Kades Jalnibus,S.Pd.MM : Hari Selasa ini, Sekitar 519 KK Goro di Pandam Pakuburan. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Kades Jalnibus,S.Pd.MM : Hari Selasa ini, Sekitar 519 KK Goro di Pandam Pakuburan.

Selasa, Februari 27, 2024

 


Sijunjung (SUMBAR).GP- Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1445 H, masyarakat Desa Kampung Baru laksanakan gotong royong (Goro) pada hari Selasa tanggal, (27/2) mulai pukul 08.00 wib sampai sore dengan sasaran Pandam Pakuburan Nagari Guguok Godang dan rumah ibadah masjid, mushala dan surau.


Kepala Desa Kampung Baru Jalnibus, S.Pd.MM kepada media mengatakan, goro massal ini diikuti oleh warga masyarakat Dusun Koto Ateh, Koto Lamo, Koto Panjang , Koto Tangah dan Dusun Guguk Bulek dengan jumlah lebih kurang 519 KK


Dikatakannya, goro massal ini merupakan kegiatan rutin yang hidup di Desa ini, setiap akan memasuki  bulan Ramadhan. Mereka juga ada perantau yang sengaja pulang kampung untuk ikut goro dengan motivasi membersihkan kuburan keluarga, nenek, kakek, orang tua dan saudara seraya memanjatkan doa untuk keselamatan sang jenazah.


Pemdes sebelumnya juga menyampaikan kepada  masyarakat agar sukses Goro massal ini dianjurkan seluruh  masyarakat membawa alat pembersih seperti, mesin potong rumput, sabit, parang, cangkul dan  kepasa bundo kanduang dan Ibu Ibu PKK membawa air minum dan snack serta makanan lainnya.


Menurut Jalnibus, pandam pakuburan Guguak Godang ini merupakan pandam milik nagari/desa yang sudah dimanfaatkan untuk tempat penguburan setiap warga Desa yang meninggal dunia di kubur dipandam ini semenjak tahun 1965 hingga sekarang.

Hamba Alloh yang tidak punya waktu dan kesempatan datang goro, biasanya membantu goro ini dalam bentuk bantuan lain  ,"  ujar Marlis, S.Pt  tokoh masyarakat setempat.


Alhamdulillah, jumlah kehadiran masyarakat mencapai 600 orang, melebihi target, sehingga pandam Pakuburan Guguak Godang yang luasnya 3 ha biasanya bersih dengan dua hari goro, ternyata saat ini bisa tuntas dalam satu hari goro. 


Kegiatan goro kali ini didampingi langsung oleh Babinsa Desa Kampung Baru Serka Rahmad yang selalu hadir mendampingi berbagai kegiatan masyarakat desa ini, papar Jalnibus. 


#GP | Herman 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS