Pameran & Pementasan Hasil Karya GSMS Kabupaten Sijunjung Tahun 2023 Berlangsung Meriah. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Pameran & Pementasan Hasil Karya GSMS Kabupaten Sijunjung Tahun 2023 Berlangsung Meriah.

Selasa, Oktober 31, 2023



Sijunjung (SUMBAR).GP- Pameran & pementasan hasil karya Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) Kabupaten Sijunjung di depan gedung Sibenuang Muaro, Selasa, (31/10) berlangsung meriah.


Ikut menghadari dan menyaksikan acara tersebut, Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Riset Teknologi RI Irini Dewi Wanti, Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah III Sumbar Undri, Kepala Dinas Kebudayaan Sumbar, diwakili Kabid Warisan Budaya dan Bahasa Minangkabau Aprimas , Bupati, Wakil Bupati, Unsur Forkopimda dan kepala OPD, Camat se Kabupaten Sijunjung.


Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir mengatakan, barang kali Buk Direktur bisa lihat di berbagai daerah Indonesia ini, hanya Kabupaten Sijunjung Duet kepala daerahnya yang masih kompak dan saling menghargai satu sama lainnya.


"Kami bersama Wakil Bupati Bapak Irradatillah masih mesra, akur, kompak  dalam mengayomi masyarakat untuk memajukan Kabupaten Sijunjung ini," ungkapnya.


Lebih lanjut, dikatakan bupati milenial itu mengaturkan terima kasih, atas kegiatan dan program GSMS yang menjadi salah satu bentuk kepedulian pemerintah Indonesia terhadap kebudayaan daerah, dengan GSMS ini orang pusat semakin tahu bahwa Kabupaten Sijunjung sangat mencintai budaya.


Di Kabupaten Sijunjung ada Perkampungan Adat Sijunjung yang menjadi icon budaya Minangkabau, datang ke Kabupaten Sijunjung bisa mengenal akar budaya Minangkabau yang baru saja memperoleh penghargaan dari Nasional.


Pada hari ini semangat kolaborasi yang luar biasa, meskipun dalam panas terik matahari, semangat anak anak, guru dan orang tuanya tampak menggebu gebu menunggu penampilan hasil karya GSMS tahun 2023 ini.


Sedangkan Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Irini Dewi Wanti dalam sambutannya mengatakan, GSMS adalah program yang dijalankan Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Dirjen Kebudayaan Kemendikbud dalam bentuk program seniman memberikan pembelajaran kesenian, nilai budaya dan/atau objek pemajuan kebudayaan lainnya yang tertuang dalam undang-undang pemajuan kebudayaan pada kegiatan ekstrakurikuler sekolah, baik SD, SMP, SMA/SMK.


Tujuan diselenggarakannya program GSMS itu adalah untuk mengembangkan kemampuan peserta didik sesuai dengan minat dan/atau bakat terhadap seni yang akan dipelajari, baik seni pertunjukan (tari, musik, teater) seni rupa, seni media dan sastra serta mengapresiasi seni budaya di daerah masing masing.


Diharapkannya, sekolah sekolah yang tahun ini melaksanakan program GSMS, dibutuhkan sebuah  komitmen agar kedepan sekolah sekolah ini dapat terus mengembangkan metode pembelajaran kontekstual berbasis budaya ini secara mandiri dan berkelanjutan.


Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung Puji Basuki, SP.MMA dalam laporannya mengatakan, hari ini adalah puncak GSMS,  selama ini di sekolah para anak anak dilatih oleh guru seniman dan asisten seniman yang profesional kini akan dilepas untuk menampilkan kemampuannya dihadapan kita bersama.


Kabupaten Sijunjung, tahun 2023 ini merupakan tahun ketiga mendapat kucuran dana program GSMS dari Kementerian melalui Direktorat Kebudayaan ini, untuk di kita ketahui bersama di Provinsi Sumbar yang memperoleh program ini hanya Kabupaten Sijunjung dan Kota Padang Panjang.


Pada tahun 2023 ini, pelaksana program GSMS di Kabupaten Sijunjung sebanyak 25 sekolah, 20 sekolah didanai dengan APBN melalui Direktorat Kebudayaan dan 5 sekolah didanai dengan APBD Kabupaten Sijunjung.


"Besar harapan kita, kiranya pada tahun 2024 nanti, Ibuk Direktur kembali menganggarkan untuk kegiatan GSMS di Kabupaten Sijunjung ini," harap Puji Basuki mengakhiri laporannya.


Sampai saat pukul 20.12 wib kegiatan pementasan masih berlangsung, kelihatan para anak anak, guru pembimbing dan pengunjung masih bersemangat menunggu penampilan kesenian berikutnya.


#GP | Herman.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS