Nagari Pematang Panjang akan diusulkan masuk program Desa Pemajuan Kebudayaan - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

adnow

loading...


Nagari Pematang Panjang akan diusulkan masuk program Desa Pemajuan Kebudayaan

Jumat, April 16, 2021

 


Sijunjung(SUMBAR).GP- Balai Pelestarian Nilai Budaya Sumbar  yang membawahi Propinsi Sumbar, Bengkulu dan Sumsel dalam program " Menyapa Nagari" telah melakukan sosialisasi tentang program nasional Desa Pemajuan Kebudayaan di Nagari Pematang Panjang, Kecamatan Sijunjung belum lama ini.


Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan melalui Plt.Kepala Bidang Kebudayaan Ahda Noepedy, S.Pd.M.Kom menyebutkan hal itu kepada media www.goparlement.com di ruang kerjanya, Jumat (16/4).


Dikatakannya, Kepala BPNB Sumbar Undri, M.Si bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung telah melakukan sosialisasinya tentang Desa Pemajuan Kebudayaan tersebut di Pematang Panjang. 


Dalam sosialisasi diikuti  ninik mamak, tokoh masyarakat dan stokholder  Nagari Pematang Panjang itu bertindak sebagai Nara sumber Bpk Undri, M.Si Kepala BPNB yang berkantor di Balimbing Padang, Plt.Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Sijunjung Usman Gumanti, S.Pd.MM dan April Marsal, S.Pd anggota DPRD Sijunjung.


Kita berharap kata Adha, pada tahun 2022 nanti Nagari Pematang Panjang ini dapat perioritas dari BPNB Sumbar untuk dimasukan dalam program nasional Desa Pemajuan Kebudayaan.


Setelah sosialisasi ini, di tingkat Nagari, kini  sedang dilakukan indentifikasi tentang budaya lokal  dan akan dirangkum  dalam Pokok Pikiran Kebudayaan Desa (PPKD) dan akan kita sampaikan ke BPNB Sumbar, untuk diverifikasi  kelayakannya.


Bila BPNB Sumbar  merasa PPKD Nagari Pematang Panjang itu  cukup dan layak dalam pertimbangannya, tentu BNPB Sumbar  mengusulan Nagari Pematang Panjang untuk  masuk program nasional "Desa Pemajuan Kebudayaan" ke Pemerintah Pusat.


Dikatakan Adha, pertimbangan kita mengusulkan Nagari Pematang Panjang untuk masuk program tersebut adalah pertama, Pematang Panjang bisa jadi Nagari penyangga Perkampungan Adat Sijunjung,   kedua Peraturan Nagari (Perna) Pematang Panjang yang ada selama ini telah mengakomodasi hukum adat istiadat yang berlaku.


"Kita mengapresiasi rencana baik dari BNPB Sumbar, yang berencana memasukan Nagari Pematang Panjang dalam program nasional Desa Pemajuan Kebudayaan," ujar Usman Gumanti ketika ditemui di ruang kerja Jumat.


Dikatakan Usman Gumanti, secara umum kita telah sampaikan pontensi kebudayaan daerah ini,  kepada Bapak Undri, M.Si Kepala BPNP Sumbar.


Sementara anggota DPRD Sijunjung asal Pematang Panjang, April Marsal, S.Pd  dalam sosialisasi Pemajuan Kebudayaan itu sangat mengapresiasi dan menjanjikan dana pokirnya untuk mendukung kegiatan Pemajuan Kebudayaan tersebut.


Lebih lanjut Adha mengatakan, Kepala BPNB Sumbar Undri, M.Si dalam sosialisasi itu menjelaskan detil tentang Desa Pemajuan Kebudayaan, sedangkan Kadis Dikbud Usman Gumanti, memaparkan potensi Kebudayaan daerah ini.



Anggota DPRD Sijunjung April Marsal, S.Pd menyampaikan Kebijakan Keuangan Daerah bidang Pendidik dan Kebudayaan Sijunjung termasuk dana  Pokok Pikiran (Pokir) anggota Dewan itu sendiri, tutup Adha.


#GP | Herman.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS