Kapolres Sijunjung AKBP Andre Anas, S.IK.MH Silaturahmi dengan Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat Nagari Muaro Takung. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Kapolres Sijunjung AKBP Andre Anas, S.IK.MH Silaturahmi dengan Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat Nagari Muaro Takung.

Minggu, September 17, 2023

 


Sijunjung (SUMBAR).GP- Kapolres Sijunjung AKBP Andre Anas S.IK.MH mendampingi Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir  menghadiri prosesi melewakan Gelar Sako Dt.Soru Rajo yang dijabat oleh Agustar di lingkungan Suku Melayu Tiang Panjang Nagari Muaro Takung di Jorong Koto Ranah, Nagari Muaro Takung, Kecamatan Kamang Baru, Minggu (17/9).

Acara yang dimulai pukul 13.40 wib itu juga dimanfaatkan sebagai ajang Silaturahmi oleh Kapolres Sijunjung Andre dengan Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat Nagari Muaro Takung dengan menyapa dan berdiskusi ringan dengan tokoh tokoh setempat, ujar Humas Polres Sijunjung AKP Taufik kepada media, Minggu (17/9).


Selain Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, S.STP, M.Si dan Kapolres AKBP Andre Anas S.IK.MH juga hadir dalam tersebut, Wakil Bupati Sijunjung H.Iradatilah S.Pt., Ketua DPRD Kab.Sijunjung H. Bambang Surya Irwan,  Ketua Pengadilan Muaro Sijunjung dan Kasat Intelkam Polres Sijunjung AKP Milson Joni.SH.,  Anggota DPRD Sijunjung dari Fraksi Gerindra Indrawadi, Kepala  OPD,  Camat Kamang Baru Asrijal.SH berserta unsur Forkopincam.


Juga tampak hadir dalam acara tersebut, Rajo Tigo Selo Jambu Lipo Firman Rajo Tan Ameh,  Ketua LKAAM Kabupaten Dharmasraya H. Haris Tuanku Sati Rajo Pulau Punjuang,  Zulfikar Atut DT.Penghulu Basa Tokoh Masyarakat Kabupaten Dharmasraya, Niniak Mamak dari 7 Koto yakni  Bukit Sabalah, Siaur, Sungai Lansek, Dusun Tinggi, Lubuk Tarantang,  Muaro Takuang dan Muaro Kaluai, Wali Nagari Muaro Takuang, Para  Tomas, Todat, Toga, Bundo Kandung dan Tokoh Pemuda Nagari Muaro Takuang,  Panitia Pelaksana Batagak Gala dan Masyarakat umum.


Dari masjid Baitussalam Nagari Muaro Takung, Bupati Sijunjung beserta rombongan  Niniak Mamak serta undangan lainnya mengarak Niniak Mamak yang dilewakan gelar nya itu menuju Rumah Adat DT.Saru Rajo.


Sampai di Rumah Adat Dt.Soru Rajo, rombongan  disambut dengan tari pasambahan dan kemudian langsung menuju Rumah Adat Rumah Dalam tersebut.


Proses pelewakan gelar adat itu diawali dengan pembacaan Ayat cuci Al Qur'an serta pembacaan doa selamat dipimpin Ustadz Daswarman, S.Pd.I dilanjutkan dengan sepatah kata dari Ninik Mamak setempat Yuswir Arifin Dt.Indo Marajo,  Pidato Batagak Gala oleh Afrizal Monti Panghulu serta  kata sambutan salah seorang Niniak Mamak Nagari Muaro Takuang Parizal Bagindo Sutan.


Berikutnya, Pelantikan dan pengucapan Ikrar oleh Pemegang Gelar DT.Saru Rajo didampingi oleh Niniak Mamak Tujuah Koto.


Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, S.STP, M.Si dalam kata sambutannya mengucapkan selamat atas pelantikan Agustar DT.Saru Rajo yang merupakan Pengulu Suku dan Urang Tuo dalam Nagari Muaro Takuang semoga dapat mengemban amanah yang diberikan.



Tak lama lagi, tepatnya tahun  2024 nanti,  kita akan memasuki tahun politik, diharapkan kita semua jangan sampai terpengaruh terkait isu politik yang akan memecah belah masyarakat dikarenakan demi kepentingan sesaat.



Insya Allah Pemda Kabupaten Sijunjung Tahun 2024 akan memberikan Insentif kepada Niniak Mamak yang ada di Kabupaten Sijunjung, diharapkan kita harus cepat beradaptasi dengan perkembangan zaman saat ini tanpa meninggalkan identitas budaya adat istiadat Minang.



"Mudah - mudahan acara ini dijadikan momentum kita bersama untuk saling bekerja sama dan menyatu tanpa harus terjadinya perpecah-belahan, kekompakan yang kita jalin ini akan menyatukan kita semua dan membuat pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Sijunjung akan menjadi lebih pesat kedepannya," harap Benny anak rang Muaro Takung itu.


Usai  makan bersama dirumah Gadang DT.Saru Rajo dan dilanjutkan dengan menyaksikan pertunjukan kesenian tradisional radisional randai di halaman Rumah Gadang DT.Saru Rajo.


"Selama kegiatan berlangsung sampai pukul 16.50 Wib  situasi kamtibmas dalam keadaan aman dan kondusif," papar Taufik .


#GP | Herman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS