Wawancara dengan Ketua PDM Kabupaten Sijunjung periode 2022-2027 Usman Gumanti, S.Pd.MM. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Wawancara dengan Ketua PDM Kabupaten Sijunjung periode 2022-2027 Usman Gumanti, S.Pd.MM.

Senin, September 25, 2023

 


Sijunjung (SUMBAR).GP- Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM)  Kabupaten Sijunjung dipimpin Ketuanya Usman Gumanti, S.Pd.MM dikukuhkan oleh Wakil Ketua PWM Provinsi Sumbar H.Zaitul Ikhlas Saad, M.Si di Gedung Pancasila Muaro, Ahad (24/9) kemarin. Kegiatan Pengukuhan itu cukup ramai diikuti kader/anggota Muhammadiyah dari berbagai cabang di Sijunjung.


Selain dihadiri Bupati Sijunjung dan PWM Provinsi Sumbar, juga dihadiri dua calon DPR RI Vosco Ruseimy Angkatan Muda Muhammadiyah Sumbar dari partai Gerindra dan Drs.Marlis,MM putera Sijunjung dari partai Nasdem.


Bahkan, Wakil Ketua DPRD Redi Susilo, S.Pd Dt Bagindo Ratu, berkomentar, sangat luar biasa ramainya pengukuhan ini. Ini membuktikan komunikasi yang dibangun Ketua PDM Usman Gumanti cukup bagus dengan semua lini.


Media Goparlemen (GP) berkesempatan mewawancarai Buya Usman Gumanti (UG) selaku Ketua PDM Kabupaten Sijunjung periode 2022-2027 berikut hasil wawancara kami dengan Ketua PDM tersebut:


GP : Apa yang akan anda sampaikan pada kesempatan pertama ini setelah dikukuhkan sebagai Ketua PDM Kabupaten Sijunjung ?


UG : Tentu kami mengucapkan terima kasih kepada bapak Bupati, Wakil Bupati, Kapolres, Kajari, Kepala OPD, Tokoh Masyarakat Sijunjung dikampung atau dirantau, para senior Muhammadiyah, Aisyiyah yang telah berkenan hadir pada acara pengukuhan PDM dan pengenalan Aisyiyah dan Nasyiatul Aisyiyah yang cukup ramai sekali. Begitupun ungkapan terima kasih atas nasehat yang diberikan oleh PWM Provinsi Sumbar demi kemajuan Muhammadiyah di Sijunjung ini. Suasana yang seperti ini memberikan spirit bagi kami untuk beraktivitas kedepannya.


GP : Pada saat ini apa yang telah diperbuat oleh Muhamadiyah khususnya  di Kabupaten Sijunjung ? 


UG  : Sesungguhnya, organisasi Muhammadiyah telah banyak memberikan kontribusi terhadap pembangunan baik secara Nasional maupun di daerah Kabupaten Sijunjung khususnya, terutama di Bidang Pendidikan, sosial dan dakwah. Dibidang Pendidikan misalnya di Kabupaten Sijunjung telah ada 7 unit lembaga Paud Aisyiyah, 1 unit Sekolah Luar Biasa (SLB) Aisyiyah, 1 Unit Madrasah Aliyah Muhammadiyah (MAM), 1 Unit Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah (MTsM).  Dalam bidang sosial kita punya 1 Unit Panti Asuhan. Bidang dakwah kini kita punya 1 kapleng tanah untuk pembangunan masjid Muhamadiyah di Simpang Koto Tuo IV Nagari , dan 1 unit Gedung Dakwah di Ibu kota Muaro.Selain itu kita juga punya lahan sawah dan kebun di Sumpur Kudus. Ini semua diperoleh dari partisipasi dan sumbangan warga Muhammadiyah.


GP :  Apa saja program yang dilaksanakan oleh PDM Kabupaten Sijunjung dalam periode 2022-2027 ini.


UG : Setidaknya ada 6 program PDM Kabupaten Sijunjung yang akan dijalankan dalam periode 2022-2027 mendatang;

Pertama, penguatan hasil muktamar dalam bentuk risalah Islam berkemajuan berupa gerakan dakwah, gerakan tajdid, gerakan ilmu dan gerakan amal.

Kedua, konsolidasi dan penguatan kepemimpinan.

Ketiga, memperkuat dan memperluas basis umat di jemaah dan komunitas.

Keempat, mengembangkan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) yang unggul, mandiri dan berkemajuan sesuai perkembangan zaman.

Kelima, penguatan cabang dan ranting Muhammadiyah.

Keenam, penguatan organisasi otonom (Ortom) Muhammadiyah yang mandiri.

Keenam program yang direncanakan tersebut, tentu akan bisa dicapai atas dukungan semua warga Muhammadiyah dan seluruh organisasi Ortom(PDA, PDPM, Tapak Suci, IMM, IPM dan NA).


GP  : Apa pesannya kepada warga Muhammadiyah dalam menghadapi tahun politik kedepannya.


UG : Perserikatan Muhammadiyah tidak memihak kepada partai politik manapun. Tetapi kader Muhammadiyah tentu ada yang masuk dunia politik bahkan berada disemua partai politik. Oleh karena itu, saya menghimbau dan mengajak seluruh kader perserikatan Muhammadiyah untuk melaluinya dengan baik dan damai. Tahun politik tidak hanya dihadapi tetapi harus kita lalui dengan baik dan damai.


#GP | Herman.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS