Masyarakat Miskin Bergembira dengan Kegiatan Operasi Katarak Gratis di RSUD Sijunjung - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Masyarakat Miskin Bergembira dengan Kegiatan Operasi Katarak Gratis di RSUD Sijunjung

Minggu, Oktober 16, 2022


Sijunjung (SUMBAR).GP- Direktur RSUD Sijunjung, dr.Reyantis Capanay mengungkapkan, proses operasi katarak yang dilakukan dalam rangka bakti sosial dan Pengabdian Masyarakat  oleh Fakultas Kedokteran Unand Padang  di RSUD Sijunjung tanggal 15-16 Oktober 2022 berjalan dengan aman dan  lancar.


Hal itu diungkapkan oleh Reyantis di ruang kerjanya kepada media, usai kunjungan Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir selaku Ketua DPD Golkar memantau kegiatan operasi katarak tersebut, Ahad (16/10).


Kegiatan operasi katarak ini, merupakan Pengabdian Masyarakat Bakti Sosial Departemen Ilmu Kesehatan Mata Program Studi Ophthalmology Program Spesialis Fakultas Kedokteran Unand Padang bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung dalam ini Dinas Kesehatan dan RSUD Sijunjung 


Sasaran dan harapan  dalam kerjasama ini, kata Reyantis adalah membantu masyarakat yang tidak punya kartu BPJS. Kalau yang sudah  memiliki kartu BPJS kita arahkan ke Poli mata dengan memanfaatkan jasa dokter spesialis  di RSUD Sijunjung ini.


Menurut Reyantis, kegiatan operasi katarak yang bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran Unand ini,  merupakan kegiatan kedua kalinya pada tahun 2022.


Menurut Reyantis, kasus katarak ini populasinya dalam masyarakat kita ini memang sangat tinggi, diperberat lagi akibat penyakit deabetes dan darah tinggi yang menerpa masyarakat kita.


Kasubag Umum & Humas,  Ns.Ifandi Hari Pratama, S.Kep mengatakan,  masyarakat yang dioperasi Katarak  hari ini berjumlah 13 orang berasal dari kiriman berbagai  puskesmas di daerah Sijunjung ini.


Mereka adalah Yusmanidar, beralamat dari Jorong Batu Ajung, Nagari Lalan, Ibrahim, dari Sungai Lansek, Ernawati dari Muaro Takung, Deli Murni dari Langki, Ataini dari Sibakur, Sapuan dari Simawuik Sisawah, Agustar dari Tanjung Bonai Aur.


Berikutnya, Ermi Aufa dari Pematang Panjang, Timu Dana dari Buluhkasok, Syamsidar dari Sibakur, Usur dari Langki, Timar dari Sungai Betung dan Aman Sari dari Sumpur Kudus.


Masyarakat miskin sangat bergembira dan merasa berbahagia dengan adanya operasi katarak gratis yang dilakukan pemerintah ini. Seperti pengakuan  Ataini (65) Warga Jorong Koto Sibakur, Kecamatan Tanjung Gadang kepada media di RSUD Sijunjung saat menunggu giliran masuk ruang operasi, Ahad (16/10).


"Kami merasa gembira dan bahagia sekali  dapat operasi gratis, kalau  dengan uang sendiri, mungkin akan bertahan saja sakit mata ini sampai ajal datang," katanya haru dapat bantuan operasi gratis ini. 


#GP | Herman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS