Desa Kampung Baru Pergunakan Benih Unggul Bersertifikat UPTD BPS Sumbar dalam program PKTD 2023. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Desa Kampung Baru Pergunakan Benih Unggul Bersertifikat UPTD BPS Sumbar dalam program PKTD 2023.

Sabtu, Mei 13, 2023



Sijunjung (SUMBAR).GP- Pemerintah Desa Kampung Baru Kecamatan Kupitan Kabupaten Sijunjung, pada tahun 2023 menganggarkan Dana Desa Rp 193.750.000 untuk kegiatan Padat Karya Terpadu Desa untuk tanaman padi sawah pada lahan sawah seluas 8 hektar.


Kegiatan PKTD Kampung Baru dilaksanakan di hamparan sawah kelompok tani (Keltan) Basarah, Sopan Tana dan Sopan Pasak dengan 43 orang petani penerima manfaat. Kegiatan tersebut sudah dimulai sejak Minggu pertama bulan Mei 2923.




Kepala Desa Kampung Baru Jalnibus, S.Pd.MM kepada media ini, Sabtu (13/5) mengatakan, program PKTD padi tahun 2023 Desa Kampung Baru  ini, memakai Benih Unggul Bersertifikat dari UPTD BPSB Sumatera Barat dengan nama Sarasah Junjung



Lebih lanjut, dijelaskan Jalnibus,  kegiatan PKTD padi ini merujuk pada program  Panca Usaha Tani dengan sistim tanam Jarwo dan Sekolah Lapangan bagi petani penerima manfaat.



Panca Usaha Tani pada  kegiatan PKTD tersebut adalah,  1) Memakai Benih berlabel  dan bersertifikat dari UPTD BPSB Sumbar, 2) Pengolahan Tanah dengan Alsintan,  3) Pemupukan tanah dengan memakai pupuk kandang dan pupuk buatan  serta pola  pembasmian hama secara alamiah dan pola Insektisida, 4) Meembekali petani dengan Sekolah Lapangan dan  5)  Sistim dan pola berkelanjutan sesuai arahan dari Penyuluh pertanian dari BPP Kupitan.




Menurut Jalnibus, demi lancarnya kegiatan PKTD yang menggarkan dana DD tahun 2023 sejumlah Rp193 750.000,- itu ditetapkanlah Tim Pengelola Kegiatan (TPK) dengan  Ketua EA Lafli Fauzi Parmato, anggota  Ika Ferina dan Ihsan Hendra, kegiatan ini berlangsung dari bulan Mei sampai dengan Agustus 2023.



Pada awal kegiatannya,  Penyuluh Pertanian BPP Kupitan dalam sambutannya, Fahrozi menyampaikan Program PKTD ini, sangat bermanfaat bagi petani dalam rangka peningkatan hasil pertanian dan ketrampilan petani serta merubah kebiasaan petani secara teknis kepada yang lebih baik.



#GP |  Herman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS