Khatam Al Quran LPTQ Al Munawwarah di Masjid Al Mustaqim berlangsung meriah. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Khatam Al Quran LPTQ Al Munawwarah di Masjid Al Mustaqim berlangsung meriah.

Minggu, Januari 29, 2023


Sijunjung (SUMBAR).GP-  Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Al Munawarah melaksanakan Khatam Al-Qur'an di Masjid Al Mustaqim Jorong Sungai Tambang IV, Nagari Kunangan Parit Rantang, Kecamatan Kamang Baru, Minggu, 29 Januari 2023.


Kegiatan khatam Al-Qur'an yang diikuti sebanyak 42 orang berlangsung meriah diawali dengan pawai ta'aruf dibuka secara resmi oleh Kepala KUA Kecamatan Baru diwakili Ketua Lembaga Pendidikan dan Pengamalan Al Quran (LP2A) Kecamatan Kamang Baru, Emriadi, S.Ag.


Kegiatan khatam ini  dilaksanakan sekali dalam dua tahun  dan khatam Al-Qur'an saat ini adalah khatam  yang ke lima kali pelaksanaannya,"  ungkap Kepala  LPTQ Ustad Tasrib Fahuri, yang juga  imam Masjid Agung Al Madani Kamang Baru.


Sebelum pelaksanaan  wisuda khatam Quran ini,  diawali dengan pawai ta'aruf atau arakan  keliling kampung diikuti 500 orang terdiri dari  seluruh santri, peserta khatam , wali murid dan masyarakat sekitar, dan kemudian  langsung menuju lokasi Masjid Al mustaqim. 


Ketua LP2A  Emriadi ,S.Ag (PAF) dalam sambutannya,  menyamapaikan apresiasi kepada pimpinan LPTQ Tasrib dan Istri, Agusman dan Istri dan dibantu oleh bebarapa org guru yang selalu istiqomah mengajar dan mendidik anak-anak  yang mencapai jumlah santrinya 200 orang  lebih.


Lebih lanjut Emriadi yang juga Penyuluh Agama Fungsional (PAF) Kamang Baru menyampaikan, ada empat  tehnik dan cara kita bersahabat dengan Alquran yakni; 

Pertama, membaca  Al Quran dengan Tartil

Kedua, menghafal Al Quran,  Ketiga  mentadaburi  Al Qur'an, agar mampu menangkap apa yang terkandung  dalam Alquran tersebut, yang keempat 

mengamalkan dan mengaplikasikan dalam  kehidupan sehari-hari. 


Pada  kesempatan tersebut,  Emriadi  juga menyampaikan pentingnya LPTQ terdaftar pada Data Emis karena setiap LPTQ harus terdata bukan hanya di Kabupaten tetapi sampai ke pusat,dan setiap LPTQ harus memiliki nomor statistik 


Dalam kegiatan khatam Al-Qur'an itu,  Pengurus LPTQ juga memberikan hadiah kepada peserta khatam yang mendapatkan nilai terbaik kesatu, kedua dan ketiga. 


"Kegitan khatam tersebut berlangsung 3,5 jam yang dimulai pukul 8.00 wib dan selesai pada pukul 11.30 wib dengan kondisi aman dan terkendali," ungkap Tasrib.


#GP |  Herman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS