Usman Gumanti, S.Pd.MM Resmikan Program Pembelajaran Sinergi Masyarakat (POM BENSIM) Kecamatan Tanjung Gadang. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Usman Gumanti, S.Pd.MM Resmikan Program Pembelajaran Sinergi Masyarakat (POM BENSIM) Kecamatan Tanjung Gadang.

Jumat, September 15, 2023



Sijunjung (SUMBAR).GP-  Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung diwakili Sekdis Usman Gumanti, S.Pd.MM membuka kegiatan  Program Pembelajaran Sinergi Masyarakat (POM BENSIM) di Gedung UDKP Tanjung Gadang, Jumat (15/9).


Hadir dalam acara tersebut, Sekdis Pendidikan Usman Gumanti, Sekcam Tanjung Gadang Masril Efendi, S.Sos., Kabid Paud Delvianti Basri, SE.M.Pd. Pimpinan Yayasan Sijunjung Madani/PKBM Nurul Ihsan Roni Indra P., S.Pd.I., Neng Azmi,S,Kom,Widya Prada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta para tutor PKBM Nurul Ihsan Kecamatan Tanjung Gadang.

Terima kasih Pak Sekcam, ucap Usman Gumanti yang telah menyediakan fasilitas luar biasa,  dan kami sangat bangga dengan semangat dan kehadiran peserta Pom Bensim, saat ini, diawal pengarahannya.


Bupati Sijunjung Pak Benny bilang indeks pembangunan manusia adalah tolak ukur tingkat kesejahteraan kita, kalau indeks pembangunan tinggi bisa dianggap kesejahteraan kita sudah baik, tetapi kalau turun atau rendah,  berarti masih kurang  sejahtera.


Salah satu faktor yang mempengaruhi indek pembangunan itu adalah angka partisipasi pendidikan penduduk, nah POM BENSIM ini salah satu upaya meningkatkan angka partisipasi pendidikan itu.


POM BENSIM yang bapak ibuk sekarang sebagai pesertanya, sangat beruntung sekali mengikuti pembelajaran disini, karena program ini punya 4 kelebihan, kemudahan atau keistimewaannya dibandingkan dengan program pembelajaran masyarakat di PKBM yang ada selama ini.


Pertama, paket pembelajarannya gratis, tidak ada iuran apapun, kecuali kalau peserta ingin menyumbang dibolehkan.


Kedua, kita melakukan inovasi  di bidang kurikulum PKBM,  kita lihat, kita pelajari kita adopsi sehingga muncullah model pembelajaran baru, apa model pembelajaran barunya  kita belajar dua kali dalam satu minggu, waktu dan tempat belajarnya kapan dan dimana saja boleh asal sesuai kesepakatan kelompoknya.


Ketiga, cara belajarnya tidak sama dengan anak sekolah formal dan tidak sama dengan anak di PKBM, cara belajar yang sesuai dengan keadaan dan kebutuhan serta kondisi kita, itu semua telah dimaklumi oleh para tutornya. Kita belajar sambil mengembangkan usaha yang bisa membuka lapangan kerja dan meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan kita.


Keempat, ijazah kita setara dengan sekolah formal, bisa dipergunakan untuk masuk kuliah dan bisa untuk bekerja dimana saja atau masuk ke perusahaan apa saja.


Yang penting sekarang adalah semangat dan kemauan untuk belajar sampai tamat, untuk mengikuti pendidikan di program POM BENSIM ini dampaknya pasti sangat luas, setidaknya memotivasi anak-anak kita yang hari ini banyak tidak sekolah, akan tumbuh rasa mengembang berbagai usaha bisnis demi kesejahteraan kita.


Berniatlah untuk selesai dan tamat,   tanamkan dalam hati saya harus tamat dan dapat ijazah, selesai paket A, lanjutkan ke paket B dan sampai tamat paket C. Kalau untuk kuliah disini, buat kelompok minimal 20 orang, kita datangkan dosen kesini," ujar Usman Gumanti memberikan semangat.



Camat Tanjung Gadang diwakili Sekcam Masril Efendi, S.Sos mengucapkan selamat datang dan menyampaikan terima kasih kepada Bapak dan ibuk dari Dinas Pendidikan atas dialokasikannya Program Pembelajaran Sinergi Masyarakat (POM BENSIM) di Kecamatan Tanjung Gadang ini.


"Kita semua wajib bersyukur dengan program ini, belajar gratis, tas dan modul serta perlengkapan belajar juga diberi, bahkan makan dan snack acara sosialisasi ini juga disediakan Dinas Pendidikan," lanjut Masril.


Saya berharap, agar 80 orang lebih yang tercatat diawal kegiatan POM BENSIM ini tetap semangat dan utuh sampai tamat dan  mendapatkan ijazahnya.


Kabid Pembinaan Paud dan PNF Delivianti Basri, SE.M.Pd dalam laporannya menyampaikan, kegiatan inovasi daerah Kabupaten Sijunjung POM BENSIM dilaksanakan oleh Yayasan Sijunjung Madani PKBM Nurul Ihsan Kecamatan Tanjung Gadang.


Pesertanya berasal dari Nagari Taratak Baru dan Nagari Tanjung Lolo dengan jumlah yang sudah terdaftar hampir 80 orang dengan rincian paket A 14 orang, paket B 24 orang dan paket C 38 orang.


"Pada kesempatan ini, juga akan diserahkan paket bantuan belajar berupa Tas lengkap dengan alat tulis lainnya. Disamping itu juga akan ada buku cetak berupa modul belajar  nantinya,' ujar Delvianti.


Usai  pembukaan secara  resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan dilanjutkan penayangan vedio tentang lika liku pengurus PKBM dan tutor dalam menghimpun peserta didik POM BENSIM di Kecamatan Tanjung Gadang serta dilanjutkan dengan penyerahan bantuan secara simbolis kepada perwakilan peserta bergantian dari Sekdis Pendidikan Usman Gumanti, Sekcam Maril Efendi, Kabid Paud Delvianti Basri.


#GP | Herman.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS