Afrizal Suki : Aktivitas bidang seni baginya bukan hobi tetapi lebih kepada panggilan jiwa. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Adnow

loading...


Afrizal Suki : Aktivitas bidang seni baginya bukan hobi tetapi lebih kepada panggilan jiwa.

Kamis, Desember 03, 2020

Sijunjung(SUMBAR).GP- Ketika ditemui disebuah gubuk berukuran 3 x 6 meter dekat areal Tabek Nan Janieh, Nagari Muaro, Kecamatan Sijunjung, Kamis (3/12) usai sarapan pagi bersama di Warkop Katupek Pitala media dapat bercerita  soal seni yang menjadi  aktivitas dalam kehidupannya.


Gubuk kecil yang disebutnya studio "Seni Saciek" itu terlihat ada meja kerja,  sebuah Laptop dan dibagian dinding studio itu terpampang berbagai lukisan dari tangannya sendiri. Di belakang studionya tampak kolam ikan dan beberapa pohon sawit yang membuat nyaman mata memadangnya.Disinilah ia menghabiskan waktu menelorkan karya karyanya diluar jam kerja kedinasan sebagai Pengawas Sekolah.


Afrizal Suki dengan panggilan akrabnya Af itu, waktu ditemui kelihatan kepala sedang dibalut kain, memakai mantel untuk menghilangkan rasa dingin pagi dan selempang kain sarung ,  menyuguhkan tawa rianya sebagai bukti dia terbuka dan  mau berbagi dengan siapa saja yang berkunjung ke studio itu.


Suami  Rita Anggraini bidadari Sisawah,  guru mata pelajaran akuntansi SMKN 1 Sijunjung itu, kelahiran 3 Agustus 1969, melihat penampilan dan  kegiatan hariannya orang tidak menyangka bahwa ia adalah seorang Pengawas SMA Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera Barat yang ditugaskan di Kabupaten Sijunjung  langseknyo manih.


Diberbagai even lomba  tingkat Sekolah maupun masyarakat umum di Kabupaten Sijunjung selalu eksis jadi juri bidang seni baik lukis, musik,  tari dan silat juga eksis sebagai peserta dalam berbagai even seni tingkat propinsi maupun nasional baik semasa sekolah maupun selesai kuliah.


Sepintas orang pasti mengira, kalau Af yang wajahnya dihiasi jambang ini adalah tamat sekolah atau perguruan tinggi bidang seni, ternyata anggapan itu keliru. Afrizal Suki yang humoris dan  berwawasan luas, mudah akrab dengan siapa saja  adalah almamater Geografi IKIP Padang tamat 1997.


Bicara soal seni yang ia tekuni sebagai pelatih generasi muda di studio "Seni Saciek" itu bukan lah sekedar hobi tetapi sebagai panggilan jiwa dari lubuk hati yang paling dalam.


"Jadi melakukan pelatihan baik seni lukis, musik  maupun pencak silat Afrizal mengaku  tidak mengharap imbalan dari mereka, asal generasi muda tersebut ingin terampil kita latih penuh dengan rasa tanggung jawab," bebernya.


Bahkan  Cat dan kuas serta  alat lukis lainnya, disediakan kata Afrizal, asal mereka berminat meningkatkan keterampilan di studio ini.


Afrizal Suki bergelar Lenggang Sati dengan jabatan Monti dalam kaum Patopang Nagari Kubang Kota Sawahlunto itu kini menjadi Wakil Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Nagari setempat.


Mantan Sekretaris Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Cabang Sijunjung periode 2008-2010 itu, adalah pendiri dan  pelatih "Perguruan Singo Hitam" bermarkas di SMKN 1 Sijunjung. Pada perguruan Singo Hitam ini Afrizal melatih sekitar 40 orang siswa Silat Bela Diri yang merupakan  olahraga diperlombakan dalam Porda dan Porprop. 


"Alhamdulillah anak anak asuhan kita yang ikut dalam Porda dan Porprop berlalu berhasil juga dalam meraih  medali, " Akunya.


Selain berkiprah di Ibu Kota Sijunjung, Afrizal Suki yang ahli bidang seni secara otodidak itu pernah aktif sebagai anggota sanggar "Permato Hitam" Kota Sawahlunto bergerak dalam bidang musik dan tari pada tahun 2000 sampai 2015.


Pada saat aktif di Sanggar Permato Hitam inilah Afrizal Suki ikut Tour Asia Tenggara dalam rangka promosikan pariwisata Indonesia dengan paket Visit Indonesia years bersama rombongan  Kementerian Pariwisata.


Pemilik Sanggar seni "Olah Raso" Kubang Sirakuok Kota Sawahlunto ini, sejak dibangku Sekolah Dasar telah sering membantu gurunya membuatkan media pembelajaran berupa gambar gambar Pahlawan dan gambar lainnya.


Dalam kariernya sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) diawali Afrizal Suki sebagai  Guru pada  SMPN 3 Sumpur Kudus tahun 1998- 2003, sekarang bernama SMPN 15 Sijunjung di Sisawah.


Kemudian kata Afrizal dimutasikan  menjadi guru SMAN 2 Sijunjung mengajarkan mata pelajaran Geografi 2003 - 2008, dan tahun 2008 sampai 2016 menjadi Pengawas SLTP/SLTA Kabupaten Sijunjung. Sejak 2017 sampai sekarang  menjadi Pengawas SMA Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera Barat di tugaskan untuk Kabupaten Sijunjung.


#GP | Herman


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS