Govvinda Yuli Efendi Sang Pemuda Pelopor Sumbar: Sampah Membawa Nilai Guna - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Govvinda Yuli Efendi Sang Pemuda Pelopor Sumbar: Sampah Membawa Nilai Guna

Minggu, Juni 25, 2023



Sijunjung (SUMBAR).GP-  Direktur Bank Sampah Berkah Kabupaten Sijunjung, Govvinda Yuli Effendi menjadi Nara Sumber dalam bulanan anggota PKK Nagari Tanjung Bonai Aur Selatan, Kecamatan Sumpur Kudus, di Aula Kantor Desa setempat, Kamis.



Pertemuan bulanan PKK Nagari Tanjung Bonai Aur Selatan itu mengangkat tema "Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manuasia Bagi Warga Nagari" dihadiri Ketua TP PKK Kabupaten Sijunjung Ny.Riri Benny Dwifa dan anggotanya serta Pengurus TP PKK Kecamatan Sumpur Kudus.


Govvinda Yuli Effendi, sang Pemuda Pelopor bidang Pengelolaan Sumber Daya Alam, Lingkungan dan Pariwisata tahun 2023 Provinsi Sumbar itu menyampaikan materi berjudul  "Sampah Membawa Nilai Guna"


Menurut, Igove panggilan sang pemuda polopor itu, dampak sampah yang tidak terkelola atau di buang di sembarang tempat  dapat mempengaruhi  beberapa hal,  diantaranya berupa  bencana alam, gangguan pada kesehatan, sampah juga salah satu penyebab stunting pada anak.


"Justeru itu, sampah sampah yang ada baik di rumah tangga, lingkungan rumah makan atau lingkungan masyarakat perlu di kelola dengan baik," ujar Sri Kandi Kota Muaro itu.



"Prinsip pengelolaan sisa sampah sampah itu  bedasarkan (3 R)  reduce(mengurangi) reuses (menggunakan kembali) recycle (daur ulang)," paparnya.


Jadi sampah itu dapat menjadi nilai guna dengan cara; Pertama ditabungkan di Bank sampah, dimana sampah yang sudah dipilah ditabungkan bank sampah yang ada. "Nanti masyarakat dapat  menerima keuntungan berupa uang dari hasil menabung sampah tersebut," lanjutnya.


"Sampah organik malah dapat dibuat  pupuk kompos dan dari sampah sampah itupun,  kita bisa belajar   membuat kerajinan tangan atau industri rumah tangga seperti sampah plastik dan kain perca bisa menjadi sauvenir bernilai rupiah sebagai penambah rezeki  buat ibu ibu rumah tangga," jelas Igove.


Dari pantauan media, kelihatan para anggota PKK Nagari Tanjung Bonai Aur Selatan tampak terkesima, mendengarkan dan berkomentar sesamanya dan mengaku memang banyak sampah yang bisa dimanfaatkan bila dikelola dengan baik.



#GP | Herman.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS