Kegiatan RAT 2023 BUMDES Bukik Iban Desa Kampung Baru Berlangsung Dengan Aman Dan Lancar. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Kegiatan RAT 2023 BUMDES Bukik Iban Desa Kampung Baru Berlangsung Dengan Aman Dan Lancar.

Kamis, Februari 29, 2024

 


Sijunjung (SUMBAR).GP- Rapat Tahunan Anggota (RAT) Tahun Buku 2023,  Bumdes Bukik Iban Desa Kampung Baru di Lantai 2 Los Pasar desa setempat, Rabu (28/2) berlangsung dengan aman, tertib dan lancar.


Kegiatan RAT yang di mulai pukul 10.00 wib di hadiri Kadis DPMN diwakili Kabid Pemberdayaan Masyarakat Mahdalena dan rombongan, Camat Kupitan diwakili Kasi Ekbang, Koramil 06 Palangki diwakili oleh Sertu Rahmad, Kapolsek IV Nagari diwakili oleh Brigadir Andi Partawijaya, SH., Pendamping Desa, Vivi ST dan pendamping lokal Rio,  Ketua BPD dan Anggota,  Ketua LPM dan Anggota, Ketua LAD dan anggota, Ketua FKPM dan Anggota, Ketua KarangTaruna, Ketua Bundo Kanduang,  Ketua Linmas, Tokoh Masyarakat,  BP SPAM, Masyarakat  Penerima Manfaat Pogang Gadai, Masyarakat Penerima manfaat Penggemukan Sapi, Pengelola Pasar Desa, Direktur BUMDES dan anggota, Pengawas Bumdes, Kades dan Perangkat Desa serta Undangan lainnya.


Kadis PMN diwakili Mahdalena, memberiatensi terhadap BUMDES Bukik Iban,  dengan melihat unit usaha yang dikelola, diharapkan agar direktur mengoptimalkan bidang usaha ini, semoga bisa membantu masyarakat dalam meningkatkan ekonomi dan juga BUMDES mendapat keuntungan nya.


"Supaya BUMDES mengalami perkembangan dan kemajuan kedepannya, serta membuka peluang unit usaha yang baru tentu dalam konteks bisa membantu  masyarakat. Dinas DPMN memberi apresiasi pada BUMDES yang sudah melakukan RAT Tahun Buku 2023 diawal tahun ini," papar Mahdalena.


Dalam acara resmi pembukaan RAT Bumdes tersebut, Pendamping Desa menyampaikan,  tahun 2024 ini, pemdes kembali menambah penyertaan modal bagi BUMDES, semoga BUMDES bisa melihat dan nembuat unit usaha  baru, sehingga membantu neningktatkan ekonomi masyarakart desa.


Sedangkan Kepala Desa Jalnibus, S.Pd.MM mengingatkan pada BPD agar segera kita melaksanakan musyawarah desa (Musdes)  terkait dengan direktur BUMDES yang  habis masa kepengurusannya dan akan kita bentuk pengelolaan BPSPAM dan Pasar Tradisional kedepannya.


Direktur BUMDES dalam laporan nya, menyebutkan bahwa, kegiatan BUMDES selama 2023 menjalankan unit usaha diantaranya adalah, Pogang Gadai sawah dengan petani penerima manfaat sebanyak 4 orang petani dengan transaksi 57 "emas" atau  senilai Rp.122.400.000 ,-  Penggemukan sapi sebanyak 6 ekor sapi dengan senilai Rp.68 juta,  Pengelolaan BPSPAM desa sebanyak 320 pelanggan dan  pengelolaan Pasar Tradisional setiap hari Sabtu.


Usai acara pembukaan dan pengarah pihak terkait dilanjutkan dengan  Musdes dipimpin oleh Gusrial S.Pd.I dengan laporan oleh  Direktur Bumdes Zubir Sutan Bagindo dan  bendahara Vanny Amd berikut acara tanya jawab dan Program BUMDES 2024 serta penyampaian dan arahan Pendamping Desa oleh Rio.


Camat Kupitan dalam kesempatan itu, mengapresiasi  pelaksanaan RAT  BUMDES tahun 2023 yang sangat luar biasa dihadiri oleh steak holder terkait dan perjalanan unit usaha  BUMDES yang dilaksanakan tidak mengalami kerugian.


#GP | Herman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS