Hari Bhakti Adhyaksa 63, Kajari Sijunjung Ungkapkan Kinerja - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Hari Bhakti Adhyaksa 63, Kajari Sijunjung Ungkapkan Kinerja

Sabtu, Juli 22, 2023




Sijunjung (SUMBAR).GP - Kepala Kejaksaan Negeri Sijunjung Adi Nuryadin Sucipto, SH, MH menjadi Inspektur Upacara peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-63 pada Sabtu (22/7/2023) di Muaro Sijunjung. 


Kajari Sijunjung Adi Nuryadin Sucipto, SH, MH pada Upacara HBA ke-63, yang berlangsung di halaman kantor Kejaksaan Negeri Sijunjung Jln. Jenderal Sudirman No. 4, Muaro Sijunjung membacakan amanat Jaksa Agung ST Burhanudin.


"Kejaksaan sebagai lembaga penegak hukum harus menjaga dan meningkatkan citra institusi, sehingga masyarakat merasakan kehadiran negara dalam setiap problematika hukum," ungkap Kajari Sijunjung Adi Nuryadin Sucipto, SH, MH membacakan amanat. 


"Penegakan Hukum Yang Tegas dan Humanis Mengawal Pembangunan Nasional," diangkat menjadi tema yang diusung pada HBA ke-63 tahun ini.


Kajari Sijunjung Adi Nuryadin Sucipto, SH, MH didampingi Kasubbag Pembinaan Syaiful, SH, Kasi Pidsus Fengki Andrias, SH, MH, Kasi Pidum Muhammad Juanda Sitorus, SH, MH, Kasi Datun Rulliff Yusanitra, SH, Kasi PBBBR Teguh Irawan, SH serta Kasi Intelijen Dian Affandi Panjaitan, SH. selanjutnya menggelar press conference mengenai capaian kinerja.


"Terkait program Keadilan Restoratif (Restorative Justice), selama triwulan satu 2023 sebanyak empat perkara telah diselesaikan dan tidak dilanjutkan ke pengadilan," ungkap Kajari Sijunjung Adi menuturkan.


"Bahkan, kita juga menerapkan Restorative Justice Plus dengan melibatkan instansi terkait dalam merehabilitasi serta mengawasi, sehingga pelaku telah kembali ke keadaan semula," tambah Kajari Sijunjung Adi.


Berikut, "41 Surat Perintah Dimulainya Penyidikan (SPDP) selama triwulan satu dan 50 SPDP pada triwulan dua," lanjut Adi. 


"Kemudian, pada Januari hingga Juli 2023 telah ditetapkan tiga orang tersangka "M", "NP", dan "RP" dalam kasus dugaan penyimpangan penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Nagari Silokek Tahun 2018, 2019, 2020 dan 2021," Adi meneruskan. 


"Telah ditetapkan satu orang tersangka, "US" dalam kasus dugaan penyimpangan dan penyalahgunaan penyewaan alat berat di UPTD Alat Berat dan Peralatan pada Dinas PUPR Kabupaten Sijunjung Tahun 2020 dan 2021," ungkap Adi. 


"Mengenai perkembangan rumah susun ASN, empat terdakwa pada empat perkara sedang disidangkan di PN Tipikor Padang dengan dugaan tindak pidana korupsi," Adi membeberkan. 


"Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) juga berhasil direalisasikan sebesar Rp. 188.561.996,- di Kejari Sijunjung," tukuk Adi.


"Dalam rangka pencegahan tindak pidana maupun restorative justice, Rumah Keadilan Restoratif akan diperbanyak lagi dan wali nagari akan kita bina nantinya," demikian Adi menjawab pertanyaan media.


Dilansir dari detik.com bahwa, "Tingkat kepercayaan publik terhadap kejaksaan mencapai 81,2 persen, ini angka tertinggi sembilan tahun terakhir," demikian disampaikan Presiden Joko Widodo hari ini. 


Lembaga survey Indikator dalam laporannya juga merilis, tingkat kepercayaan terhadap lembaga Kejaksaan Agung berada di posisi ketiga. Posisi pertama ditempati TNI dan posisi kedua ditempati Presiden. 


"Ini prestasi yang harus kita syukuri dan pertahankan bersama oleh semua insan kejaksaan," sebut Adi


"Terimakasih atas kerjasama yang baik dari media selama ini, media adalah teman dalam perjalanan, karena itu berikanlah selalu saran dan kritik kepada kami sehingga kami kejaksaan baik lagi," demikian Kajari Sijunjung Adi menutup press conference.


Rangkaian HBA 63 di Sijunjung diisi dengan jalan sehat, donor darah, anjangsana Purnaja, anjangsana Panti Asuhan Nurul Iman Tanjung Ampalu, siraman rohani Insan Adhyaksan, ziarah Taman Makam Pahlawan (TMP) Puspa Bangsa Pematang Panjang, serta ulang tahun Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD).


Usai perss conference dengan Kajari tersebut, dengan ramah  Kasi Intelijen Dian Affandi Panjaitan, SH.MH  mengajak  teman teman wartawan bersilaturahmi secara khusus diruang kerjanya untuk berbincang bincang penuh keakraban serta ngopi dengannya selaku  pejabat yang baru  bertugas di Sijunjung Lansek Manih ini.


"Alhamdulillah, capaian kerja bidang Intelijen Kejaksaan Negeri Sijunjung pada semester I tahun anggaran 2023 penyerapan anggaran mencapai 100 prosen," ungkap Dian Affandi Panjaitan 


Dikatakannya, Outcame capaian Kinerja itu  meliputi, terlaksananya penerangan hukum  di Nagari Kunangan Parit Rantang, terlaksananya Jaksa masuk sekolah di SMPN Sijunjung nomor 1, 6, 7, dan 13 terlaksananya Jaksa Menyapa di Radio Lansek Manih, terlaksananya PAKEM tanggal 22 Februari 2023 dan terlaksananya Operasi Penyelidikan, Pengamanan dan Penggalangan pada Pengaman Sidang Tipikor Nagari Timbulun an.Yiprisal, Syafri dan Cistrisnawati.

#GP | Herman 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS