Jalnibus, S.Pd.MM : Bukik Ponggang Desa Kampung Baru Akan Menjadi Tujuan Wisata yang Menarik - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Jalnibus, S.Pd.MM : Bukik Ponggang Desa Kampung Baru Akan Menjadi Tujuan Wisata yang Menarik

Selasa, September 26, 2023



Sijunjung (SUMBAR).GP- Ratusan masyarakat Desa Kampung Baru Kecamatan Kupitan melaksanakan gotong royong membersihkan lahan destinasi wisata Bukik Ponggang, Selasa (26/9).


Kepala Desa Kampung Baru Jalnibus, S.Pd.MM mengatakan, lahan Bukit Ponggang ini, akan dikembangkan sebagai destinasi wisata Desa Kampung Baru kedepannya.


Dalam gotong royong hari ini, kita telah berhasil membuat gajebo bambu, memasang gapura atau pintu gerbangnya serta pembersihan lahan seluas 100 x 80 meter di area Bukik Ponggang ini.


Dari Bukik Ponggang ini, besok Rabu (27/9) juga akan dijadikan titik shooting "Petuah Minang" program TVRI Sumbar. Disebutkan Jalnibus ada 8 Pituah Minang yang akan di shooting TVRI Sumbar pada beberapa titik di Desa Kampung Baru ini.


Kedelapan Pituah Adat Minang yang akan dishooting TVRI Sumbar besok itu dengan durasinya masing masing 5 menit adalah ;


Pertama " Kepribadian Anak Minang" oleh Epi Radisman Datuak Paduko Alam SH, Ketua LKAAM Sijunjung dengan  lokasi Rumah Gadang.


Kedua "Taimpik Nak di Ateh,  Takuruang Nak di Lua" dengan Nara sumber Dewan Pertimbangan LKAAM Kabupaten Sijunjung, Gafrialdi Sampono Marajo SH,di lokasi Bukik Ponggang.


Ketiga " Pituah Minang Maantaan Mayat KA Kuburan" dengan narasumber Gusrial Kayo Malin SAg, sebagai Malin adat dengan  lokasi Rumah Gadang, Mesjid dan Pandan Pakuburan Guguak Godang.


Keempat"Pituah Pemimpin di Minangkabau dengan Nara sumber Al Jasri Khatib Bungsu sebagai Khatib Nagari dengan lokasi Bukik Ponggang.


Kelima  "Pituah Turun ke sawah dan berkauo adat" dengan narasumber Zulkifli Usrah Monti Nangkodo Bajuang sebagai Monti Nagari dengan lokasi Guguak Godang dan Bukik Ponggang.


Keenam "Pituah Rang Sumando di Minangkabau" oleh  H. Arliyus Sutan Rajo Alam sebagai Ninik Mamak dengan lokasinya di Bukik Ponggang.


Ketujuh "Pituah Marantau Bujang Dahulu" dengan Nara sumber Nafri Saldi M Ag, Sekretaris LKAAM Sijunjung dengan lokasi Bukik Ponggang.


Kedelapan "Pituah Seni dan Budaya Minangkabau"  Nara sumber Jalnibus SPd, MM, Penggiat Budaya dengan lokasi Pentas Seni  SDN 2 Kampung Baru.


"Di Bukit Ponggang kedepannya akan dibangun pasilitas yang berkaitan dengan menunjang kegiatan kepariwisataan, sehingga nanti Bukik Ponggang akan menjadi tujuan wisata  yang menarik. Insya Allah yang berkunjung kesini akan memiliki kesan menarik, karena kemanapun memandang dari Bukik Ponggang sangat menyenangkan mata," ujar Jalnibus.


"Kita berharap dukungan, doa restu dan kerjasama seluruh masyarakat baik yang bermukim di Kampung halaman maupun yang berada di perantauan dalam mewujudkan Bukik Ponggang sebagai salah satu destinasi wisata Kebupaten Sijunjung," katanya.


#GP | Herman .


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS