Melihat Rumah Baca "Shaahibatul Jannah" di Perumnas Ipuh Permai Jorong Pematang Sari Bulan Muaro. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Halaman

Melihat Rumah Baca "Shaahibatul Jannah" di Perumnas Ipuh Permai Jorong Pematang Sari Bulan Muaro.

Jumat, Februari 24, 2023


Sijunjung (SUMBAR).GP- Rumah Baca Shaahibatul Jannah Perumnas Ipuh Permai Jorong Pematang Sari Bulan,Nagari Muaro Kecamatan Sijunjung telah aktif semenjak April 2019, ketika itu diresmikan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sijunjung Drs.Darlias.


Demikian diungkapkan  Founder sekaligus Pimpinan Rumah Baca Shaahibatul Jannah yang beralamat di  Blok E Perumnas Ipuh Permai Jorong Pematang Sari Bulan,Nagari  Muaro,  Kak Riri, ke media ini, Jumat (24/2).


Program Rumah Baca ini adalah, 

Kegiatan Membaca, Permainan Edukatif, 

Menggambar, mewarnai dan melukis dan 

Program rutin lainnya adalah  Rumah Baca Keliling Nagari.


"Kita menddatangi sekolah, masjid, atau rumah tahfidz dan bawa buku untuk diakses selama 1-2 jam  oleh anak-anak  disana," jelas Riri.



Diakui oleh Kak Riri, kalau keaktifan pengunjungnya menurun akibat hantapan covid-19 itu, tetapi sejak liburan semester kemarin sudah mulai kembali seperti biasanya rata-rata  15-18 anak per hari yang datang, pada setiap buka. Kita hanya buka dua hari yakni Sabtu dan Minggu.



Range usia anak-anak  yang datang dari TK usia 4 Tahun sampai dengan usia  SMP, tetapi saat ini  didominasi oleh anak anak usia SD. "Insyaallah dalam menghadapi bulan Ramadhan ini, kita akan mengadakan lomba  untuk anak TK sampai kelas 6 SD," ujar Guru BK SMP IT Kautsar Ilmi itu.


Dijelaskan oleh Riri, sengaja kita adakan Lomba ini untuk menarik kembali minat anak-anak untuk  datang ke rumah baca Shahibatul Jannah.


Atas pertanyaan media, siapa rencana yang membuka kegiatannya, Riri belum terfikir sampai kesitu, karena acara kita hanya kecil- kecilan. " Ini kita masih harap-harap  cemas dengan antusiasme anak-anak untuk ikut," terang Riri.


Sekarang, kita masih sosialisasikan tentang pendaftaran peserta lomba tersebut, jika memang Allah izinkan ramai In syaa Allah nanti,  kami bicarakan lagi di tim, papar Riri.


Kalau operasional, kita dibantu oleh  teman 1 orang guru di SMP dan satu orang  siswa mantan ketua OSIS serta  Ustadzah Imelda Rusli, SS. beliau tinggal di perumahan STIPER

 

Kegiatan mengelola Rumah Baca ini  murni ide sendiri, bikin sendiri, cari dana sendiri, dan buka sendiri, tetapi tentu dalam prosesnya alhamdulillaah banyak teman-teman yang mau diajak bantuin sesi repot-repotnya.


Kembali ke lomba, kata Riri kita merencanakan lomba itu dilaksanakan hari Ahad, tanggal 19 Maret di Masjid Baitul Makmur Perumnas Ipuh Permai dan pendaftaran akan ditutup pada hari Ahad tanggal 12 Maret 2023.


Kita akan mengadakan 5 cabang lomba sebagai berikut :


1. Lomba Mewarnai (TK dan SD kelas 1-2)


2. Puzzle Huruf Hijaiyyah (kelas 1-2 SD)


3. Puzzle hewan 2 bahasa (kelas 3-4 SD)


4. Teka-Teki Silang (kelas 4-6 SD)


5. Cerdas Cermat Islam (kelas 3-6 SD)


Ditambah Kak Riri, diimbau orang tua murid  yang ingin mendaftarkan anaknya, silahkan hubungi Riri di Blok E setiap hari Sabtu dan Minggu dari sekarang sampai Minggu, 12 Maret 2023 mendatang.



#GP  |  Herman 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS