Rizal Efendi SE: Maju Bersama Koperasi - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Rizal Efendi SE: Maju Bersama Koperasi

Jumat, September 29, 2023

 


Sijunjung (SUMBAR).GP- Dinas Koperasi UKM Provinsi Sumbar bekerjasama dengan Dekopinwil Provinsi Sumbar melaksanakan sosialisasi perkoperasian di Hotel Bukit Gadang, Muaro, Jumat (29/9).


Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Ketua Dekopinwil Provinsi Sumbar Hendra Irwan Rahim dan ditutup Wakil Dekopinda Rizal Efendi SE.


Nara sumber dalam kegiatan sosialisasi perkoperasian tersebut adalah Azhari SH dari Dekopinwil Provinsi Sumbar dengan judul " Perkoperasian Kelembagaan dan Usaha" dan Rizal Efendi,SE dengan paparan berjudul"Maju Bersama Koperasi"


Menurut Rizal Efendi SE., koperasi peternakan puyuh dan juga industri mikro kita sudah mampu merambah dan memasarkan usahanya  ke Budiman Swalayan di Pekanbaru dan daerah lainnya. Jenis produk deterjen laundry di Kabupaten Sijunjung ini juga sudah punya ijin edar.


Yang kita lihat saat ini dalam pergerakan perkoperasian adalah kurangnya pendampingan. Apapun jenis dan usaha koperasi kita saat ini, mereka membutuhkan pendampingan. 


Pendampingan itu, menurut Rizal Efendi tidaklah cukup hanya sebatas narasi tetapi betul betul butuh aksi nyata.Untuk aksi nyata itu dibutuhkan pendanaan yang memadai. 


Dari gerakan ekonomi kerakyatan Kabupaten Sijunjung, baik koperasi, industri usaha mikro  kecil yang tersebar di Kabupaten Sijunjung, pelaku pelaku koperasi usaha kecil menitipkan harapan penuh kepada bapak Hendra Irwan Rahim agar  bisa berjuang untuk menciptakan suasana yang kondusif dalam memajukan perkoperasian ini. 


Dalam momentum sosialisasi perkoperasian hari ini, kami segenap pelaku koperasi usaha mikro kecil menyampaikan terima kasih kepada Ketua Dekopinwil dan Kepala Dinas Koperasi UKM Provinsi Sumbar yang menetapkan Kabupaten Sijunjung salah satu tempat pelaksanaan sosialisasi perkoperasian ini.


Dikatakannya, perkuatan kelembagaan masih sangat dibutuhkan serta pengembangan nilai luhur, prinsip dan karakteristik koperasi tak kalahkan pentingnya, azaz kemanfaatannya  bukan hanya sebatas untung semata. 


Untuk itu kedepannya,  koperasi kita tidak hanya menjalankan usaha simpan pinjam semata, yang perlu diperkuat adalah usaha disektor riil.

Pada saat ini, di Kabupaten Sijunjung mulai muncul koperasi baru yang bergerak riil seperti di sektor perternakan kambing.



Saat ini dibutuhkan adanya regulasi yang berkeadilan untuk pelaku pelaku koperasi, usaha mikro kecil yang selama puluhan tahun belum ada regulasi yang berpihak kepada pelaku koperasi, usaha mikro kecil.


Semoga Bapak Hendra Irwan Rahim diberikan kekuatan, kemudahan dalam memperjuangkan regulasi yang berpihak kepada koperasi serta industri dan UMKM. Demikian yang dapat kami sampaikan saat ini, ujar Rizal Efendi mengakhiri paparannya selaku Wakil Ketua Dekopinda Sijunjung.


#GP | Herman.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS