Waketum LKAAM Sumbar H.Epi Radisman Dt Paduko Alam Nara Sumber Bimtek Pembinaan Adat di Solok Selatan - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Waketum LKAAM Sumbar H.Epi Radisman Dt Paduko Alam Nara Sumber Bimtek Pembinaan Adat di Solok Selatan

Rabu, Mei 24, 2023



Solok Selatan (SUMBAR).GP-  Wakil Ketua Umum (Waketum)  LKAAM Provinsi Sumatera Barat H Epi Radisman Dt Paduko Alam, SH tampil memukau para peserta Bimbingan Teknis (Bimtek)  Pembinaan Adat dengan Tema: Pewarisan Harato Pusako Tinggi dan Tanah Ulayat Minangkabau,  di ruang Hotel Pesona Alam Sangir - Padang Aro Solok Selatan, Rabu, 24 Mei 2023.


Bimtek  yang diikuti 60 orang peserta  itu, berasal dari unsur Ninik Mamak Pemangku Adat dan Bundo Kanduang yang ada pada  11 kesatuan masyarakat hukum adat (KMHA) yang ada dalam Kabupaten Solok Selatan yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Budaya Kab Solok Selatan satu hari penuh.


Epi Radisman Dt Paduko Alam yang juga Ketua LKAAM Kab Sijunjung tersebut menitik beratkan materinya terhadap kedudukan harta pusaka tinggi ( Harto Pusako) dan Rimbo versi MK 35 tahun 2012.


Kegiatan Bimtek kali ini dihadiri oleh Bupati Solok Selatan H Khairunnas, Ketua DPRD, Wakil Bupati, Sekda dan Ketua LKAAM Daerah setempat.


Malahan Angku Atilla Majidi Dt Sibungsu SP Ketua LKAAM Kabupaten Solok Selatan mempertegas bahwa harta pusaka tinggi dan harta pusaka Rendah di Minangkabau diwariskan turun-temurun secara kolektif  "Dijua indak dimakan bali, digadai indak dimakan sando, kecuali ampek pakaro; 

Gadih Gadang indak balaki,

Maik tabujua ditangah rumah, 

Rumah Gadang katirisan,

Dan mambangkik batang tarandam,"  Tukuk Sang Datuk Sibungsu.


#PG  | era | herman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS