Kadis Parpora Afrineldi,SH : Nagari Batu Manjulur banyak punya potensi wisata. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

loading...


Selasa, 16 Juni 2020

Kadis Parpora Afrineldi,SH : Nagari Batu Manjulur banyak punya potensi wisata.


Sijunjung(SUMBAR).GP- Kepala Dinas Pariwisata pemuda dan olahraga (Parpora) Kabupaten Sijunjung, Afrineldi,SH  mengungkapkan Nagari Batu Manjulur, Kecamatan Kupitan punya banyak potensi wisata.

Hal itu diungkapkannya kepada www.goparlement.com usai mengadakan sosialisasi pariwisata diikuti Kelompok Sadar Wisata(Pokdarwis), Ninik mamak dan Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) serta lembaga Nagari, Pelajar dan Mahasiswa di Los Pasar Batu Manjulur, Senin(15/6) kemarin.

Kepala Dinas Parpora, Afrineldi sangat gembira melihat semangat Pokdarwis, generasi muda, pelajar, mahasiswa serta tokoh masyarakat Batu Manjulur punya keinginan besar untuk menjadikan Nagarinya sebagai Daerah Tujuan Wisata(DTW)

"Kami sangat mendukung penuh pengembangan wisata Batu Manjulur ini," ungkapnya dalam pengarahannya saat sosialisasi wisata alam tersebut.

Menurut Afrineldi, ternyata Nagari Batu Manjulur, Kecamatan Kupitan bukan hanya memiliki wisata alam, tetapi juga memiliki potensi wisata sejarah dan wisata budaya yang perlu diangkat dan dipromosikan dalam menjadikan Batu Manjulur menjadi DTW. 

Menurut sumber generasi muda setempat, mengungkapkan kami merasa bangga dan terimakasih banyak atas kunjungan Kepala Dinas Parpora dan WALHI Sumbar dalam kegiatan sosialisasi kewisataan di Nagari kami ini.

Disebutkannya, dengan adanya sosialisasi wisata tersebut, menambah wawasan dan carkrawala berfikir Pokdarwis, masyarakat  dan Ninik mamak setempat dalam mengelola dan mengembangkan pariwisata di Batu Manjulur.

"Nagari Batu Manjulur punya wisata alam, seperti panorama "Bukit Jonjang kambiang, Bukit sarang alang , Bukit Ponggang dan beberapa lokasi Air terjun, seperti Air terjun Sawah Simpang, Air terjun Sarang Olang," ujar sumber tersebut.

Bagi yang minat khusus seperti Arung jeram, camping ground juga tersedia disitu, tutur Afrineldi.

Afrineldi menyebutkan, Bukit Ponggang juga bisa dikembangkan sebagai wisata sejarah, karena disini sebagai tempat kegiatan pembuatan mensiu jaman dahulu.

Wisata budaya yang perlu dilestarikan adalah kesenian tradisional yang sudah langka kini kita lihat, seperti  tari pedang, manumbuk lesung di atas perut, disamping menggiatkan randai, dan macam macam Silat lainnya

Selesai acara sosialisasi wisata alam, Kadis Parpora Afrineldi dan WALHI Sumbar bersama  rombongan didampingi Wali Nagari Batu Manjulur, Sutrisno  dan perangkatnya langsung survey melihat tentang kesiapan new normal ke Puncak Jonjang Kambiang.

Menjawab media tentang menghadapi new normal, Afrineldi mengatakan objek wisata  yang sudah mulai dibuka saat ini adalah 
kolam renang Sungai KarangTirta wisata di pasar Inpres sudah sesuai dengan protokol tetap (protap) covid 19, Kantor Geopark Information Center ( GIC ) di Muaro.

"Untuk objek wisata lainnya akan berangsur angsur dibuka nantinya, apabila nanti  sudah memenuhi protap covid 19," ungkap Afrineldi.

#GP | Herman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS