Anggota Komisi IX DPR RI Drs.Darul Siska : Istri hamil tidak boleh stres dan depresi karena akan mengganggu pertumbuhan kecerdasan bayi. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Anggota Komisi IX DPR RI Drs.Darul Siska : Istri hamil tidak boleh stres dan depresi karena akan mengganggu pertumbuhan kecerdasan bayi.

Senin, Oktober 02, 2023



Sijunjung (SUMBAR).GP-  Anggota Komisi IX DPR RI Drs .H. Darul Siska mengatakan pembangunan paling mendasar adalah membangun keluarga. Jika ingin daerah ini, dan Indonesia ini sejahtera,  maka bangunlah keluarga dengan sesempurnanya.


Hal itu disampaikan Darul Siska dihadapan  masyarakat Nagari Tanjung Bonai Aur (TBA) Selatan, Kecamatan Sumpur Kudus, Kabupaten Sijunjung di Aula SDN 11 Tanjung Bonai Aur, Minggu (1/10/2023).


"Kita ingin Indonesia punya generasi emas tahun 2045. Tapi ini tidak akan menjadi kenyataan kalau bapak-bapak dan ibu-ibu tidak mendukung rencana itu,” tegas putra Talawi Kota Arang itu.


Darul Siska menuturkan program yang penting untuk menyemangati generasi emas yaitu mencegah stunting.


Dikatakannya, yang perlu diperhatikan dalam mencegah stunting adalah anak, kemenakan, dan cucu yang  akan menikah di usia yang dewasa. "Perempuan minimal berusia 20 tahun, sehat, fisik, dan mental serta tidak terpaksa menikah. Laki-laki berusia 25 tahun, sehat fisik, mental, dan berisi kantongnya atau punya finansial yang matang," tegasnya.


Kemudian ibu yang mulai hamil selalu memperhatikan gizinya, terpenuhinya protein nabati dan hewani, dan vitamin. Istri hamil tidak boleh stres dan depresi karena akan menekan pertumbuhan kecerdasan bayi.


"Suami supaya menahan  kemarahannya kepada istri sampai anak berusia dua tahun. Jika ingin marah pergilah ke tempat berwudhu, lalu berjudul, begitupun dengan orang tua dan mertuanya, semoga marahnya reda," ungkap Darul Siska.


Selanjutnya, papar Darul Siska, istri yang melahirkan atau punya anak bayi di bawah dua tahun harus jadi perhatian bersama. Penuhi gizinya dan lakukan  imunisasinya dengan teratur agar anak tumbuh sehat, cerdas, dan kuat imannya.


“Menuju Generasi Emas 2045 itu,  dengan membangun keluarga, tidak ada stunting dalam keluarga. Pendidikan cukup, taat beragama, tahu dengan adat istiadat,” tegasnya.


Kehadiran Anggota DPR RI Darul Siska di tengah masyarakat Nagari Tanjung Bonai Aur Selatan itu merupakan sosialisasi "Penguatan Program Pembangunan Keluarga Bersama Mitra Kerja" bekerjasama dengan BKKBN Sumatera Barat dan Pemkab Sijunjung.



Menurut Tim penghubung Darul Siska Kabupaten Sijunjung Oktaria yang hadir di TBA Selatan mendampingi Bapak Darul Siska saat itu adalah,  Kepala Perwakilan BKKBN Sumbar yang diwakili oleh Dra. Desra M M, Kepala Dinas PP-KB diwakili Sekdis PP-KB Hendri Nurka, S.Sos. M.Si., Camat Sumpur Kudus  Arwilson, Wali Nagari TBA Selatan Abdurahman Peto Sori dan anggota DPRD Kabupaten Sijunjung Yusnidarti,MH.


 #GP | Herman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS