Hasmi Gustin Rosa, S.Pd.M.Si Evaluasi saat 100 hari di SMAN 1 Sijunjung. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Hasmi Gustin Rosa, S.Pd.M.Si Evaluasi saat 100 hari di SMAN 1 Sijunjung.

Rabu, Agustus 09, 2023



Sijunjung (SUMBAR).GP- Hari ini, Rabu 9 Agustus 2023 tepatnya saya menjadi Kepala SMAN 1 Sijunjung. 100 hari pertama ini menjadi momentum buat mengevaluasi kinerja bagi saya pribadi selaku pimpinan di SMAN 1 Sijunjung ini.


Memiliki pangkat dan golongan Pembina TK.I/ IV b ,  sebelumnya pernah menjadi kepala di SMAN 12 Sijunjung periode 2019-2023, Wakil kepala sekolah bidang kurikulum di SMAN 1 Sijunjung periode 2012-2019 dan juga Wakil kepala sekolah bidang kesiswaan SMAN 1 Sijunjung periode 2010-2012.


Dengan SK Gubernur Sumbar nomor 821/2029/BKD-2023 Gustin  panggilannya dipercaya sebagai Kepala SMAN 1 Sijunjung yang punya Visi" Terwujudnya Insan Bertaqwa,Berbudi Luhur, Berbudaya, Berprestasi dan Cinta Lingkungan" 


Untuk mewujudkan visi tersebut, almamater S 2 Matematika itu mempunyai 8 langkah misi di  SMAN 1 Sijunjung itu meliputi 1). menghasilkan peserta didik berkualitas, beriman dan bertaqwa melalui kegiatan keagamaan. 2). Meningkatkan mutu pendidikan melalui pembelajaran dan bimbingan yang berkualitas.3). Menciptakan wiyatamandala melalui program adiwiyata.4). Menciptakan sistem informasi manajemen pelayanan prima melalui implementasi teknologi dan informasi.5). Mengembangkan tenaga pendidik dan kependidikan yang berkompeten dan bekerja dengan ikhlas melalui Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).6). Mewujudkan warga sekolah yang disiplin dan berakhlak mulia melalui Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).7). Menumbuhkan budaya gemar membaca dan menulis melalui program literasi sekolah didukung dengan perpustakaan yang memadai.8). Meningkatkan kepekaan  sosial warga sekolah melalui kegiatan bakti sosial.


SMAN 1 Sijunjung memiliki kualifikasi tenaga pendidik dari 39 orang PNS dan 9 orang non PNS berpendidikan terakhir S.2 sebanyak 11 orang, berpendidikan terakhir S.1 sebanyak 37 orang dan telah sertifikasi 38 orang. Sedangkan tenaga kependidikan berjumlah 15 orang, dua orang status PNS dan 13 orang non PNS, 6 orang berpendidikan S.1, SMA sederajat 7 orang, SMP sederajat 1 orang dan 1 orang Ijazah SD sederajat.


Mempunyai siswa kelas X 285 orang, dengan rincian laki laki 103 orang dan perempuan 182 orang, kelas XI berjumlah 273 orang, terdiri laki laki 100 orang dan perempuan 173 orang, kelas XII berjumlah 245 orang, terdiri dari laki laki 94 orang dan perempuan 151 orang.


SMAN 1 Sijunjung saat ini memiliki masing-masingnya 1 ruangan yakni ruang Kepala Sekolah, ruang Guru, Labor Biologi, labor kimia, Labor agama, Labor fisika, ruang wakil kepala sekolah, TU, mushalla, ruang BK, Bendahara komite, gudang, Kantin jujur, kantin koperasi dan Labor Komputer.


Guru SMAN 1 Sijunjung juga berprestasi dalam penggunaan aplikasi pmm diantaranya; Pelaksanaan lokakarya yang dititik beratkan dengan kurikulum merdeka dan pemanfaatan pmm, semua wali kelas, sebanyak 24 kelas sudah melakukan asesmen kelas, semua guru sudah menggunakan aplikasi pmm, sudah ada guru yang menyelesaikan 5 pelatihan mandiri di pmm dan mendapatkan sertifikat.


Selain yang diatas juga ada prestasi seorang guru SMAN 1 Sijunjung yang berhasil mengikuti KPN 2023 di Cibubur pada tanggal 3 sampai 8 Juli 2023 atas nama Rosmanidar, S.Pd.


Berikutnya prestasi akademik SMAN 1 Sijunjung, yakni Elzi Saputra lolos maju ke tingkat Nasional OSN kebumian. Dalam event OSN,  SMAN 1 Berhasil maju ke OSN  provinsi Sumbar dibidang sebanyak 11 orang pada bidang Astronomi, Ekonomi, Informatika/Komputer, Kebumian, matematika dan fisika, An.Elzi Saputra,Cs.


Dalam peringatan Hari Koperasi Indonesia tahun 2023, SMAN 1 Sijunjung berhasil menjadi juara 1 Cerdas Cermat tentang perkoperasian dan jadi utusan Kabupaten Sijunjung ke tingkat Provinsi Sumbar dan berhasil sebagai juara 2 tingkat Provinsi Sumbar dan juara III lomba pidato tentang koperasi di tingkat Kabupaten Sijunjung.


Dalam hal prestasi non akademik, Gudep SMAN 1 Sijunjung, berhasil mengirim kan seorang anggota Pramuka atas nama Bintang Chantika Permata Antonio sebagai peserta Jambore Dunia XXV Saemangeum, Korea Selatan 1-12 Agustus 2023.


Masih dalam bidang kepramukaan, SMAN 1 Sijunjung,  5 orang anggota pramukanya atas nama Sri Chantika dkk masuk dalam kontingen kwarcab Sijunjung mengikuti Reimuna Nasional XXI di Cibubur, 14 sampai 21 Agustus 2023.


Kemudian salah seorang siswa SMAN 1 Sijunjung An.Adrian Nabil Ar-Rasyid sebagai Duta Anak Kabupaten Sijunjung berhasil menjadi delegasi Provinsi Sumbar dalam Peringatan Hari Nasional tingkat Nasional di Semarang bulan Juli 2023.


Dalam bidang olahraga voli, tim SMAN 1 Sijunjung berhasil menjadi juara 3 dalam turnamen bola voli di SMAN 3 Sijunjung, dan Atas nama Aisha Rivana berhasil maju dalam Geotourism Festival And International Conference di Lombok NTB 20 sampai 23 Juli 2023, dan prestasi non akademik lainnya seperti basket, paskibra Kabupaten dan provinsi Sumbar.


Dari kelulusan siswa kelas XII tahun 2022/2023 berjumlah sebanyak 206 orang, lulus di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sebanyak 156 orang, di Bintara 4 orang dan  di Perkuliahan Kedinasan 2 orang. Jadi yang diterima di PTN dan sekolah kedinasan sebanyak 162 orang atau selevel dengan 77 prosen," ujar Hasmi Gustin Rosa.


Menurut Gustin, keberhasilan SMAN 1 Sijunjung dalam berbagai prestasi tidak lain adalah berkat kerjasama tenaga pendidik dan kependidikan, orang tua murid melalui komite sekolah,  serta semangat dan kemauan keras dari anak- anak itu sendiri.


"Kedepannya, kita akan kita akan melaksanakan program tahfidz camp, sudut Minang Kabau, internasional program menuju Jerman dan Digitalisasi pembelajaran," ungkap Gustin optimis


#GP |  Herman 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS