SDN 2 Kampung Baru Akan Produksi Tari Berjudul "Garah Sajalo" Dalam Program GSMS Tahun 2023 - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

SDN 2 Kampung Baru Akan Produksi Tari Berjudul "Garah Sajalo" Dalam Program GSMS Tahun 2023

Rabu, Agustus 30, 2023



Sijunjung (SUMBAR).GP- Pemerintah Desa Kampung Baru bersama, Ketua Komite dan Wali Murid serta Kepala serta Guru SDN 2 Kampung Baru Kecamatan Kupitan merasa bangga dan bahagia dengan dicantumkannya SDN 2 Kampung Baru sebagai penerima program Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) pada tahun 2023 ini.


Demikian Kepala Desa Kampung Baru Jalnibus, S.Pd.MM mengungkapkan perasaannya itu kepada media Goparlement, Rabu (30/8).


Dikatakannya, untuk kelancaran proses pelatihan berkaitan dengan GSMS tersebut, para Wali murid bersama komite SDN 2 Kampung Baru yang dipimpin Ketuanya Syahrial Malin Batuah, S.Ag akan siap siaga  menyiapkan properti kelengkapan untuk tari "Garah Pajalo" yang akan diproduknya dalam kegiatan GSMS.


Dikatakan Jalnibus, menurut informasi yang diterima dari Kasi yang membidangi ini Tasrial Efendi M.Pd, mengatakan, untuk tahun ini 2023 ada 25 sekolah sebagai pelaksana GSMS di Sijunjung, 20 sekolah  mendapat program  dari Kemendikbud, sedangkan 5 sekolah didanai oleh Pemda Sijunjung sebagai dana pendamping program ini.


"Maka dalam sejumlah tersebut, satu diantaranya adalah SDN 2 Kampung Baru Kecamatan Kupitan," ucap Jalnibus kepada media Rabu (30/8) malam. 


Dikatakan Jalnibus, berangkat dari isu sosial,  dimana sungai tidak lagi menjadi tempat yang menarik bagi generasi sekarang yang berdampak kepada kurangnya kepedulian generasi muda terhadap lingkungan,  khususnya lingkungan sungai. Dan berpijak dari tari tradisi, tari "Jalo" dan kearifan lokal masyarakat Sijunjung yang dekat dengan sungai, pengkarya bermaksud menyajikan sebuah pertunjukan tari kreasi baru untuk mendekatkan kembali generasi muda dengan kehidupan di sungai, melalui properti "Jalo" dan "rakit"  yang di sesuaikan dan di kombinasikan dengan permainan anak- anak, dituangkan kedalam pertunjukan sendratari yang berjudul "Garah Sajalo"


"Untuk membidani lahirnya tari kreasi baru berjudul "Garah Sajalo" di SDN 2 Kampung Baru telah ditetapkan petugas GSMS nya, Yola Oksandra SPd, salah seorang Seniman yang juga Pegiat Seni aktif di Sanggar Seni Puti Junjung di  Kabupaten Sijunjung, sedangkan asistennya  Lena Roza, S. Pd guru SDN 2 Kampung Baru," ucap Jalnibus


Menurut Kasek SDN 2 K Baru, Herlina Kardiman SPd, kita bersama Komite SDN 2 Kampung Baru, sangat berterima kasih atas di beri kesempatan SD kita sebagai salah satu sekolah penerima program GSMS tahun 2023 ini.


"Kami  telah tetapkan 21 anak murid untuk mengikuti  program ini, bahkan Komite menyiapkan properti kebutuhan tari kreasi Garah Pajalo ini semuanya. Kami ucapkan terima kasih banyak atas peran komite SDN 2 Kampung Baru dipimpin Bapak Syafrial Malin Batuah,S.Ag," ujar Herlina.


"Untuk pelaksanaan latihan  tari kreasi baru dalam program GSMS diadakan 3 kali dalam seminggu setiap hari Senin, Rabu dan Sabtu dengan 19 kali pertemuan," ucap Herlina.


#GP | Herman 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS