Bupati Sijunjung Hadiri Acara Adat Niniak Mamak Tapak Lapan - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Bupati Sijunjung Hadiri Acara Adat Niniak Mamak Tapak Lapan

Rabu, Mei 01, 2024



Sijunjung(SUMBAR).GP - Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir menghadiri acara berkaul adat niniak mamak tapak lapan di Jorong Koto Nagari Sungai Batuang Kecamatan Kamang Baru, Kabupaten Sijunjung, Rabu (1/5/2024).


Berkaul adat niniak mamak tapak lapan ini artinya bersyukur kepada Allah, SWT atas berkat yang telah diberikan berupa rezki yang didapat pada tahun ini. 


Disamping mensyukuri nikmat disertai berdoa dan atas rezeki yang diberikan dan semoga selalu dalam limpahan rezki tersebut, kegiatan Bakaua Adat Niniak Mamak Tapak Lapan ini juga untuk menjalin silaturahmi dan kekompakan masyarakat tani dalam menggarap pertanian sawah dan ladang khususnya.


Dalam arahannya Bupati Sijunjung menyampaikan tradisi dan budaya yang dimiliki seperti mengadakan acara berkaul adat niniak mamak tapak lapan ini harus tetap kita pertahankan setiap tahun nya.


"Kegiatan ini menjadi cerminan kebersamaan dan kekeluargaan bagi kita semua.Untuk itu pertahankan lah kearifan lokal di Kabupaten Sijunjung yang dimiliki ini, "ujarnya.


Muda-mudahan kita semua diberi kesehatan, keselamatan dan mari kita berdoa semoga panen di tahun berikutnya melimpah.


"Disamping itu juga disampaikan, dalam menghadapi tahun politik berbeda pilihan boleh tapi jangan sampai merusak hubungan silaturrahmi dan jangan sampai ada persoalan karena berbeda pilihan,”pesannya.


Selain itu, kami telah wujudkan sekolah gratis pada jenjang SD, SMP, SMA dan SMK melalui program Bantuan Keuangan Khusus (BKK). "Untuk itu jangan sampai ada lagi anak-anak kita yang tidak bersekolah,”tegasnya bupati.


Kami juga mengajak ninik mamak dan bundo kanduang untuk bersama-sama menggiatkan mensosialisasikan terhadap pencegahan pernikahan dini. Hal tersebut merupakan upaya menutup celah stunting di Sijunjung Ranah Lansek Manih yang kita cintai ini.


Wali Nagari Sungai Batuang Aris man.S.pd.menjelaskan acara berkaul adat ini diadakan 1 kali dalam setahun, dilaksanakan setelah memanen padi.


Dalam acara tersebut dihadiri langsung Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, niniak mamak, ketua KAN, Wali nagari sungai betuang, Bundo kandung,Camat Kamang Baru.Opd Kabupaten Sijunjung.Direktur PDM Kabupaten Sijunjung,Direktur Bank Nagari Kabupaten Sijunjung, berserta ketua pemuda dan masyarakat setempat. 


#GP | Herman | Danus


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS