Kadis Pertanian Ir. Ronaldi Panen Pisang Kepok Tanjung di BPP Kecamatan IV Nagari - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Kadis Pertanian Ir. Ronaldi Panen Pisang Kepok Tanjung di BPP Kecamatan IV Nagari

Kamis, Agustus 10, 2023



Sijunjung (SUMBAR).GP- Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung Ir. Ronaldi melakukan panen Pisang Kepok Tanjung di lahan Demonstrasi Plot (Demplot) Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan IV Nagari pada Rabu (9/8/2023). 


Kadis Pertanian Ir. Ronaldi didampingi Sub Koordinator Ketenagaan Azneldi, A.Md bersama penyuluh pertanian melakukan panen pisang unggulan tersebut, yang ditanam pada tahun lalu.


"Pisang adalah alternatif yang menguntungkan dikembangkan pada lahan pekarangan milik petani" ujar Ronaldi. 


Lahan Demplot BPP Kecamatan IV Nagari yang beralamat di Jalan Adinegoro, Nagari Muaro Bodi saat ini memiliki koleksi tiga jenis pisang unggulan, pisang Kepok Tanjung, Barangan Merah dan Ameh Pasaman yang telah dikembangkan di berbagai lokasi. 


"Pisang Kepok Tanjung adalah jenis pisang tanpa jantung, inovasi Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika dan telah dikembangkan di berbagai sekolah," ungkap Koordinator BPP Kecamatan IV Nagari Adpi Gunawan, SST.


Dalam satu tandan, pisang tersebut menghasilkan hingga 200 butir lebih dengan berat total mencapai 50 kilogram dan harganya sangat menjanjikan (Rp. 700,-) dengan masa tunggu lebih kurang sepuluh bulan.


Sejak beberapa waktu lalu, Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung tengah giatnya melakukan pengembangan tanaman pisang  dan mendapat respon positif ditengah masyarakat. 


"Pisang cocok dikembangkan di pekarangan, untuk lahan skala luas, saat ini kelapa sawit adalah primadona, karena bisa diintegrasikan dengan jagung saat Tanaman Belum Menghasilkan (TBM) dan dengan ternak sapi setelah Tanaman Menghasilkan (TM)," lanjut Ronaldi.


#GP | Herman  | AG 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS