Warga Kampung Mantigo Desa Kampung Baru adakan Peringatan Isra' dan Mi'raj Nabi Muhammad,Saw. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Warga Kampung Mantigo Desa Kampung Baru adakan Peringatan Isra' dan Mi'raj Nabi Muhammad,Saw.

Jumat, Februari 02, 2024

 


Sijunjung (SUMBAR).GP- Sebanyak 132 orang peserta arisan Kampung Mantigo Desa Kampung Baru, Kecamatan Kupitan malam ini, Jumat (2/2) hadiri peringatan Isra' Mi'raj Nabi Muhammad Saw dengan penceramahnya Buya Yasril Datuak Rajo Sindo.


Kegiatan peringatan Isra' Mi'raj Nabi Muhammad dengan mendatangkan ustadz kocak dari Lintau Kabupaten Tanah Datar itu, di hadiri oleh Kaum Mantigo, para sumando dan Pasumandan serta generasi muda Kampung Mantigo sangat memukau sekali.


Dalam pencerahannya  Ustad Yasril Datuak Rajo Sindo, menyampaikan peristiwa Isra' Mikrat merupakan momen yang penting bagi Umat Islam dimana Perintah Shalat di jemput  oleh Nabi Muhamad SAW dari Sang Khaliq melalui proses Isra' dan Mi'raj ini.


Gusrial Kayo Malin sebagai Mamak Suku Mantigo isi ceramah ustadz saat ini sangat memuaskan jemaah yang hadir, karena Ustadnya menyampaikan tausiyah dengan metode yang variatif, kocak dengan berbahasa Minang yang disandingkan dengan Pituah Pituah adat


Menurut Gusrial, kegiatan Arisan Suku Mantigo ini rutin dilaksanakan setiap hari Kamis pekan pertama setiap bulannya.


Sementara Zubir Sutan Bagindo merupakan "Tungganai Suku"  menyampaikan kegiatan arisan suku bulan ini sekaligus  memperingati hari Isra' dan  Mi'raj tahun ini.


Kepala Desa Kampung Baru Jalnibus, S.Pd.MM kepada mengatakan, Desa Kampung Baru terdiri dari 4 Suku yakni ; Suku Caniago,  Suku Melayu,  Suku Korong Gadang dan  Suku Sikumbang  Gadang.


Dalam suku Sikumbang Gadang terdiri dari 4 Kampung yakni Kampung Mantigo,  Kampung Bonai, Kampung Lokuak dan Kampung Cupak


Dikatakan Jalnibus, Kampung Mantigo memiliki jabatan Soko terdiri dari Pandito Kayo sebagai  Malin Adat dan  Sutan Bagindo sebagai Tungganai.


"Kita selaku Kepala Desa Kampung Baru tentu sangat mengapresiasi kegiatan peringatan Isra' Mi'raj Nabi Muhammad Saw yang diprakarsai kaum kampung Mantigo ini semoga menjadi pedoman dalam hidup dan kehidupannya," paparnya.


#GP | Herman.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS