Suparta, JFT Analis Kebijakan Ahli Muda Parpora : Kami Diterima Penuh Ramah Oleh Pokdarwis Tangaya Saningbaka. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Suparta, JFT Analis Kebijakan Ahli Muda Parpora : Kami Diterima Penuh Ramah Oleh Pokdarwis Tangaya Saningbaka.

Kamis, Mei 16, 2024



Sijunjung (SUMBAR).GP- Rombongan Pelatihan Pemandu Geowisata Kabupaten Sijunjung yang melakukan studi tiru diterima dengan penuh ramah oleh Ketua Pokdarwis Tangaya Saningbaka Eldo Askhia di areal camping ground pokdarwis Tangaya, Rabu (15/5).

Ketua Pokdarwis Tangaya Saningbaka Eldo Askhia didampingi Humas dan Promosi Pokdarwis Tangaya Diah dengan penuh ceria dan keakraban menceritakan panjang lebar tentang upaya pengelolaan dan pengembangan Destinasi Wisata di Nagari Saningbaka, Kecamatan X Koto Singkarak Kabupaten Solok.


"Selamat datang di Destinasi Wisata Saningbaka, Kecamatan X Koto Singkarak Kabupaten Solok ini. Kami merasa tersanjung dan bangga dengan kunjungan teman teman dari pengelola wisata Sijunjung ini dan mohon maaf atas segala kekurangan kami," ungkap Eldo didampingi Diah dalam sambutannya.


"Kami sangat beruntung dan merasa puas dengan penyambutan, pelayanan dan penyampaian informasi tentang Destinasi Wisata Alam Saningbaka oleh Pengurus Pokdarwis Tangaya Saningbaka tersebut," ungkap Suparta, JFT Analis Kebijakan Ahli Muda selaku panitia kepada media.


"Yang sangat berkesan oleh rombongan studi tiru GEO Wisata Kabupaten Sijunjung di Destinasi Wisata Alam Saningbaka itu, anggota Pokdarwis Saniangbaka secara bersama dan kompak  ikut melakukan konservasi alam,pengembangan objek wisata,mempertahankan budaya setempat," ungkap Suparta didampingi peserta lainnya.


"Sesungguhnya daerah kita Kabupaten Sijunjung yang dikenal dengan sebutan Lansek Manih lebih potensial dalam pengembangan Destinasi Wisata Alam. Banyak sudut sudut areal alam yang indah dan bisa kita jual sepanjang dikelola dengan profesional. Justeru itulah  Dinas Parpora yang dipimpin Pak Afrineldi, SH getol melakukan pelatihan- pelatihan seperti Pemandu Geowisata ini dengan tujuan meningkatkan sumber daya manusia (SDM) dalam bidang kepariwisataan," terang Suparta.


"Selama lebih kurang 5 jam, kami rombongan 30 peserta pelatihan Pemandu Geowisata, Kabupaten Sijunjung belajar dan berdiskusi dalam seluk beluk pengembangan wisata dengan Pokdarwis Tangaya Saningbaka. Rombongan dari pelatihan Geowisata didampingi  Sekretaris Dinas Parpora Desmawati, SE.M.Si.,Kabid Pengembangan Destinasi Wisata Wilda Ardes, ST., MT., BP Geopark Ranah Minang Silokek Ridwan, dan saya sendiri," ujar Suparta 


Dari penelusuran media di google, Nagari Saningbaka memiliki Destinasi Wisata Alam diantaranya;  

1) Air Terjun Batang raso, adalah air terjun tertinggi di Saniangbaka dengan ketinggian 20 meter dan merupakan salah satu geosite yang dimiliki Desa wisata Saniangbaka. 


2) Air Terjun 7 Tingkek, berupa 7 panorama air terjun dengan keasrian hutan yang masih terjaga.


3) Wisata edukasi Rafflesia arnoldi dan Bunga Bangkai (Armophopallus) yang tersebar dikawasan hutan Nagari Saniangbaka.


"Hadirnya Desa Wisata Saniangbaka menjawab permasalahan yang ada. Dalam hal ini Pokdarwis Tangaya menjadi agent of change yang berupaya memberikan dampak dan bermanfaat secara luas kepada masyarakat dari berbagai kegiatan yang ada di desa Wisata Saniangbaka. Baik dari aspek ekonomi sosial budaya dan lingkungan. Seperti adanya peningkatan taraf ekonomi masyarakat, penerapan sapta pesona dan sadar wisata serta pelestarian budaya dan lingkungan," papar Eldo.


#GP | Herman.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS