Pemerintah Desa Kampung Baru Adakan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Lembaga Adat. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Pemerintah Desa Kampung Baru Adakan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Lembaga Adat.

Selasa, September 19, 2023



Sijunjung (SUMBAR).GP- Pemerintah Desa Kampung Baru Kecamatan Kupitan, mengadakan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Ninik Mamak Lembaga Adat selama tiga hari tanggal, 19-21 September 2023 di Aula Los Pasar Desa Kampung Baru.



Kepala Desa Kampung Baru Jalnibus, S.Pd.MM kepada media, Selasa (19/9) mengatakan, kegiatan pelatihan ini diikuti oleh 30 orang peserta terdiri dari unsur Pangulu, Monti, Dubalang, Pandito, Tungganai, Imam, Khatib dan Bilal Adat.


Bertindak sebagai nara sumber dalam kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas lembaga adat ini, Camat Kupitan Zainuddin SE dengan paparan Kebijakan Pemerintah Daerah,  Pendamping Desa Vivi,ST, terkait dengan Regulasi dan program Kemendes tentang hal Pemberdayaan Masyarakat.



Berikutnya, Kasi Pemberdayaan Ramadial,ST, menyampaikan terkait Peningkatan Kapasitas Lembaga Adat Desa,  Wakil Ketua LKAAM Propinsi Sumbar Epi Radisman Paduko Alam SH, terkait Sengketa Adat dan Persidangan Sengketa Adat dan  Ketua LKAAM Kecamatan IV Nagari, H Gafrialdi Sampono Marajo SH, yang juga  Dewan Kehormatan LKAAM Sijunjung terkait Tupoksi Ninik Mamak di Salingka Nagari.


Hadir dalam acara pembukaan  

Camat Kupitan, Babin Kamtibnas, Babinsa, Pendamping Desa, Nara Sumber,  Ketua Lembaga Desa dan Bundo Kanduang.



Camat Kupitan Zainuddin dalam sambutan pada saat pembukaan mengatakan, kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas Ninik mamak dan Alim ulama ini adalah realisasi dari UU Desa no 6 th 2014 dan Permendagri no 18 THN 2018, sehingga sudah ada Surat Keputusan lembaga Adat Desa Kampung Baru oleh Kades Kampung Baru.


Dikatakannya,  ninik mamak memiliki peranan penting dalam peningkatan pembangunan dan kemajuan desa kedepannya. Pelatihan peningkatan kapasitas ini bertujuan menambah wawasan dan kopetensi ninik mamak sehingga nanti  memiliki kemampuan yang handal dalam menangani dan menyelesaikan  kasus kasus adat Istiadat salingka nagari.


Ketua pelaksana Kasi Pelayanan Amrizal Mantari Koto menyampaikan,  kegiatan pelatihan ini diikuti oleh  30 orang  terdiri dari unsur  Datuak 7 org,  Monti 4 orang, Dubalang 5 orang,  Pandito 5 orang, Imam,khatib ,Bilal 3 orang dan Tungganai 6 orang.


#GP | Herman


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS