Dr.Khairuddin, M.Kes, AIFO, CIRR, CUIQA, CIT : Mari Mulai Perencanaan Tindakan Preventif Pencegahan Stunting Dari Desa Kampung Baru - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Dr.Khairuddin, M.Kes, AIFO, CIRR, CUIQA, CIT : Mari Mulai Perencanaan Tindakan Preventif Pencegahan Stunting Dari Desa Kampung Baru

Kamis, Juli 06, 2023



Sijunjung (SUMBAR).GP- Dosen FIK UNP Padang, Dr.Khairuddin, M.Kes, AIFO, CIRR, CUIQA, CIT yang juga Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) mahasiswa KKN UNP Padang,  menjadi Nara sumber dalam kegiatan sosialisasi stunting di Aula Kantor Desa Kampung Baru, Kecamatan Kupitan, Kamis (6/7).


Kegiatan yang dimulai pukul 16.00 wib itu diikuti oleh peserta yang terdiri dari calon pengantin (Catin)  dan anggota  PIKR 10 orang,  Kader Posyandu 30 orang, Perangkat Desa 15 orang dan  mahasiswa KKN UNP 29 orang.


Dalam kesempatan tersebut,  Khairuddin memaparkan hal hal yang terkait dengan isu strategis stunting, berdasarkan peraturan presiden (Perpres)  no 72/2021 tentang percepatan penurunan Stunting.



Ditegaskan, Khairuddin, dari data yang ada dimana Kabupaten Sijunjung termasuk   daerah beresiko stunting, untuk itu mari  kita mulai dari Desa Kampung Baru ini, melakukan perencanaan tindakan preventif pencegahan stunting kedepan.


"Mari kita hadirkan catin , kader dan Perangkat Desa sebagai ujung tombak dalam sosialisasi dan  mempelopori antisipasi stuting  kedepannya,  agar Desa dan Kabupaten Sijunjung bisa  menurun angka stunting tersebut, kalau kalau perlu Zero," harap Khairuddin.


Dikatakan Khairuddin, dampak  jangka pendek stunting itu antara lain,  terganggunya perkembangan otak,  kecerdasan berkurang, gangguan pertumbuhan fisik dan gangguan metabolisme dalam tubuh, sedangkan dampak jangka panjangnya adalah, menurun kemampuan kognitif dan prestasi belajar, menurun kekebalan tubuh sehingga mudah terpapar penyakit dan 

meningkat resiko memiliki penyakit diabetes, obesitas, penyakit jantung, pembuluh darah, kanker ,stroke dan disabilitas pada usia tua.



Kepala Desa Kampung Baru Jalnibus, S.Pd.MM dalam kata sambutannya mengatakan,  kegiatan sosiasilasi Stunting ini terlaksana atas kolaborasi  pemerintah desa dengan mahasiswa KKN UNP Padang di Desa Kampung Baru.


"Meskipun  sudah di rencanakan lebih awal disebab karena kegiatan ini sangat penting dan dibutuhkan oleh masyarakat saat ini, saat ini kita singkron dengan kegiatan mahasiswa KKN,  semoga sosialisasi ini menjadikan kegiatan bernilai dan bermakna bagi masyarakat kita," ungkap Jalnibus.



Sedangkan  Generasi Muda PIKR Bukit Iban yang diwakili oleh Isranaldi, mengungkapkan bahwa kegiatan sosialisasi hari ini  sangat bermanfaat bagi kami generasi muda dan anggota PIKR  Desa Kampung Baru yang telah  menambah wawasan dan ilmu bagi kami kedepannya.



#GP | Herman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS