Gerakan Pangan Murah Di Pelataran Parkir Gedung Bersama Meriah Dapat Sambutan Dari Pengunjung. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Gerakan Pangan Murah Di Pelataran Parkir Gedung Bersama Meriah Dapat Sambutan Dari Pengunjung.

Senin, Juni 26, 2023



Sijunjung (SUMBAR).GP- Gerakan Pangan Murah (GPM) yang digelar Dinas Pangan dan Peternakan Kabupaten Sijunjung,  di Pelataran parkir Kantor Gedung Bersama, Jalan Pasar Inpres Muaro, Senin (26/6) berlangsung meriah dan dapat sambutan antusias dari pengunjung.

Terlihat para ibu ibu membanjiri stand  pangan murah tersebut, ada yang membeli beras, minyak goreng, pisang kepok , terung dan cabe serta telur ayam dan telur itik, tanpa kecuali jamu tiram segar dan kuliner lainnya pun di jual 



Ketua Pelaksana GPM Kabupaten Sijunjung yang juga Kadis Pangan dan Perikanan Adri, S.Pt. kepada media mengatakan, kegiatan GPM ini dilaksanakan berkaitan  dengan pengendalian inflasi, dalam rangka menstabilkan harga pangan menghadapi  hari raya idul adha 1444 H.


"Hal ini juga memberikan angin segar bagi para petani membenahi pangan daerah kita kedepannya sehingga terwujud " Pangan kuat Negara Kuat," sambung Adri.



Kegiatan ini juga bersamaan dengan pelaksanaan Lounching Gerakan Pangan Murah secara Nasional yang disiarkan secara langsung melalui aplikasi zoom dari Badan Pangan Nasional (BPN) di  Hotel Borobudur Jakarta yang juga hadiri pejabat  Nasional.


Kegiatan ini merupakan kerjasama  Badan Pangan Nasional, Perusahaan Perdagangan Indonesia, Pemda Sumbar Pemda Sijunjung, Bulog dan Bank Sentral Republik Indonesia.


Hadir dalam kegiatan gerakan pangan murah tingkat Kabupaten Sijunjung itu, Asisten Muhadiris, SP.ME, Kadis Pertanian Ir.Ronaldi, Sekretaris Dagperinkop Nasrul, S.Pd. Kabag Ekonomi Sarwo Edi, SH dan Kadis Pangan dan Peringan serta Kabid dan staf  dilingkungannya.


Kelihatan berbagai bahan pangan yang dijual oleh pedagang lokal , UMKM Kabupaten Sijunjung, Bulog Cabang Solok dan Pasar Mitra Tani berupa Toko Tani Indonesia Center (TTIC) Sumatera Barat.


Dari pantauan media di stand pasar murah itu, Makanan Olahan Pangan berupa  rendang jamu tiram Rp10.000,/ons kreispi Rp8.000/1,1 ons.



Bawang merah dijual  Rp 25.000/kg, jamur tiram segar Rp15.000 /  4 ons dan  terung Rp5.000 / kg. Harga beras lokal  Rp13.000/ kg dan beras Solok Rp15.000,/ kg.



Cabe merah dijual Rp20.000 /kg  oleh kelompok tani dari Bulu Kasok seperti yang diungkapkan oleh Yenda Erita bersama Wirdona. Dari penjaga stand, telur ayam Rp    53.000/ lapiek dan  telur itik Rp75.000/ lapiek. Sedangkan  Pisang kepok dijual  Rp3000/2 Sikek, ungkap Welly Herviani, S.Pt penjaga stand BPP Sijunjung.


Seorang pengunjung  Siti Aminur(58) dari Komplek Perumnas Sungai Karang Muaro, mengungkapkan kegiatan operasi murah sangat membantu masyarakat kecil.

 

"Semua harganya memang relatif murah, kalau bisa kegiatan ini bukan hanya satu kali ini saja, minimal diadakan dalam sekali dalam sepekan," lanjutnya 


Menanggapi permintaan masyarakat tersebut,  Kadis Pangan dan Perikanan Adri menyampaikan, bahwa operasi pasar  murah ini dilaksanakan sesuai dari hasil tindak lanjut  pemantauan harga yang kita lakukan secara kontinyu.


"Bila suatu barang sembako cendrung naik  atau bila ketersediaan sembilan bahan pokok terjadi langka  di pasar pasar, baru kita mengadakan operasi pasar ini," ungkap mantan camat itu.


#GP | Herman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS