Bunda Paud Ny.Riri Benny Dwifa: Transisi Peserta Didik Dari Paud ke SD haruslah Menyenangkan - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Bunda Paud Ny.Riri Benny Dwifa: Transisi Peserta Didik Dari Paud ke SD haruslah Menyenangkan

Selasa, Juni 13, 2023



Sijunjung (SUMBAR).GP- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung, Bidang Pembinaan Paud dan PNF menyelenggarakan, bimbingan teknis (Bimtek) Desiminasi dan Advokasi Guru Paud dan Guru SD kelas awal di Aula Dinas Dikbud pada  tanggal 12 sampai 14 Juni 2023.

"Kegiatan Bimtek diikuti 100 orang terdiri dari guru SD 70 orang dan guru Paud 30 orang, bertujuan mensosialisasikan agar transisi peserta didik dari Paud ke SD berlangsung dengan suasana  menyenangkan," ucap Kepala Bidang Paud dan PNF Hendri Nurka, S.Sos., M.Si selaku Ketua pelaksana  dalam laporannya.


Lebih lanjut, Hendri Nurka didampingi Kasi Penilaian Paud Delvianti Basri, SE menjelaskan salah satu Nara Sumber dalam kegiatan ini  adalah Bunda Paud Kabupaten Sijunjung Ny.Riri Benny Dwifa yang telah  membuat komitmen bersama Bunda Paud Kabupaten dan Kota se Indonesia dengan Kemendikbud Riset dan Tekhnologi tanggal 6 dan 7 Juni 2023 di Hotel Sultan Jakarta tentang proses transisi Paud SD ini.


"Selain Bunda Paud yang jadi Narasumber dalam kegiatan bimtek ini  adalah Kepala SDN 25 Sijunjung Aslalita, SH., S.Pd., M.Pd dan guru TK Pembina Sijunjung Trirahmi Handayani, S.Pd," papar Delvianti Basri.


Menurut Delvianti Basri, kegiatan bimtek Desiminasi dan Advokasi Guru Paud dan guru SD kelas awal dalam "Mendukung Pelaksanaan Kebijakan Transisi Paud-SD yang menyenangkan"  ini dan buka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung Bapak Puji Basuki, SP.MMA.


Ditegaskan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Bunda Paud Ny.Riri Benny Dwifa kegiatan bimtek ini  salah satunya bertujuan adalah agar guru SD kelas rendah bisa  memahami 3 pondasi awal  transisi Paud SD. 


Ketiga  pondasi yang menjadi kebijakan kementerian saat ini adalah; 

Pertama, tidak boleh menerapkan calistung pada anak untuk masuk SD, 

Kedua, melakukan proses  masa  pengenalan lingkungan sekolah (MPLS)  diawal masuk sekolah dan 

Ketiga, menerapkan proses pembelajaran yang efektif dan menyenangkan dangan  fokus pada seluruh kompetensi pondasi anak.


"Diharapkan transisi peserta didik dari Paud ke SD ini berlangsung dengan baik dan menyenangkan, jangan sampai kebahagiaannya yang dialami semasa Paud menjadi goncang atau hilang sama sekali sesampai di SD," harap Bunda Paud.


Lebih lanjut  Bunda Paud, menyebutkan ada  enam kemampuan  anak  yang harus dicapai bersama tiga pondasi tersebut meliputi; 

1. Mengenal nilai Agama dan Budi Pekerti,

2. Kematangan Emosional,

3. Ketrampilan Sosial dan Bahasa,

4. Pemaknaan terhadap belajar yang positif,

5. Ketrampilan Motorik dan Perawatan diri yang memadai,

6. Serta kematangan kognitif yang cukup dalam belajar.


#GP | Herman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS