Mardiansyah, A.Md Pimpin Rapat Paripurna Istimewa HJK Padang Panjang Ke-230 - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Adnow

loading...


Mardiansyah, A.Md Pimpin Rapat Paripurna Istimewa HJK Padang Panjang Ke-230

Kamis, Desember 03, 2020
Padang Panjang(SUMBAR).GP- Tepat Tanggal 1 Desember 2020, Kota Padang Panjang berusia 230 tahun. Sebuah perjalanan panjang bagi kota berjuluk Serambi Mekkah ini. 


Di tengah wabah Covid-19, kota berhawa sejuk tetap menunjukkan semangat juang tak menyerah dengan keadaan. Terbukti, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) bersama pemerintah dan masyarakatnya terus bergerak memajukan kota. Berbagai prestasi pun diraih. “Padang Panjang tangguh dan berdaya saing". Inilah spirit yang diusung dalam momentum hari jadi kota (HJK) ke-230.


 

Rapat Paripurna Istimewa HJK Padang Panjang ke-230 ini, dipimpin langsun Ketua DPRD Padang Panjang Mardiansyah, A.Md di Gedung DPRD setempat yang dihadiri Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, Komisi IX DPR RI H. Suir Sayam, Wakil Ketua Komisi IV DPRD Sumbar Mesra serta Forkopimda dan sejumlah tokoh masyarakat, Senin, (01/12/2020).


Sebelumnya, Sabtu malam (28/11/2020) DPRD telah ketuk Palu APBD 2021 dengan menghilangkan Anggaran Pokir Demi Masyarakat.



Ketua DPRD Kota Padang Panjang, Mardiansyah, A. Md menyebutkan, penghapusan anggaran Pokok-Pokok Pikiran (Pokir) anggota dewan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2021, sepenuhnya demi masyarakat.  Tidak hanya Pokir, sejumlah biaya perjalanan dinas, bimtek dan reses juga dikurangi.  


Mardiansyah menyebutkan, dicoretnya anggaran Pokir Dewan dari APBD 2021 telah melalui kesepakatan seluruh anggota DPRD.  Di APBD 2020, anggaran Pokir juga dihilangkan karena refocusing anggaran untuk penanganan dampak Covid-19.

 

“Menyadari dengan keterbatasan anggaran, kita di DPRD menyepakati anggaran Pokir ditiadakan. Ini berbeda dengan anggaran tahun-tahun sebelumnya. Bahkan, sejumlah biaya perjalanan dinas, bimtek dan reses, juga dikurangi. Sehingga, kekurangan biaya yang dibutuhkan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat, bisa tertutupi,” sebutnya.



Dijelaskannya, total APBD 2021 sebesar Rp 609.302.360.536,- dengan pendapatan ditargetkan sebesar Rp. 582.302.360.536,- Anggaran itu sudah tersedot untuk belanja rutin, seperti gaji PNS, THL dan dana kelurahan. Belum lagi pembiayaan-pembiayaan lain yang membutuhkan anggaran besar. 


“Kita juga berharap dari pemerintah daerah untuk melakukan efisiensi anggaran. Termasuk juga mengurangi kegiatan-kegiatan yang tidak memberikan banyak manfaat kepada masyarakat,” katanya.



Selanjutnya, sebut Mardiansyah, Setiap program yang direncanakan, agar segera direalisasikan dan dapat dirasakan oleh masyarakat, serta tepat waktu.


Walikota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano dalam sambutannya menyampaikan, HJK merupakan suatu kebahagiaan bagi masyarakat Kota Padang Panjang, meski di tengah Covid-19, peringatan HJK tetap berjalan khidmat.


Lebih lanjut dikatakan, HJK merupakan kilas balik dan refleksi Pemko dan masyarakat agar menjadi lebih baik ke depannya. Di tahun 2020, Pemko menargetkan sejumlah program yang akhirnya dialihkan dalam penanggulangan Covid-19. 


Meskipun begitu, Pemko tetap berjuang, sejumlah prestasi pun tetap diraih. Antara lain, Indonesia Smart Nation Award (ISNA) kategori  Smart Environment, STMB berkelanjutan, Nugra Jasa Darma Pustokloka Kategori Pejabat, Bronze Winner Tourism Award, Natamukto Award, Goverment Creatvity Innovation Entreprenuership Leadership Award (kategori wisata berbasis kelurahan), Pasar SNI dan Rumah Kemasan, Apresiasi Kementerian Perdagangan atas program "Tembang Indah Si Jempol (Tera Ulang Insyaa Allah Membawa Berkah, Siap Jemput Bola) dan banyak lagi penghargaan yang telah diraih oleh Kota Padang Panjang.



Pemko, lanjut Fadly, terus mengejar target dan berupaya merealisasikannya seiring disahkannya APBD 2021. Seperti  pembenahan sarana prasarana Pasar Pusat Padang Panjang, pembangunan pedestrian dan lanjutan pengadaan tanah dan perencanaan Sport Center. 


Gubernur Irwan Prayitno berharap, Kota Padang Panjang semakin maju, berjaya, bermarwah dan bermartabat, serta masyarakatnya sejahtera di bawah kepemimpinan Fadly-Asrul.


Gubernur memuji duet kepemimpinan Fadly-Asrul yang patut dicontoh oleh pemimpin kota dan kabupaten lain di Sumbar. "Pak Fadly Amran dan Pak Asrul patut dijadikan contoh. Tak ada kisruh, koordinasi lancar. Semoga selalu harmonis sampai akhir kepemimpinan. Begitu pun bersama DPRD-nya," puji Irwan.


#GP | Red

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS