Tribunjabar.id dan Geopark Ciletuh - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Tribunjabar.id dan Geopark Ciletuh

Selasa, Oktober 31, 2023

 


Oleh : Adpi Gunawan *)


Sijunjung (SUMBAR).GP-  Beberapa hari lalu, lebih tepatnya hari Jumat tanggal 27 Oktober 2023 penulis diberi kesempatan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sijunjung mengunjungi salah satu media terbesar di Propinsi Jawa Barat, yaitu tribunjabar.id yang beralamat di Jalan Sekelimus Utara 2-4, Bandung.  


Tak hanya mengelola media online, Graha tribunjabar.id juga mengelola jaringan bisnis media cetak Tribun Jabar, konten digital, media sosial serta bisnis lainnya.


Diterima langsung oleh Pimpinan Redaksi Adi Sasono, dengan logat Jawa-nya beliau memaparkan jumlah visitor media lokal tersebut per tahunnya mencapai 92 juta.   


Sebagai salah satu media massa yang bekerjasama dengan Pemerintah Propinsi Jawa Barat, termasuk Kota Bandung, media itu telah mengangkat nama Geopark Ciletuh hingga dikenal publik sampai sekarang. 


Meskipun penulis belum pernah mengunjungi Geopark Ciletuh, namun popularitasnya sebagai salahsatu UNESCO Global Geopark (UGGp) dari Indonesia sudah dikenal dimana-mana. 


Indonesia sudah menyumbangkan 10 UGGp untuk dunia. Yaitu Geopark Batur, Geopark Belitong, Geopark Ciletuh, Geopark Gunung Sewu, Geopark Rinjani, Geopark Kaldera Toba, Geopark Raja Ampat, Geopark Maros Pangkep, Geopark Merangin dan Geopark Ijen.  


Saat ini ketika kita ketik Geopark Ciletuh pada pencarian, di laman tribunjabar.id ditemukan 2.670 hasil, inews.id memuat 1.900 hasil, kompas.com memuat 1.520 hasil, republika.co.id memuat 1.230 hasil dan detik.com memuat 499 hasil. 


Tingginya angka yang muncul tersebut, terutama di laman tribunjabar.id tak bisa dilepaskan dari keseriusan dan kolaborasi antara berbagai pemangku kepentingan dalam rangka mempromosikan Geopark Ciletuh secara masif.


Jika kita perhatikan, Pemerintah Kabupaten Sijunjung dalam beberapa tahun terakhir juga tengah gencarnya mempromosikan Geopark Silokek sebagai ikon pembangunan di "Ranah Lansek Manih". 


Namun dilihat dari munculnya Geopark Silokek di masing-masing laman media online lokal, hanya tribunpadang.com yang menampilkan jumlah, yaitu sebanyak 460 judul. 


Sementara media online lokal lainnya belum memunculkan jumlah judul Geopark Silokek yang ditemukan di lamannya saat di "search". 


Dengan jumlah visitor setiap tahunnya mencapai 92 juta pengunjung, kemunculan berita Geopark Ciletuh di tribunjabar.id tentu akan mempengaruhi pengetahuan pembaca dan berpengaruh juga terhadap tingkat kunjungan wisatawan tentunya. 


Angka kemunculan judul geopark di laman berita online lokal yang ada di Sumatera Barat, terutama Sijunjung dengan Jawa Barat tentulah belum sebanding. 


Tetapi peluang tak pernah ditutup, masih terbuka kesempatan untuk terus mempromosikan Geopark Silokek yang telah diakui sebagai Geopark Nasional tersebut. 


Beberapa waktu lalu, Komite Nasional Geopark Indonesia (KNGI) telah melakukan visitasi ke Geopark Silokek dalam rangka proses menuju UGGp. 


Bahkan tak tanggung-tanggung, bulan depan akan digelar even nasional Rakornas Geopark yang dipusatkan di Geopark Silokek.


Peluang kian terbuka untuk semakin gencar mempromosikan Geopark Silokek di masing-masing laman berita online media-media lokal, media nasional dan regional.


Hal itu muaranya adalah, akan memuluskan akselerasi Geopark Silokek untuk diakui sebagai UGGp berikutnya dari Indonesia. 


*) Penulis adalah pemerhati sosial, berdomisili di Sijunjung.


#GP | Sijunjung | 31 Oktober 2023

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS