Ketua LKAAM Kabupaten Sijunjung H.Epi Radisman Dt Paduko Alam hadiri Berkaul Adat di Silukah. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Ketua LKAAM Kabupaten Sijunjung H.Epi Radisman Dt Paduko Alam hadiri Berkaul Adat di Silukah.

Kamis, Mei 11, 2023



Sijunjung (SUMBAR).GP-  Ketua LKAAM Kabupaten Sijunjung H Epi Radisman Dt Paduko Alam SH hadiri acara Berkaul Adat turun kasawah bertempat di masjid Baiturrahim Silukah Kecamatan Sijunjung, Rabu (10/5-2023).


Sesaat mengawali pidatonya Ketua LKAAM itu, sengaja menyapa Bupati Sijunjung yang diwakili Assisten 1 Afrizal, M.Si  dan rombongan beserta seluruh lapisan masyarakat adat yang hadir sekaligus menyampaikan bahwa rangkaian kegiatan Berkaul Adat kili ini pandangan dakek alah ditukiakkan, padangan jauh alah dilayangkan, artinyo bana: "Alah manampuah jalan nan pasa, alah di barih makanan pahek, Adat alah diisi, limbago alah tuang manuruik tatanan Minangkabau ", adalah juga suatu pertanda bahwa masyarakat Silukah selalu mensyukuri Rahmat dan nikmat yang telah dititipkan oleh Allah SWT sekaligus berterimakasih atas cancang latiah nenek moyang mereka dari dahulunya.


Begitupun Assisten 1 yang didampingi Camat Sijunjung,  Buya Khairuddin  sekaligus mewakili Bupati Sijunjung dalam sambutannya  berharap agar warga Silukah khususnya dan Durian Gadang umumnya hendaklah selalu menjaga keutuhan silaturrahim, apalagi kita memasuki prosesi Pemilu 2024, jangan pula terjadi pecah belah persaudaraan sesama kita akibat Pemilu tersebut, harap Asisten itu.


Acara Berkaul Adat yang bernuansa religius itu, bejalan dengan penuh hikmat dibawah naungan 18 (delapan belas) JINIH perangkat adat di Silukah yang berpakaian warna-warni sesuai dengan fungsi dan jabatannya ; Penghulu (hitam), Manti (kuning), Malin (putih) dan Dubalang (merah), beserta juga terlihat hadir Ketua KAN dan Wali Nagari berserta seluruh perangkat Nagari Durian Gadang.



Akhirnya acara Berkaul  tersebut ditutup dengan berdoa bersama yang dipandu oleh imam masjid yang dikenal dengan Doa Kaul, durasinya cukup panjang.


#PG | era | Herman 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS