Lazismu Sijunjung Peduli, Salurkan Zakat Sebagai "Kado Ramadhan 1445" - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Lazismu Sijunjung Peduli, Salurkan Zakat Sebagai "Kado Ramadhan 1445"

Sabtu, April 06, 2024

 


Sijunjung(SUMBAR).GP- Pengurus LazisMU GDM Kabupaten Sijunjung, menyalurkan zakat edisi Ramadhan 1445H/2024 M di Kantor Lazismu Sijunjung, Jumat(5/4).


"Penyaluran zakat yang disebut dengan "Kado Ramadhan 1445 H" itu disalurkan untuk asnaf miskin, fii sabilillah dan mualaf," ungkap Jemi Ramadhan didampingi Bendahara LazisMU Helmiati.


"Ini aksi ketiga LazisMU Sijunjung sejak berdirinya 23 November 2023 lalu, aksi pertama penyaluran modal usaha UMKM, dan bantuan pendidikan dan kurang mampu di Istiqlal Muaro, 14 Januari 2024 waktu lounching Lazismu oleh Wabup Irradatillah di Istiqlal," papar Helmiati.


Aksi kedua, saat saya selaku Kasi PAI Kemenag Kabupaten Sijunjung menjadi Pembina Upacara Bendera di SMKN 3 Sijunjung, Senin 5 Februari 2024 juga menyalurkan bantuan kepada seorang siswi kurang mampu, terang Helmiati.


Pada aksi ketiga yang dinamakan "Kado Ramadhan 1445" disalurkan kepada masyarakat kurang mampu sebanyak 14 orang atau untuk dua orang perkecamatan yang sudah memiliki Pengurus Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) dan Pimpinan Cabang Aisyiyah(PCA). 


"Gerakan penyaluran "Kado Ramadhan 1445 H/2024 M"  ini serentak dilakukan oleh Lazismu daerah diseluruh Indonesia dan di Sijunjung sendiri kita lakukan hari ini,  Jumat, 5 April 2024," ungkap Jemi Ramadhan 


Menurut Helmiati, asnaf miskin disalurkan kepada 14 orang atau 2 orang per PCM/PCA Kecamatan di Sijunjung, dengan dana total Rp 1.804.000,-


Sedangkan dana fii sabilillah disalurkan kepada 15 orang guru, terdiri dari  guru KB, TK, MI, MTs, MA dilingkungan Muhamadiyah dan juga beberapa orang Guru TPQ/TPSQ dengan total dana Rp3.000.000,-


Selain itu, kita juga salurkan dana  untuk asnaf mualaf binaan  "Rumah Mualaf"  Kamang Baru dengan dana sejumlah Rp600.000,-


Seperti diakui Ketua LazisMu Sijunjung, Herman, S.Ag, nominal perorang yang disalurkan itu memang terlalu kecil bila dibandingkan  dengan kebutuhannya, tetapi setidaknya saat ini Lazismu telah melakukan kepedulian terhadap masyarakat yang kurang mampu.

"Alhamdulillah pada Ramadhan 1445 H ini, kita memperoleh bantuan dari LazisMU Provinsi Sumbar dana untuk empat orang anak yatim sejumlah Rp1.000.000,- dan bantuan 30 mushaf Al-Qur'an kerjasama Lazismu Provinsi Sumbar dengan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) pusat. Khusus bantuan Al Qur'an belum sempat kita distribusikan, nanti setelah idul Fitri kita rencanakan pendistribusian Al Quran tersebut," papar Herman 


Hadir dalam penyaluran dana "Kado Ramadhan Lazismu 2024" itu Ketua LazisMu Sijunjung, Herman, S.Ag,  Wakil Ketua Dra.Helmiati, M.Pd.,Wakil Ketua Jemi Ramadhan, S.Pd.I., Wakil Ketua M.Nur Iqsan, S.Pd.I. dan Kepala Tata Usaha Lazismu M.Abdi, SE. serta Ketua PDA Nori Bahar, S.Ag.MA.


Wakil Ketua LazisMu Jemi Ramadhan, S.Pd.I. saat akan penyaluran dana itu, mengatakan, Lazismu Sijunjung tidak punya prosedur yang panjang untuk mendapatkan bantuan ini.


"Dana tersedia direkomendasikan oleh Kantor Layanan (KL) Lazismu Kecamatan atau PCM/PCA, cukup,  sudah bisa dibayarkan," katanya.


Lebih lanjut, Jemi Ramadhan, menghimbau agar masyarakat atau umat yang punya kemampuan lebih mari salurkan Zakat, Infaq dan Shadaqah nya ke Lazismu Sijunjung melalui Rekening Bank Nagari Syariah nomor 7102 0220 309430.


Semoga Lazismu yang punya motto "Memberi untuk Negeri" bisa maju di Sijunjung kedepannya, harap Jemi Ramadhan.


#GP | Red.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS