Mengenal Dzafran Gunawan, Ketua Umum PD IPM Kabupaten Sijunjung - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Mengenal Dzafran Gunawan, Ketua Umum PD IPM Kabupaten Sijunjung

Minggu, Maret 31, 2024

 



Sijunjung (SUMBAR).GP -  Dzafran Gunawan merupakan Ketua Umum Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Kabupaten Sijunjung periode 2022 - 2024. Seorang pelajar yang akrab dipanggil Dzafran ini, lahir pada Hari Kamis, 19 Juli 2007 bertepatan dengan 4 Rajab 1428.

Dzafran anak pertama dari 3 bersaudara dari pasangan Gunawan dan  Khairul Faizah ini menempuh pendidikan di SD Islam Unggul Terpadu YHSK Padang Sibusuk. Lalu melanjutkan SMP di SMP Islam Terpadu Kautsar Ilmi Muaro Sijunjung. Saat ini Dzafran bersekolah di SMA Negeri 1 Sijunjung.


Ketika ditemui di Gedung Dakwah Muhammadiyah Ahmad Syafii Ma'arif Muaro Sijunjung, Dzafran mengaku mulai aktif berorganisasi sejak kelas 4 SD. Saat itu ia bersama teman temannya mencoba mendirikan sebuah organisasi kecil kecilan yang diberi nama Ikatan Muslim Anti Narkoba (IMAN). Ia juga dipercaya menjadi ketua umum oleh teman temannya.


Namun, karena belum mampu melahirkan generasi penerus, Dzafran dan teman temannya sepakat membubarkan IMAN pada pertengahan tahun 2018.


Saat Kelas 7 SMP, ia terpilih menjadi Wakil Ketua OSIS SMP Islam Terpadu Kautsar Ilmi Muaro Sijunjung 2020 - 2021. Periode selanjutnya, ia terpilih kembali menjadi Ketua OSIS SMP Islam Terpadu Kautsar Ilmi Muaro Sijunjung 2021 - 2022.

Setelah menyelesaikan masa jabatan menjadi Ketua OSIS, Dzafran mengikuti Baitul Arqam Dasar Pemuda Muhammadiyah Sijunjung. Disana ia bertemu dengan Fickry Syafriandito yang saat ini menjadi Sekretaris Umum PD IPM Sijunjung.

Disana mereka melakukan sebuah perbincangan dan memiliki inisiatif untuk mendirikan IPM di Kabupaten Sijunjung yang saat ini sudah berhasil didirikan.

Agustus 2022, Dzafran terpilih menjadi Dewan Parlemen Remaja DPR RI 2022 dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sumatera Barat 1. Parlemen Remaja merupakan sebuah kegiatan yang diselenggarakan oleh Sekretariat Jendral DPR RI sebagai wadah pendidikan politik dan demokrasi kepada pelajar.

Anggota Parlemen Remaja yang terpilih dapat merasakan satu minggu menjadi Anggota DPR RI. Mulai dari Rapat Dengar Pendapat (RDP), Kunjungan Kerja hingga,  Sidang Paripurna di Ruang Sidang Nusantara 2 DPR RI.

Untuk terpilih sebagai Parlemen Remaja DPR RI, Dzafran melalui berbagai tahap seleksi, salah satunya seleksi pemikiran yang dituangkan dalam karya tulis berupa essay.

Dzafran membawa beberapa usulan diantaranya :
1.Membentuk Forum Generasi Peduli Data Pribadi, mulai dari tingkat pusat hingga daerah.
2.Mengusulkan pembinaan untuk hacker. Dzafran memandang hacker bisa menjadi hal yang positif jika dibina dengan baik.
3.Pengawasan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi.

Dzafran mewakili Sumatera Barat bersama 4 orang lainnya. Naila Awallia Putri (SMA Negeri 1 Padang), dan  Annisa Nadhiratu Afifah (SMA Negeri 3 Padang) dari Dapil Sumatera Barat 1 serta Donal Syafriadi dan Defilla Cahyati (MAN IC Padang Pariaman) dari Dapil Sumatera Barat 2.

Pada Oktober 2022 Dzafran diberangkatkan dari Padang menuju Jakarta oleh Sekretariat Jendral DPR RI. Baru saja datang di Jakarta, ia bertemu dengan 3 orang kader IPM yang juga terpilih menjadi Anggota Dewan Parlemen Remaja mewakili daerah mereka masing masing. Dari Jawa Timur ada Kelana Yudinta A., Kader IPM Bojonegoro dan Zulian Akbar Firdaus, Kader IPM Jember. Dari Lampung ada Nurin Ardhillah Ulfa, Kader IPM Metro.

Di SMAN 1 Sijunjung, Dzafran juga aktif duduk dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah. Periode 2022-2023, ia terpilih menjadi Sekretaris OSIS yang bertugas membantu Sekretaris Umum. Di SMA ini,  Dzafran dikenal vokal menyuarakan keinginan pelajar di SMAN 1 Sijunjung. Hingga pada pemilihan Ketua OSIS selanjutnya, Dzafran diusulkan maju oleh sebagian besar warga SMAN 1 Sijunjung sebagai Ketua OSIS. Panitia pemilihan memutuskan Dzafran menang telak dengan perolehan suara 474 suara dari 759 suara sah.

Saat menjadi Ketua Umum PD IPM Sijunjung, Dzafran juga pernah mengusulkan Pembentukan Lembaga Bantuan Hukum Gratis Bagi Pelajar dan Pemuda di Kabupaten Sijunjung pada Rapat Dengar Pendapat DPRD Sijunjung dengan DPD KNPI dan OKP Se-Kabupaten Sijunjung.

Dzafran melihat LBH ini perlu dibentuk karena banyaknya kasus bullying, kekerasan dari orang tua dan lain sebagainya yang terjadi di Kabupaten Sijunjung.

Disamping aktif berorganisasi, Dzafran berhasil mendapatkan Mendali Perak Olimpiade PAI dan Mendali Perunggu Olimpiade Teknologi dan Informatika seluruh Indonesia.

Ia juga berhasil mendapatkan prestasi harapan 2 lomba "Bercerita dengan Bahasa Minangkabau" pernah  Juara 1 MSQ, Juara 1 membaca Puisi, Harapan 2 Lomba Menulis, dan Juara 1 Kategori Umum Lomba Orasi Kebangsaan.

Selain meraih berbagai prestasi ito, Dzafran  juga pernah dipercaya menjadi Narasumber disebuah kegiatan Leadership Camp di Kabupaten Sijunjung.

#GP | Herman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS