Wakil Bupati Iradatillah dan DPRD Sijunjung terima Aksi Damai Keprihatinan APKASINDO. - Go Parlement | Portal Berita

KELUARGA BESAR GOPARLEMENT, Mengucapkan SELAMAT dan SUKSES Kepada Bapak Wilson Lalengke, S.Pd, M.Sc, MA. Atas Terpilihnya Kembali Sebagai. KETUA UMUM PERSATUAN PEWARTA WARGA INDONESIA, Periode 2022 - 2027. Tertanda Pimpinan Redaksi RIFNALDI.

Breaking

Halaman

Wakil Bupati Iradatillah dan DPRD Sijunjung terima Aksi Damai Keprihatinan APKASINDO.

Rabu, Mei 18, 2022


Sijunjung (SUMBAR).GP-  Wakil Bupati Sijunjung  Iradatillah, Kapolres serta Dandim 0310/SS dan DPRD Kabupaten Sijunjung, menerima aksi damai keprihatinan yang  dilakukan Dewan Pimpinan Daerah  (DPD) Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO) Kabupaten Sijunjung  di Balairung Lansek Manih Kantor Bupati Sijunjung pada Selasa pagi (17/5/2022).


Pada acara aksi demo damai keprihatinan Apkasindo  itu, Bupati di wakili oleh Wakil Bupati Sijunjung H. Irradatillah, Wakil Ketua DPRD Sijunjung Redi Susilo dan Syofian Hendri, para Anggota DPRD Sijunjung, April Marsal, Aprizal PB, Yusnidarti, Mukhlis, SHi, Indrawadi, Desriwan, Sukardi, Dasep, Sabardi, Brista Yozi, Elva Endayani, Zulmiati,Kapolres Sijunjung AKBP Muhammad Ikhwan Lazuardi, SH, S.I.K, M.H, Dandim 0310/SS Letkol Inf Endik Hendra Sandi S.Sos.M.I.POL, kemudian juga turut hadir beberapa orang  pejabat  dari Pemda  Asisten II Muhadiris, Kadis Pertanian Ir.Ronaldi, Kadis Dagperinkop UKM, Yulizar, Plt Kasat Satpol PP Damkar, Suhril.


Aksi keprihatinan dilakukan untuk menyikapi dampak Larangan Ekspor CPO dan Minyak Goreng yang berdampak langsung kepada anjloknya harga TBS (tandan buah segar) kelapa sawit di seluruh Indonesia, terkhusus sentra perkebunan kelapa sawit yang ada di Kabupaten Sijunjung itu sendiri. peserta Aksi damai yang datang ke kantor bupati berjumlah +/- 100 orang yang datang dengan menggunakan kendaraan pribadi sekitar pukul 10.00 wib.


Aksi kali ini berjalan dengan damai, dan dikawal oleh puluhan Anggota Polres Sijunjung lengkap dengan kendaraan water canonnya.


Adapun 5 tuntutan peserta aksi demo petani sawit  dikantor Bupati Sijunjung itu  antara lain :


Pertama, menyampaikan aspirasi kepada Bupati Sijunjung supaya melindungi petani sawit  akibat turunnya harga TBS sawit antara 50-75% di Kabupaten Sijunjung.


Kedua, meminta presiden Joko Widodo, melalui Bupati Sijunjung untuk meninjau ulang kebijakan larangan ekspor CPO sawit dan produk minyak goreng serta bahan bakunya, karena dampaknya langsung ke harga TBS petani


Ketiga, meminta Bupati Sijunjung mendukung distribusi MGS terkhusus yang subsidi BPDPKS di Kabupaten Sijunjung


Keempat, meminta Bupati Sijunjung memerintahkan kepada dinas perkebunan  supaya melakukan investigasi ke PKS - PKS ( Pabrik Kelapa Sawit ), supaya tidak secara sepihak menetapkan harga TBS petani, namun harus sesuai dengan penetapan harga TBS Dinas Perkebunan Provinsi


Kelima, meminta Bupati Sijunjung supaya mendukung pendirian Pabrik Kelapa Sawit dan Pabrik minyak goreng petani di Kabupaten Sijunjung.


Selain itu salah seorang perwakilan aksi demo damai haryanto, menyampaikan bahwa meminta agar pemerintah daerah Kabupaten Sijunjung dan juga DPRD Sijunjung agar menyampaikan kepada pihak pabrik kelapa sawit yang ada di Kabupaten Sijunjung untuk lebih mengutamakan agar TBS sawit dari petani Sijunjung lebih di utamakan untuk diterima di Pabrik Kelapa Sawit.


Aksi damai petani sawit berakhir sebelum pukul 12.00 wib , setelah wakil Bupati Sijunjung beserta pimpinan DPRD Sijunjung menerima surat aspirasi tuntutan para peserta demo. Kemudian para perwakilan para peserta demo sekitar 6 orang dibagi menjadi 2 tim untuk melakukan sidak dengan para Pimpinan DPRD Sijunjung dan juga beberapa orang anggota DPRD Sijunjung yang di pimpinan oleh Redi Susilo ke PT Bina Pratama Sakatojaya dan Syofian Hendri ke  PT. kemilau Permata Sawit di Muaro Takung.


"Petani sawit jangan ragu dengan kami Bupati, Wakil Bupati dan semua anggota DPRD ini, kami akan berjuang bersama dengan masyarakat demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat khususnya petani sawit ini. Kepada Asisten II dan Kabag Hukum serta OPD terkait diperintahkan Wakil Bupati Iradatillah untuk  mempersiapkan  surat yang ditanda tangani Bupati dan Pimpinan DPRD   yang akan kita sampaikan ke Pemerintah pusat dengan  melampirkan surat tuntutan petani sawit ini," ungkap Iradatillah disambut tepuk tangan gembira dari  petani pendemo tersebut.


Epi Black yang mewakili para petani sawit itu, menyatakan gembira dan terimakasih kepada Pemerintah Daerah dalam hal ini Bpk Wakil Bupati dan anggota DPRD Kabupaten Sijunjung  yang telah menyambut kedatangan kami  dan merespon tuntutan kami saat ini.


"Kita bersyukur dan merasakan puas atas dukungan dan respon pemimpin daerah  kita ini, baik  dari Bapak Wakil Bupati  Iradatillah dan pimpinan DPRD Sijunjung," aku Epi Black.



#GP | Herman.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS