Ustadz AKP H.Syafril, S.Pd : Ada Tiga Nilai Fitrah Yang Harus Dipertahankan Sesudah Ramadhan. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Ustadz AKP H.Syafril, S.Pd : Ada Tiga Nilai Fitrah Yang Harus Dipertahankan Sesudah Ramadhan.

Jumat, April 21, 2023

 


Sijunjung (SUMBAR).GP- Ada tiga nilai fitrah yang harus dipertahankan umat Islam yang beriman setelah selesai melaksanakan ibadah Ramadhan sebulan penuh. Ketiga nilai itu sikap jujur dan kejujuran, solidaritas kepada fakir miskin dan sikap amanah.



Demikian antara lain disampaikan Ustadz AKP H.Syafril, S.Pd. Kapolsek Lubuk Tarok saat menjadi khatib Idul Fitri 1 Sawal 1444 H di Masjid An-Nur Wisma Indah Gambok Muaro, Kecamatan Sijunjung, Kabupaten Sijunjung,  Jumat (21/4).



Dalam khotbah yang berjudul  "Mempertahankan Nilai-nilai Fitrah Setelah Ramadhan, berdasarkan QS Al-A'la ayat 14 s/d 17 ," ustadz Syafril menyampaikan ada tiga fadhilah yang bisa kita petik untuk menjadi bekal dalam hidup dan kehidupan dengan kehadiran bulan Ramadhan yang baru saja kita lalui diantaranya adalah;


Pertama,  Ramadhan itu bulan latihan, yakni latihan pengendalian diri menghadapi 11 bulan  yang akan datang.


Kedua, Ramadhan itu bulan ujian terhadap keimanan, dalam rangka meningkatkan Iman dan taqwa (IMTAQ)


Ketiga, Ramadhan itu bulan Madrasah atau pendidikan  dalam rangka pengendalian atau menguasai hawa nafsu.


Kembali kita pada tiga nilai  fitrah yang  perlu dan harus dipertahankan sikap jujur dan kejujuran diatas,  sang suami tidak lagi berbohong pada isterinya, isteri tidak lagi berbohong pada suaminya dan anak tidak lagi bisa berbohong kepada orang tuanya. Mengapa demikian, saat ini dengan sebuah handphone yang kecil ditangan masing-masing bila tidak waspada kita dengan mudah saja berbohong dengan siapapun.



Berikutnya sikap solidaritas dan  empati yaitu,  merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain, orang  kaya merasakan lapar dan haus hanya 1 bulan disiang hari, orang miskin merasakan lapar dan haus itu berbulan bulan bahkan bertahun tahun, bila kita hayati rasa lapar  sehari itu maka timbullah sifat solidaritas dan empati dalam diri kita, sehingga dengan mudah kita bisa berbagi dengan sesama, khususnya buat fakir miskin sekitar kita.


Seterusnya sikap amanah, orang yang sedang berpuasa tidak akan  mau makan dan minum disiang hari, walaupun tidak ada yang melihatnya, tapi dia punya keyakinan bahwa Allah sedang melihat dia, itu bukti bahwa dia sedang menjalankan amanat dari Allah SWT.


Berbicara amanah, banyak amanah yang diberikan Allah kepada manusia, sedikitnya ada tiga bentuk amanah dari Allah SWT itu diantaranya, amanah sebagai hamba Allah, 

amanah harta benda yang diterima dan 

amanah berupa anak dan isteri.


Semua amanah itu akan ditanyai dan dipertanggung jawabkan dihadapan Allah SWT, maka sayogianyalah,   kedepannya ini kita pelihara amanah tersebut dengan baik dan sungguh sungguh, tegas Syafril.



Ketua Pengurus Masjid Yunaldi, S.Pd mengatakan jumlah jemaah idul Fitri hari ini mencapai 300 orang berasal dari daerah sekitar perumahan ini.


Lebih lanjut, Yunaldi infaq yang terkumpul saat idul Fitri 1444 H mencapai Rp 6.272.000.- dan selama  bulan Ramadhan Rp. 64.030.000 dengan perincian untuk ; 

pembangunan Rp. 19.150.000,-  Berbuka dan sahur qarin Rp. 3.000.000.-  Beli kurma untuk berbuka Rp. 3.060.000.-  Berbuka bersama anak yatim piatu Rp. 7.320.000,- untuk  Penceramah dan Imam tarawih Rp. 7.500.000,- 



Dijelaskan Yunaldi,  dana yang terhimpun dan  dikumpulkan setiap malam selama bulan Ramadhan mencapai Rp. 24.000.000.- " Kedepannya kita akan melanjutkan pembangunan lantai TPA/TPQ di Masjid An Nur ini," papar Yunaldi mantan Pengawas SMA Kabupaten Sijunjung ini.



#GP |  Herman.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS