Siswa/i SMPN 8 Sijunjung Antusias Ikuti Pesantren Ramadhan di Masjid Baitul Amanah Padang Laweh. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Siswa/i SMPN 8 Sijunjung Antusias Ikuti Pesantren Ramadhan di Masjid Baitul Amanah Padang Laweh.

Selasa, April 04, 2023


Sijunjung (SUMBAR).GP- Para siswa dan siswi SMPN 8 Sijunjung yang berkampus di Nagari Padang Laweh Kecamatan Koto VII antusias mengikuti kegiatan pesantren Ramadhan 1444 H/ 2023 M di Masjid Baitul Amanah Negari setempat.


Demikian Kepala SMPN 8 Sijunjung Evi Delvita, M.Pd mengungkapkan kepada  media Goparlement berkaitan dengan kegiatan pesantren Ramadhan di SMPN 8 Sijunjung ini,  Selasa (4/4) siang tadi.



Menurutnya, sesuai edaran Gubernur Sumbar dan Dinas Pendidikan Kabupaten Sijunjung, kegiatan selama Ramadhan itu berlangsung selama 2 pertama belajarnya di masjid  dan 1 pekan ketiga dilakukan di sekolah dengan Ramadhan ceria untuk seluruh tingkatan TK,SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA telah menyamakan jadwal kegiatan yang sama, namun jenis program dan materi diserahkan kepada masing masing sekolah.



Dikatakan, Evi Delvita, khusus untuk SMPN 8 Sijunjung di pekan pertama pada kegiatan pesantren Ramadhan di  berdayakankan pemateri atau Nara sumber dari pendidik  yang ada di sekolah, sedangkan pada pekan kedua, Panitia Pesantren Ramadhan memprogramkan  Nara Sumber atau  pemateri dari luar sekolah dengan harapan terciptanya kegairahan belajar dan terjadinya perubahan sikap para siswa.



Adapun materi pesantren Ramadhan pekan kedua itu adalah 1). Aqidah dan 

Akhlak,  2) Pola hidup sehat ditinjau dari segi keagamaan, 3) Anti  Narkoba, dikaitkan dengan agama yang Islam, 

4) Tata tertib lalu lintas dan 5) Adat basandi sarak, sarak basandi kita bullah(ABS-SBK)  dengan mengundang Nara sumber seperti,  Motivator muda Ustadz Syofian Hendri, S.Pd.I.MM, Kepala Puskesmas Padang Laweh,  Pembimbing konseling, Kapolsek Tanjung Ampalu dan Wali Nagari Padang Laweh sendiri.


"Dari pantauan kita hari Selasa tadi, tampak para siswa siswi antusias sekali mendengarkan motivasi yang diberikan Ustadz Syofian Hendri, S.Pd.I.MM motivator muda dengan tema Aqidah dan Akhlaq," ujar Evi.



Adapun meteri pekan pertama yang disajikan Nara sumber dari tenaga pendidik di SMPN 8 Sijunjung sendiri adalah,

1)Keteladanan Rasulullah dalam kehidupan sehari-hari, 2) Cara wudhu dan shalat, 3) Cara shalat serta menyelenggarakan jenazah, 4)  Cara mudah hafal Qur'an dan 

5)  menanamkan cara  percaya diri ditinjau dari agama.



Pemilihan materi pada pekan pertama dan kedua itu,  semua merupakan  hasil rapat dewan guru, sedangkan kegiatan pekan ketiga yaitu di sekolah dengan nama  Kegiatan Ramadhan Ceria diisi dengan berbagai  jenis perlombaan, seperti shalat jenazah, cerdas cermat dan lain lainnya.



Pada kesempatan Ramadhan ceria itu juga 

dilakukan kegiatan SMPN 8 Sijunjung berbagi seperti  bersedekah dan  menyumbang pabukoan kepada sesama siswa.



Diakui Evi Delvita waktu kegiatan  launching Pesantren yang dilaksanakan  tanggal 27 Maret 2023 dibuka oleh Gubernur Bapak Mahyeldi  dari masjid Raya Sumbar secara Daring kita bersama keluarga besar SMPN 8 Sijunjung mengikutinya dengan khidmat.



"Kita berharap pesantren Ramadhan di SMPN 8 Sijunjung berkolaborasi dengan satu orang siswa  dari SMPN 7 Sijunjung ini, bisa mencapai tujuan yakni  menanamkan jiwa atau pembentukan karakter yang islami serta bergairah   meramaikan masjid khususnya di nagari Padang Laweh ini," tutup Evi .



#GP | Herman.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS