Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir resmikan Gebyar Semarak HUTRI ke 78 tahun 2023, Berikut pesannya. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir resmikan Gebyar Semarak HUTRI ke 78 tahun 2023, Berikut pesannya.

Senin, Juli 31, 2023


Sijunjung (SUMBAR).GP-  "Tidak terasa bahwa sudah 78 Tahun kita Merdeka dari penjajahan bangsa asing. Tak terasa pula bahwa negara kita ini mengalami banyak perkembangan dan lika liku dalam mempertahankan dan menghayati kemerdekaan ini. Kita sebagai generasi penerus tentunya berkewajiban untuk mengisi kemerdekaan ini dengan tujuan sebagaimana yang telah diamanahkan dalam pembukaan UUD 1945".


Demikian Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir mengawali sambutannya pada Lounching Gebyar Semarak HUTRI ke 78 tahun 2023 di Lapangan Prof. M.Yamin, SH, Senin (31/7).


Hadir dalam Lounching Gebyar Semarak HUTRI ke 78 itu, Wakil Bupati Sijunjung Irradatillah, Ketua DPRD dan anggota, Unsur Forkopimda Sijunjung, Ketua PN Muaro, Ketua PA Sijunjung, Sekdakab Dr.Zefnihan, AP.M.Si., Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD, Para Kabag, Pimpinan Instansi Vertikal, Pimpinan BUMN/BUMD, Ketua TP PKK dan Ketua GOW Kabupaten Sijunjung, Pimpinan Organisasi dan anggota, Pejabat Esselon III, Pejabat Fungsional tertentu, ASN, Pemkab Sijunjung, TNI dan Polri dan undangan lainnya.


Lebih lanjut Bupati menyampaikan, bupati mengajak dan menghimbau kepada  semua masyarakat Sijunjung untuk ikut secara aktif berpartisipasi  memeriahkan HUTRI ke 78 Tahun 2023 dengan tindak lanjut sebagai berikut;


Pertama, memasang dan mengibarkan Bendera Merah Putih mulai tanggal 1 Agustus sd 31 Agustus 2023 baik di instansi dan sekolah maupun di rumah rumah masyarakat.


Kedua, memasang mawara, umbul - umbul dan spanduk pada masing - masing kantor/instansi/sekolah dengan menggunakan tema  dan logo HUTRI Ke 78 Tahun 2023.


Ketiga, meningkatkan K3 di lingkungan kerja dan tempat tinggal masing - masing seperti kebersihan kantor dan komplek rumah dinas dengan mengadakan gotong royong bersama staf atau melalui Aksi Jumpa Berlian (Jum’at Pagi Bersihkan Lingkungan Anda) atau GPS 3R (Gerakan Pengurangan Sampah Reduce, Reuse, Recycle). 


Keempat, melaksanakan kegiatan memeriahkan peringatan HUTRI di kantor/instansi/sekolah masing - masing dengan sederhana dan penuh makna seperti family gathering yang dilaksanakan di kantor/instansi atau di tempat objek wisata yang ada di Kabupaten Sijunjung dan kegiatan yang lainnya.  


"Pada acara Gebyar Semarak HUTRI ke 78 Tahun 2023, tadi telah sama sama kita saksikan penyerahan secara simbolis Tas Guna Ulang, penyerahan Sertifikat Penghargaan atas partisipasi dan kontribusi dalam Pengurangan Sampah Plastik serta Penandatanganan Komitmen Bersama Gerakan Sijunjung Bersih Tahun 2023 dalam rangka mendukung Geopark Ranah Minang Silokek Menuju Unesco Global Geopark (UGGp). Kegiatan ini merupakan salah satu upaya kita untuk menjaga lingkungan dari masalah sampah plastik dan disinergikan upaya untuk mewujudkan Geopark Ranah Minang Silokek yang berwawasan lingkungan menuju Unesco Global Geopark berskala Dunia," tegas Benny


Untuk mendukung dan melaksanakan Gerakan Sijunjung Bersih diharapkan semua pihak melakukan tindakan nyata menjaga kebersihan masing-masing lingkungan, baik dirumah maupun di kantor, mari kita tumbuhkan kembali budaya gotong royong dalam menjaga kebersihan lingkungan, mengurangi timbulan sampah dengan cara membawa tas belanja sendiri/ tas guna ulang, membawa botol minuman/tumbler.


Diharapkan juga untuk mengurangi  makanan dan minuman  yang berkemasan plastik, menggunakan kembali sampah baik untuk fungsi yang sama maupun untuk fungsi  yang lain,  melakukan pemilahan sampah dari sumbernya, melakukan daur ulang sampah dan memanfaatkan kembali sampah setelah didaur ulang.


"Kita berharap dari seluruh rangkaian kegiatan  Gebyar Semarak Peringatan HUTRI ke 78 tahun 2023 ini dapat dilaksanakan dengan meriah, tertib, aman, lancar dan sukses,"  ungkap Benny.


Kepala Bagian Pemerintahan Sekdakab Roni Sudirman , S.STP selaku Sekretaris Umum Kepanitiaan HUTRI ke 78 tingkat Kabupaten Sijunjung dalam laporannya menyampaikan,   Tema Peringatan HUTRI ke 78 Tahun 2023 adalah “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju” sesuai dengan surat Menteri Sekretaris Negara Nomor B-523/M/S/TU.00.04/06/2023,


Dikatakan Roni Sudirman , rangkaian pelaksanaan peringatan HUTRI ke 78 Tahun 2023 diawali dengan Launching Gebyar Semarak Peringatan HUTRI ke 78 dengan acara,  penyerahan Simbolis Atribut Pelatihan Paskibraka Kabupaten Sijunjung Tahun 2023,  penyerahan Simbolis Tas Guna Ulang kepada Bank Sampah.


Penyerahan Sertifikat Penghargaan kepada BUMN/BUMD atas partisipasi dan kontribusi dalam pelaksanaan Kampanye Pengurangan Sampah Plastik.


Berikutnya, penandatanganan Komitmen Bersama Gerakan Sijunjung Bersih 2023,  dalam Rangka Mendukung Geopark Ranah Minang Silokek Menuju Unesco Global Geopark (UGGp).


Selain itu juga dilaksanakan Senam Bersama oleh peserta upacara Gebyar Semarak Peringatan HUTRI ke 78 tahun 2923 dan  penampilan Tari Batingkah Langkah Balukah dari SDN 4 Mundam Sakti Kecamatan IV Nagari dan penampilan Tari Garik Garak Tanduak dari SMPN 7 Sijunjung.


Dari pantauan media pagi ini, terlihat senam bersama berlangsung sangat meriah dangan penampilan kostum  warna merah putih melambangkan nuansa ke Indonesiaan.


Selain itu, terpantau kegiatan Pemeriksaan Kesehatan dan Tes Kebugaran, Donor Darah dan Stand Kuliner mendapat kunjungan yang ramai sekali, nampak para ASN antrian yang cukup panjang untuk mengikuti cek kesehatan dan pada loket donor darah juga demikian antusias menunggu gilirannya.



#GP | Herman 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS