Wakil Ketua DPRD Sijunjung Syofyan Hendri, S.Pdi : Tiga Tip agar Hafalannya Selancar Al- Fatihah. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Wakil Ketua DPRD Sijunjung Syofyan Hendri, S.Pdi : Tiga Tip agar Hafalannya Selancar Al- Fatihah.

Jumat, April 01, 2022



Sijunjung(SUMBAR).GP- Kamis, 31 Maret 2022 di Gedung UDKP Kecamatan Kupitan, SMP IUT Yayasan Siti Khadijah Padang Sibusuk, menyelenggarakan wisuda 20 orang siswa kelas IX tahun 2021/2022.


Wakil Bupati Sijunjung Iradatillah hadir dan membuka secara resmi serta memberikan sambutan dalam  kegiatan wisuda tersebut yang dihadiri Wakil Ketua DPRD Sijunjung Syofyan Hendri, S.Pdi.


Wakil Bupati Iradatillah mengapresiasi kegiatan Tahfidz yang diprogramkan SMP IUT Yayasan Siti Khadijah Padang Sibusuk itu.


Media ini sempat mewawancarai Wakil Ketua DPRD Sijunjung Syofyan Hendri, S.Pdi tentang tip tip menghafal Al-Qur'an agar sukses dan mampu mencapai prediket hafidz dengan mudah.


Berikut penuturan motivator muda yang sering diundang oleh lembaga sekolah menengah pertama dan menengah atas di Sijunjung ini, saat menghadapi ujian akhirnya.



"Menghafal bukanlah hal yang sulit bagi mereka yang memiliki niat dan tekad yang bulat," katanya mengawali perbincangannya.


"Terlebih lagi jika mereka memiliki keyakinan terhadap diri sendiri dan berpikir positif yang disertai dengan kecintaan dan kerinduan yang menggebu-gebu untuk menghafal Al-Qur’an,  berperan 90% dalam menyukseskan program menghafal Al-Qur’an," katanya melanjutkan.



Berikut artikel yang saya akan memberikan anda tip-tip agar mempunyai hafalan selancar Al-Fatihah.


Pertama, menjadikan sebuah surah sebagai Favorit.


Sebagai contoh adalah surah Ar-Rahman, karena dianggap sebagai surah favorit. Bahkan dikultuskan sebagai surah yang spesial, akhirnya dikhususkan dan diberi perhatian lebih dan sering dibaca. Kemudian sebaliknya, menganggap sebuah hafalan surah tidak favorit merupakan alasan umum, mengapa hafalan surah tersebut dilupakan atau tidak diberi perhatian lebih. Sigmund Freud berkata, “kita hanya mengingat hal-hal yang menarik perhatian kita.”


Seorang hafizh Qur’an pasti mempunyai ayat-ayat atau surah khusus yang difavoritkan dan sering dibacakan ketika shalat. Sehingga hafalan andalannya benar-benar sudah selancar Al-Fatihah. Padahal semua ayat Al-Qur’an adalah mukjizat yang tak perlu dipilih-pilih.


Oleh karena itu kita semua harus bisa menjadikan semua surah didalam Al-Qur’an itu favorit dan harus punya komitmen bahwa ayat yang sudah dihafal tidak boleh hilang.


Kedua, menjadikan Al-Qur’an sebagai wirid harian.


Menjadikan Al-Qur’an sebagai wirid harian maksudnya adalah muraja’ah dengan menghatamkan Al-Qur’an. Muraja’ah merupakan dasar kuatnya hafalan. Tidak ada hafalan kuat selamanya tanpa muraja’ah,  karena ia sama seperti orang yang ingin menghilangkan rasa haus tanpa minum. Anehkan?


Ketahuilah bahwa hafalan bisa menguap setelah beberapa detik dari ingatan. Jadi sehebat apapun kecerdasan anda, tetapi tidak pernah muraja’ah maka akhirnya hafalan anda akan hilang juga.


Dari Ibnu Umar, dari Nabi bersabda: “Apabila hafizh Al-Qur’an mengerjakan shalat lalu ia membacanya di waktu malam atau siang, maka ia akan mengingatnya. Namun jika tidak membacanya dalam shalatnya, maka ia akan melupakannya.” (Ash-Shihah: 597)


Muraja’ah yang terbaik adalah ketika shalat dan muraja’ah yang dilakukan dalam waktu berdekatan. Wasiat untuk para penghafal Al-Qur’an agar selalu menjaga hafalannya berapapun ayat yang sudah dihafal.


Maka dari itu menghafal dan muraja’ah seperti dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan. Dan tidak perlu lagi kita mencari metode untuk memperkuat hafalan, rumusnya adalah jika kuat muraja’ahnya maka akan kuat hafalannya.


Ketiga, hindari maksiat.


Sesungguhnya Al-Qur’an itu mudah dihafal, Allah berfirman: “Dan sesungguhnya telah kami mudahkan Al-Qur’an untuk pelajaran, maka adakah orang yang dapat mengambil pelajaran?” (QS. Al-Qomar:17) Ayat ini adalah motivasi bagi kita, penjelasan langsung dari Allah bahwa kitab-Nya mudah dihafal bahkan dimudahkan untuk dihafal.


Disamping mudah dihafal, Al-Qur’an juga mudah hilang sebagaimana disebutkan dalam hadis. Abu Musa berkata, Rasulullah Shallalahu alaihi wa sallam bersabda:

“Biasakanlah kalian membaca Al-Qur’an, demi Allah yang nyawaku berada ditanganNya, hafalan Al-Qur’an itu lebih mudah lepas dari seekor unta dari ikatannya.” (HR.Bukhari)


Maka dari itu sekecil apapun maksiat jangan pernah meremehkannya, karena setiap maksiat yang kita lakukan akan berefek malas beribadah, malas muraja’ah dan menghabiskan waktu yang tidak ada manfaatnya. Jika hal ini berlarut maka otomatis akan mempengaruhi hafalan.


Selamat mencoba dan semoga istiqomah dalam menghafal kitab-Nya. Aamiin


Semoga Wisuda Tahfidz SMP IUT ini menjadi motivasi bagi sekolah lain dalam rangka bukti kecintaan kita terhadap Al-Qur'an 


Terimakasih kami ucapkan Atas nama Pimpinan DPRD Kabupaten Sijunjung kepada lembaga pendidikan SMP-IUT dan majelis guru yg telah mendidik, membina dan membimbing anak bangsa semoga akan menjadi pemimpin hebat yang hafidz dan hafidzah.


#GP | Herman.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS