Usman Gumanti, S.Pd.MM Terpilih Sebagai Ketua PDM Kabupaten Sijunjung. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Usman Gumanti, S.Pd.MM Terpilih Sebagai Ketua PDM Kabupaten Sijunjung.

Minggu, Mei 28, 2023

 


Sijunjung (SUMBAR).GP- Usman Gumanti, S.Pd.MM Terpilih Menjadi Ketua Pimpinan Daerah  Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Sijunjung Periode 2022-2027 dalam Musyawarah Terpadu ke 14 Muhammadiyah Aisyiyah Nasyiatul Aisyiyah di SKB Muaro, Minggu (28/5).

Musda Terpadu ke 14 Muhammadiyah Aisyiyah dan Nasyiatul Aisyiyah dibuka secara resmi oleh Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sumbar diwakili Dr.Kijal Atri Tanjung, SH.MH di lokasi Pembangunan Masjid Muhammadiyah Kabupaten Sijunjung di Palangki, Sabtu (27/5).


Khusus Pemilihan Pimpinan Daerah Muhammadiyah dilaksanakan di SKB pukul 14.00 siang diawali dengan musyawarah pimpinan (muspin) dengan agenda pertama menetapkan tata tertib musda, berikutnya pleno penyampaian laporan pertanggungjawaban PDM periode 2915-2022 dengan kesimpulan laporan pertanggungjawabannya diterima oleh peserta.


Selanjutnya sidang dilanjutkan oleh Panitia Pemilihan  yang dipimpin Taufiqurrahman dengan dua anggota lainnya, setelah PDM lama  dinyatakannya demisioner untuk menerima, dan memverifikasi keabsahan persyaratan bakal calon pimpinan daerah periode 2022-2027.



Mengingat sampai pukul 17.00 wib, Sabtu (27/5)   bakal calon yang masuk belum sampai 13 orang. Kelihatannya para peserta musda kurang bersemangat untuk mencalon diri,  menjadi bakal calon pimpinan, sedangkan menurut ketentuan setidaknya ada  bakal calon   3 kali lipat dari yang dibutuhkan yakni 3 x 13 orang atau 39 orang.


Dalam kondisi yang demikian, PWM  Sumbar  yang bertugas mendampingi musda Muhammadiyah Kabupaten Sijunjung ini,  memberikan pengarahan, bimbingan dan motivasi kepada peserta Musda Muhammadiyah agar bersemangat mencalonkan diri menjadi bakal calon demi berjalannya musda dengan baik dan demokratis.


Akhirnya peserta musda sepakat menunda kegiatan verifikasi persyaratan dan sekaligus memberikan waktu kepada figur figur calon Pimpinan Muhammadiyah untuk mendaftarkan diri  dan  melengkapi persyaratan yang dibutuhkan sampai dengan waktu ba'da isya. 



Alhamdulillah, berkat kerjasama semua pihak dari peserta musda tepat sesudah shalat isya, rapat pemilihan dilanjutkan dan setelah diverifikasi, akhirnya terdaftar lah bakal calon pimpinan Muhammadiyah dengan 33 nama dan dipilih oleh 26 pemilik kartu suara.


Dibawah pimpinan Taufiqurrahman dilanjutkanlah pemilihan bakal calon pimpinan Muhammadiyah dengan catatan satu orang pemilih menetapkan 13 nama yang dianggapnya mampu dari 33 nama bakal calon pimpinan Muhammadiyah tersebut.


Dari hasil perhitungan suara tersebut terjaring 13 orang yang mendapat suara tertinggi itu lah yang dinamakan pimpinan Muhammadiyah terpilih. 


Siapakah 13 orang pimpinan yang terpilih jadi pimpinan daerah itu ? 


Mereka adalah Usman Gumanti memperoleh (25) suara. Taufiqurrahman (19), Defri Antoni (18), Afri Yanto (16) Darmawan (16), Sumardi (16) Inggit Prabowo (16), Irzal Zamzami (16), Mardiwan AR (16), Asril Rajulan (14), Yunani Matya (13), Khairuddin SE (13) dan Saldi Nofri (13).


Setelah ditetapkan 13 nama pimpinan daerah Muhammadiyah oleh Panitia Pemilihan, rapat khusus  dilanjutkan dengan peserta rapat adalah  ke 13 orang terpilih itu dipimpin 3 orang panitia pemilihan dengan berbagai pertimbangan termasuk yang mendapat suara tertinggi 3 orang diantaranya usia tertua Taufiqurrahman dan termuda adalah Defri Antoni dan yang usia ditengah adalah Usman Gumanti sekaligus peraih suara tertinggi, maka rapat  khusus ini menetapkan Usman Gumanti sebagai Ketua PDM Kabupaten Sijunjung periode 2022-2027.


Angka 13 adalah angka cantik buat Saldi Nafri.


Saldi Nafri yang sehari hari selaku Ketua Pelaksana Musda yang sibuk bukan kepalang, untuk  mempersiapkan Musda ini dengan baik, akhirnya dia jadi "Juru Kunci"  dia  mendapat urut ke 13 dalam keterpilihan dengan raihan suara juga 13 suara, sehingga Saldi Nafri menganggap angka 13 adalah angka cantik atau istimewa.


"Kita tidak berambisi, tetapi berkat ikhlas melaksanakan tugas kepanitiaan, Allah berikan penghargaan, sehingga dirinya masuk dalam kelompok calon pimpinan daerah," ujar Saldi Nafri berseloroh.


Pemilihan Pimpinan Yang Sangat Demokratis.



Dr.Kijal Atri Tanjung, SH.MH dari Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) orang Sumando Palangki Kabupaten Sijunjung itu  menilai  pemilihan pimpinan daerah Muhammadiyah Kabupaten Sijunjung ini sangat aman, tenang damai dan sangat demokratis.


"Jadi kalau banyak calon pimpinan Muhammadiyah yang masuk dalam pemilihan, maka tercipta suasana demokrasinya, sehingga peserta musda dapat memilih yang terbaik dari yang baik," ungkap Advokat Kijal Atri Tanjung Wakil PWM Sumbar, 2022-2927  Bidang Hukum, HAM dan Hikmah itu.


Ketua Terpilih Usman Gumanti, S.Pd.MM dalam pidato perdananya, mengucapkan terima kasih atas kepercayaan anggota musda Muhammadiyah kepada dirinya.


Meskipun, kami masih belum punya pengalaman berorganisasi keagamaan dan kurang ilmu pengetahuan, khusus ilmu pengetahuan agama,  namun mengingat ini sudah diamanahkan akhirnya dengan secara ikhlas ini saya terima.


"Tentu kami akan terus belajar dan menambah wawasan dan untuk mengemban amanah ini, kami  butuh dukungan dari semua  Buya Buya Muhamadiyah baik yang ada dalam lingkungan  PDM maupun Buya yang ada di PWM Propinsi Sumbar," harapnya.


"Saya juga siap  ditegur bila terjadi salah dan keliru dalam menjalankan amanat ini," aku Usman Gumanti yang sehari hari bertugas sebagai Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung.



Organisasi Aisyiyah 


Sekretaris Panitia Adpi Gunawan mengatakan, pada musda organisasi Aisyiyah ditetapkan Nori Bahar dan Fadela Reda sebagai Ketua dan Sekretaris komposisi pengurus lengkap menyusul dari 7  anggota terpilih lainnya yaitu Ermawati, Desmayeti, Dra Helmiati, Yolla Filfiyanti, Miftahul, Hasmanidar dan Mimi Eriani.


Nasyiatul Aisyiyah


Sedangkan pada organisasi Nasyiatul Aisyiyah terpilih Ismawati dan Wulan Sari sebagai Ketua dan sekretaris sedangkan komposisi pengurus lengkapnya menyusul kemudian.



Wakil Ketua PWM Sumbar Drs.H.Afrizal Harun dalam pengarahannya, ketika menutup Musda Terpadu ke 14 Muhammadiyah Aisyiyah dan Nasyiatul Aisyiyah menyebutkan, organisasi Muhammadiyah bukan organisasi acak acakan, tetapi organisasi kemasyarakatan terbesar di Indonesia.


Pimpinan organisasi ini baik ditingkat Daerah, Cabang dan Ranting perlu membaca dan memahami Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Muhammadiyah. 


Menjadi pimpinan di Muhammadiyah tidak ada yang bentuk gaji, hanya ada niat dengan ikhlas mewakafkan diri untuk amar makruf nahi mungkar. Semoga Allah SWT memberikan Barkah buat kita dan keluarganya.


Afrizal Harun memesankan  kepada Panitia Pemilihan segera naikkan berita acara , draf struktur Pimpinan Daerah Muhammadiyah dan semua persyaratan yang diperlukan segera, semakin cepat semakin baik. 


Kepada Pimpinan terpilih baik Ketua Muhammadiyah maupun Ketua Aisyiyah, merupakan perpanjangan tangan dari Pimpinan Wilayah dan Pimpinan Pusat dari kedua organisasi tersebut.


"Pengurus yang baru saja terpilih, agar berusaha mengembangkan amal usaha organisasi Muhammadiyah, sehingga kedepannya semua kita semakin percaya diri dalam mengembangkan organisasi ini," paparnya.


#GP | Herman.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS