Ketua Dekopinda Kabupaten Sijunjung Drs.Muchlid Anwar, SE., MM : Lomba Pidato dan Cerdas Cermat Tentang Koperasi Memberikan Pengayaan Kepada Generasi Muda. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Ketua Dekopinda Kabupaten Sijunjung Drs.Muchlid Anwar, SE., MM : Lomba Pidato dan Cerdas Cermat Tentang Koperasi Memberikan Pengayaan Kepada Generasi Muda.

Sabtu, Juli 08, 2023





Sijunjung (SUMBAR).GP-  Beberapa hari lagi, Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke 76  akan diperingati, tepatnya pada tanggal 12 Juli 2023. Tahun ini secara resmi Harkopnas menyandang nama sebagai Hari Koperasi Indonesia (HKI). Untuk itu Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) telah merilis tema dan logonya keseluruhan daerah Kabupaten dan Kota di Republik Indonesia ini.

Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) mengusung tema Hari Koperasi Indonesia ke-76 tahun 2023 adalah "Membangun Koperasi Berbasis Kearifan Lokal Menuju Ekonomi Gotong Royong yang Mandiri, Modern, dan Berdigital".


Dalam suasana peringatan Hari Koperasi Indonesia (HKI) ke 76 tahun 2023 ini, media Goparlement melakukan wawancara khusus dengan  Ketua Dekopinda Kabupaten Sijunjung, Drs.Muchlis Anwar, SE.MM secara khusus tentang problema  perkoperasian Kabupaten Sijunjung daerah yang dijuluki Lansek Manih ini, berikut pertama wawancaranya;

GP   : Bagaimana pandangan Bapak,  selaku Ketua Dokopinda jalannya organisasi koperasi dewasa ini di Kabupaten Sijunjung dalam menunjang perekonomian masyarakat.

Muchlis :  Dari segi keaktifan kondisi perkoperasian di Kabupaten Sijunjung saat ini cukup bagus, dari data yang ada 70 % dari koperasi yang ada di daerah ini masih di kategorikan sebagai koperasi sehat, yang artinya  koperasi tersebut berjalan cukup bagus. Setidaknya koperasi koperasi tersebut aktif karena telah bisa melaksanakan rapat anggota tahunan (RAT) setiap tahunnya. Namun dari sisi kondisi usaha sebahagian besar dari koperasi tersebut menghadapi kendala usahanya , terutama pada saat pandemi kemarin yang sangat berdampak kepada usaha yang dikelola oleh koperasi.
Sebahagian besar dari koperasi yang baik dan aktif tersebut adalah koperasi pegawai Republik Indonesia (KPRI)  koperasi pegawai negeri yang dominan usahanya simpan pinjam. Sedangkan koperasi produktif, dan konsumen dari masyarakat  ini jalanya terseot seot.

GP  : Kira kira apa yang menjadi penyebab secara umum,  terjadi  gagalnya atau  tidak  terlaksananya RAT tepat waktu bagi organisasi Koperasi ?

Muchlis :  Menurut hemat saya setidaknya ada 4 persoalan mendasar kenapa koperasi  tidak aktif  dan gagal melaksanakan RAT setiap tahunya;

Pertama, kualitas dan kemampuan pengurus. Pengurus tidak memahami cara mengelola  yang baik  suatu koperasi. Mereka sekedar menjalankan tugas karena ditunjuk sebagai pengurus oleh anggota. Sementara mereka tidak tahu tentang kewajiban pengurus, ini sangat banyak kita temui di koperasi di daerah ini.

Kedua, kesadaran dan partisipasi anggota relatif sangat kurang.

Ketiga, kemajuan Tehnologi dan Informasi  mengakibatkan koperasi tertinggal karena enggan menyesuaikan. Koperasi di kelola secara manual dan tradisional. Sehingga koperasi selalu kalah dalam persaingan.

Keempat, rendahnya pertumbuhan Regulasi yang di butuhkan oleh satu koperasi.

GP  : Apa yang diharapkan dari pelaksanaan lomba Cerdas Cermat dan   lomba pidato koperasi antar siswa SLTA dalam pertimbangan Hari Koperasi Indonesia (HKI) ke 76 tahun 2023 ini ?

Muchlis :  Yang diharapkan dengan lomba pidato dan cerdas cermat bagi siswa SLTA adalah pengayaan generasi muda dan penerus tentang koperasi, baik sebagai prinsip maupun sebagai lembaga usaha.

Saat ini persoalan kurangnya pengetahuan masyarakat, terutama generasi milenial tentang koperasi sangat kurang, untuk itu diberikan pembelajaran koperasi melalui retorika dan  kompetisi.  Dari sana nanti kita sangat berharap akan timbul rasa memiliki, menyayangi dan sikap percaya kepada koperasi dari generasi milenial.

#GP | Herman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS