Kegiatan Budaya Manjapuik Nasi Kuning Desa Kampung Baru Direkam dan divediokan Mahasiswa KKN UNP Padang - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Kegiatan Budaya Manjapuik Nasi Kuning Desa Kampung Baru Direkam dan divediokan Mahasiswa KKN UNP Padang

Selasa, Juni 20, 2023



Sijunjung (SUMBAR).GP- Paginya, Senin (19/6) sejumlah mahasiswa yang Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Kampung Baru Kecamatan Kupitan diserahkan terimakan di Aula Kantor Desa setempat dari Dosen Pembimbing lapangan (DPL) Dr.Khairuddin, M.Kes kepada Kepala Desa Kampung Baru Jalnibus, S.Pd.MM.



Kepala Desa Kampung Baru, Jalnibus S. Pd. MM mengatakan, siangnya mereka langsung  membaur dan menyaksikan kegiatan budaya yang hidup dilingkungan Desa Kampung Baru  berupa; Bararak manjapuik Nasi Kuning, Bararak Maantaan Pambali dari Rumah Marapulai ka rumah anak Daro, prosesi Manjapuik Marapulai,  Tradisi adat di Rumah Marapulai dan Tradisi adat Masih Limbago di Rumah Perempuan.



Semuanya kegiatan itu telah direkam dan divediokan oleh para mahasiswa KKN dari UNP Padang itu.   Kegiatan itu di laksanakan oleh Mahasiswa  KKN pada hari Senin 19 Juni 2023 mulai jam10.00 wib  pagi hingga  pukul 03.30 wib pada Selasa (20/6).


"Ternyata mahasiswa ini dilombakan dalam pembuatan laporan atau dokumen dalam pembuatan Informasi dan Teknologi (IT) oleh Kampusnya," ujar Jalnibus kepada media.



Ketua Kelompok Mahasiswa KKN UNP Padang Desa Kampung Baru, M.Zaky merasa senang dan bahagia menjadi bagian dari mahasiswa KKN UNP Padang di Desa Kampung Baru ini, baru saja diterima oleh Kades paginya, siangnya Senin (19/6) sampai Selasa (20/6) pukul 03.30 wib telah membaur dan beraktivitas mengikuti kegiatan alek budaya setempat.


"Kami sangat bangga dan bahagia dapat merekam dan menvediokan prosesi Bararak manjapuik Nasi Kuning, Bararak Maantaan Pambali dari Rumah Marapulai ka rumah anak Daro,  Manjapuik Marapulai, Tradisi adatdi Rumah Marapulai, Tradisi adat Masih Limbago di Rumah Perempuan ini," ungkapnya.  


"Kegiatan ini telah kami dokumentasikan dalam bentuk video dan foto, tentu akan menjadi dokumen dalam laporan  kegiatan kami selaku mahasiswa KKN UNP Padang nanti,"papar M.Zaky.


#GP | Herman.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS