Anggota IX DPR RI Drs.Darul Siska : Cegah Stunting Dalam Upaya Mewujudkan Generasi Emas 2045. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Anggota IX DPR RI Drs.Darul Siska : Cegah Stunting Dalam Upaya Mewujudkan Generasi Emas 2045.

Sabtu, September 30, 2023



Sijunjung (SUMBAR).GP- Anggota Komisi IX DPR RI Drs.H.Darul Siska menegaskan, stunting kini mengancam generasi yang akan datang,  karena akan menjadi suatu individu yang tidak bersaing dan akan menjadi beban bagi individu-individu lainnya. 

Stunting ini harus ditekan semaksimal mungkin.  Angka stunting di Kabupaten Sijunjung mencapai 30%. Persentase tersebut dapat diasumsikan bahwa  30 orang anak  dari 100 orang,  menderita stunting, kata Darul Siska ketika memberikan sambutan saat Sosialisasi Gerakan masyarakat hidup sehat cegah stunting menuju generasi emas 2045 di Unggan, Kecamatan Sumpur Kudus, Sabtu (30/9).


Disampaikan Darul Siska putera Talawi, Kota Sawahlunto, jumlah tersebut cukup mengkhawatirkan karena jumlah angka tersebut,  diatas rata-rata stunting tertinggi di provinsi yaitu di peringkat 3 Sumbar. 


Penekanan stunting menjadi fokus pemerintah hingga saat ini,  agar maksimal. "Oleh sebab itu saya mengajak masyarakat dan semua lembaga yang  berkepentingan saling bergandeng tangan untuk menyukseskan penekanan angka stunting di Kabupaten Sijunjung ijunjung," ungkap Darul Siska


Jika stunting dibiarkan maka akan menjadi kemunduran generasi bangsa Indonesia. Jika angka stunting bisa ditekan, generasi muda kita kedepan akan lebih kuat fisiknya , kuat imannya, luas pengetahuannya, dan tinggi keterampilannya," lanjut Darul Siska mengingatkan.


Menurut Ketua tim penghubung Darul Siska di Kabupaten Sijunjung, Oktaria pada kegiatan Germas program kerjasama Komisi IX DPR RI dengan Poltekkes Kemenkes Padang itu juga dilakukan pemeriksaan kesehatan kepada masyarakat, seperti cek darah, cek tensi, cek kolesterol serta ukur tinggi dan berat badan.



Pada kesempatan tersebut, Darul Siska juga menyatakan dirinya menjadi ayah angkat untuk 3 anak stunting di Nagari Unggan dengan memberikan dana bantuan tersebut kepada Kepala Puskesmas Sumpur Kudus , beserta makanan  ibu hamil dan makanan balita untuk dibagikan guna  pencukupan gizi dalam pencegahan stunting.


Kegiatan Germas yang dipusatkan di Nagari Unggan tersebut,  dibagi menjadi 2 sesi yaitu sesi pertama pesertanya  berasal dari Nagari Unggan dan sebagian Nagari Silantai, sedangkan pada sesi kedua di siang harinya, peserta nya berasal dari Nagari Sumpur Kudus dan sebagian dari Nagari Silantai dengan total peserta sebanyak 600 orang. 


Ikut hadir mendampingi Anggota DPR RI Darul Siska tersebut, Wakil Direktur 2 Poltekes Kemenkes Padang, Dr. Irmawartini S.Pd., M.Km.,  Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sijunjung, drg. Ezwandra M.Sc dan Sub Koordinator Penyuluh Kesehatan, Rinny P Yuswir S.ST., Wali Nagari Unggan, Sisyoni Gusmanto , Wali Nagari Sumpur Kudus, Syarijal S. Ag dan  Anggota Komisi II DPRD Kabupaten  Sijunjung Yusnidarti, MH


Menurut Oktaria,hari Minggu, 1 Oktober 2023 besok Pak Darul Siska yang juga kembali maju sebagai anggota DPR RI via Partai Golkar juga akan melanjutkan sosialisasi tentang kesehatan masyarakat berkerja sama dengan BPJS Kesehatan di Gedung Kesenian Pemuda dan olahraga Tanparungo pukul 8.00 sampai dengan pukul 11.00 wib.


Dan pada siang harinya, Minggu (1/10)  itu juga dilakukan kegiatan sosialisasi keluarga berencana dan keluarga sehat di SDN 11 Tanjung Bonai Aur yang kerjasama dengan BKKBN," papar Oktaria.


#GP | Herman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS