BPP Kecamatan IV Nagari Memenuhi Undangan Keltan Situalang - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

BPP Kecamatan IV Nagari Memenuhi Undangan Keltan Situalang

Jumat, Maret 25, 2022


Sijunjung(SUMBAR).GP- BPP (Balai Penyuluhan Pertanian) Kecamatan IV Nagari memenuhi undangan Keltan (Kelompoktani) Situalang, Nagari Mundam Sakti dalam rangka menghadapi turun ke sawah pada Jumat sore (25/3) bertempat di Pondok Rigwen.


Narasumber yang hadir memenuhi undangan Keltan Situalang sore ini antara lain Afdalludin selaku tenaga pendamping Pisang Kepok Tanjung, Koordinator BPP Kecamatan IV Nagari Adpi Gunawan serta Ichsanul Qhaffar selaku PPL (Penyuluh Pertanian Lapangan) Mundam Sakti.


Pertemuan Keltan Situalang sore ini dipimpin oleh Radius yang juga merupakan mantan Wali Nagari Mundam Sakti dihadiri oleh 20 orang petani yang terdiri dari 16 orang petani laki-laki serta 4 orang wanita tani.


"Pemerintah melalui BPJS Ketenagakerjaan memiliki program perlindungan sosial bagi pekerja rentan khususnya petani yakni jaminan kematian dan jaminan kecelakaan kerja, maka dari itu marilah kita bergabung di BPJS Ketenagakerjaan agar mendapatkan perlindungan dalam bekerja sehari-hari dalam rangka memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga sekaligus mewujudkan ketahanan pangan" demikian Koordinator BPP Kecamatan IV Nagari, Adpi Gunawan, Menyampaikan materi dihadapan Keltan Situalang.


"Selain jaminan sosial, diperlukan juga perlindungan tanaman padi sawah melalui AUTP (Asuransi Usaha Tani Padi) serta AUTS/K (Asuransi Usaha Ternak Sapi/Kerbau) untuk melindungi ternak" lanjutkan Koordinator BPP Kecamatan IV Nagari itu.


Pada pertemuan Keltan Situalang sore ini tenaga pendamping Pisang Kepok Tanjung yang juga adalah staff Dinas Pertanian sekaligus PPS (Penyuluh Pertanian Swadaya) Sijunjung, Afadalludin, menyampaikan mengenai aspek teknis serta aspek ekonomi Pisang Kepok Tanjung.


"Pisang Kepok Tanjung adalah inovasi Balitbu (Balai Penelitian Tanaman Buah) Tropika yang saat ini sedang dikembangkan di Kabupaten Sijunjung, untuk itu marilah kita manfaatkan pekarangan dengan budidaya pisang unggul ini dalam rangka penganekaragaman pangan sekaligus meningkatkan perkenomian keluarga" papar Afdalludin dihadapan pengurus dan anggota Keltan Situalang. 


Melalui pertemuan Keltan Situalang sore ini juga dilakukan penyampaian materi oleh penyuluh, Ichsanul Qhaffar, yang menjelaskan mengenai teknis mengikuti program AUTP serta pengendalian hama wereng pada tanaman padi sawah.


Atas nama pengurus dan anggota Keltan Situalang, sehubungan kita akan memasuki bulan suci Ramadhan 1433 Hijriyah, kami mohon maaf lahir dan bathin, semoga pertanaman padi sawah kita berhasil pada musim tanam kali ini, dan marilah kita bergabung di BPJS Ketenagakerjaan, AUTP, serta AUTS/K demikian diungkapkan Radius menutup acara.


#GP | Herman.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS