan anggota Bundo Kanduang 3 orang, Ketua dan anggota Karang Taruna 3 orang, dari kelompok Tani  3 orang dan beberapa orang dari Kader Posyandu, Tokoh Masyarakat dan Perangkat dan staf Desa Kampung Baru.


#GP | Herman.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS