Koordinator BPP IV Nagari Adpi Gunawan, SST : Kolaborasi Wali Nagari, BPN dan PPL Mundam Sakti Patut Diacungkan Jempol - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Koordinator BPP IV Nagari Adpi Gunawan, SST : Kolaborasi Wali Nagari, BPN dan PPL Mundam Sakti Patut Diacungkan Jempol

Rabu, Juni 05, 2024



Sijunjung (SUMBAR).GP- Koordinator BPP Kecamatan IV Nagari, Adpi Gunawan, SST mengapresiasi Kolaborasi wali nagari, BPN dan PPL Nagari Mundam Sakti, dalam mewujudkan ketahanan pangan.


"Kolaborasi seperti ini sudah memasuki  tahun ke-empat dilakukannya, hal ini merupakan kegiatan yang positif dalam mewujudkan ketahanan pangan yang patut kita acungkan  jempol," ujar Adpi Gunawan, SST pada media, Rabu (5/6)

 

Disebutkannya, Wali Nagari Mundam Sakti, Badan Permusyawaratan Nagari (BPN) dan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) tengah  berkolaborasi melaksanakan budidaya bawang merah di Nagari Mundam Sakti, Kecamatan IV Nagari. 


Wali Nagari Mundam Sakti Dayusmar, A.Md, menyebutkan, masyarakat kita pencahariannya adalah bertani, namun belum terbiasa dengan budidaya bawang merah, namun kita akan terus dorong petani ini membudidayakan tanam bawang merah ini.


"Kolaborasi bersama BPN serta PPL ini adalah bagian dari upaya mewujudkan ketahanan pangan dan mendapat respon dari pemerintahan kecamatan, sehingga  Kasi Ekbang ikut menghadiri langsung pemancangan lokasi yang dilakukan hari ini," ujar Adpi Gunawan.


Penyuluh Pertanian Urusan Programa dari BPP Kecamatan IV Nagari juga ikut menghadiri pemancangan lokasi tersebut


"Tahun lalu kita juga melaksanakan budidaya bawang merah di Nagari Palangki dan berhasil dengan baik, itu menunjukan bahwa bawang merah juga cocok didaerah kita," ujar Pitriana, A.Md, SP, PP. Programa,


Diketahui, hari Jumat tanggal 31 Mei 2024 lalu di Pasar Mundam Sakti sekilo bawang merah dijual oleh pedagang dengan harga Rp. 40.000,-  


Kenyataan itu menunjukan, bahwa bawang merah sangat prospektif untuk dikembangkan. 


Selama proses budidaya bawang merah, petani akan memperoleh pendampingan dari PPL melalui Sekolah Lapangan (SL).


"Tahun ini kita melakukan pendampingan kepada petani melalui budidaya tanaman bawang merah dan cabai merah," ujar PPL setempat Lailatul Uswah, SP. 


"Tak hanya pendampingan budidaya, penyusunan programa penyuluhan pertanian ditingkat nagari juga dikolaborasikan dengan wali nagari dan BPN setiap tahunnya," Adpi Gunawan tutup Adpi Gunawan.


#GP | Herman | AG 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS