Sebanyak 30 Mahasiswa UNP Padang Akan Ber-KKN di Desa Kampung Baru - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Sebanyak 30 Mahasiswa UNP Padang Akan Ber-KKN di Desa Kampung Baru

Selasa, Juni 13, 2023



Sijunjung (SUMBAR).GP- Sebanyak 30 Mahasiswa UNP Padang, terdiri dari 21 mahasiswi dan 9 mahasiswa  akan melakukan kegiatan kuliah kerja nyata (KKN)  2023, di Desa Kampung Baru, Kecamatan Kupitan  dari tanggal  19 Juni hingga 19 Juli 2023 mendatang.


Demi kelancaran program Kuliah Kerja Nyata (KKN) itu, telah dilaksanakan temu ramah  pengurus kelompok KKN beserta Dosen Pembimbing Dr Khairudin M.Kes  dengan Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama bersama Kades, Perangkat Desa serta Bundo Kandung di kantor Desa, Selasa (13/6).




Demikian Kepala Desa Kampung Baru Jalnibus, S.Pd.MM menyampaikan kepada media Goparlement via WhatsAppnya, Selasa (13/6) malam.



Beberapa resume dari  tokoh masyarakat yang  hadir sudah dihimpun oleh ketua kelompok mahasiswa  KKN  M. Zaki Faturrahman dan akan disusun dan  digodok menjadi program kerja KKN di Desa Kampung Baru nantinya. 


Pertemuan ini  dimulai pukul 13.30 sampai dengan pukul  16.00 wib berlangsung penuh dengan meriah dan ke- akraban antara mahasiswa dengan tokoh tokoh masyarakat.  "Semoga apa yang telah kita himpun hari  ini bisa menjadi program kerja mahasiswa KKN nantinya,"  ujar Ketua KKN Desa Kampung Baru M.Zaki Faturrahman.


Dr Khairudin M Kes  menyampaikan dalam pertemuan ini, bahwa Pelepasan Mahasiswa UNP ini akan dilangsungkan secara virtual oleh Rektor UNP bersama Gubernur pada hari Minggu 19 Juni 2023 di Komplek Kampus UNP Air Tawar.


Lebih lanjut kepada mahasiswa yang Ber-KKN diharapkannya, agar selalu menjaga nama baik  Almamater Kampus, dan pandai  menyesuaikan diri di lingkungan Desa Kampung Baru ini.


"Dimano Bumi dipijak disitu  langik dijujuang ( Dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung- Red) harus bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan,  jangan sampai melanggar norma adat serta kearifan lokal dan budaya setempat,"  imbuh beliau.


Sedangkan Tokoh Masyarakat Desa Kampung Baru,  Zulkifli Usrah Monti Nangkodo Bajuang pada kesempatan tersebut memberi apresiasi dan terima kasih atas di tunjuk desa kami sebagai tempat KKN oleh UNP Padang tahun ini,  semoga kegiatan ini berjalan dengan baik.



Menurut Kepala Desa Kampung Baru ke 30 orang mahasiswa tersebut dipimpin oleh Pengurus kelompok dengan Ketua,  M. Zaki Faturrahman, Jurusan Ekonomi Pembangunan, BP 21. Sekretarisnya  Farhan Novaldi, Jurusan Informatika, BP 21 dan  Bendahara  Syaila Salam, Jurusan Akuntansi, BP 21


Pada pertemuan mahasiswa KKN dengan tokoh masyarakat dan Pemerintah Desa Kampung Baru, Selasa tgl 13 Juni 2023, telah di sepakati beberapa resume untuk dijadikan program kerja  (Proker) nantinya  antara lain;


1. Pembuatan Website dan program IT 

2. Pendampingan dan Media Pembelajaran di lingkup Pendidikan di Desa

3. Pembinaan adm  keuangan di lingkup Desa

4. Mendampingi dan memberitakan  kegiatan pelatihan Bundo Kanduang, Peningkatan Kapasitas Ninik Mamak dan Peningkatan Kapasitas Relawan  Desa Siaga Bencana Madya

5. Membuat Artikel  terkait Budaya dan Tradisi Kampung Baru

6. Mendampingi Panitia Qurban Desa

7. Memotivasi dan Inspirasi TPSQ, TPA dan didikan Subuh di Desa

8. Mengaktifkan  kegiatan Rumah Ibadah 

9. Bergabung dengan Posyandu dalam kegiatan Sosialisasi Stunting dan Penanganannya

10. Mengaktifkan K3 Desa.


"Kita berharap, dengan kebersamaan mahasiswa KKN UNP Padang 2023 ini akan menambah bersemangat masyarakat desa dalam mengenjot kegiatan pembangunan di desa ini," papar Jalnibus.


#GP | Herman.



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS